Saturday , March 28 2020
Home / Guide / Yang Harus Dilakukan Ketika Survei Lokasi Apartemen
Survei Lokasi Apartemen
Survei Lokasi Apartemen

Yang Harus Dilakukan Ketika Survei Lokasi Apartemen

Apakah Anda memiliki rencana untuk pindah ke hunian apartemen dalam waktu dekat? Tinggal di apartemen memang menawarkan banyak keuntungan menarik yang menjadi daya tarik konsumen. Hal terpenting dalam memilih apartemen adalah dengan melakukan survei lokasi apartemen. Bila Anda telah menulis daftar mengenai apa saja yang Anda perlukan dalam memilih apartemen baru, berikutnya Anda dapat mengunjungi unitnya untuk menilai secara langsung. Apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan?

 

SIAPKAN:

Catatan

Anda dapat membawa sebuah buku catatan kecil dan pulpen atau menggunakan ponsel untuk mencatat saat mengunjungi unit apartemen idaman. Ketika sedang meninjau lokasi, catat setiap rinciannya yang mungkin belum lengkap dari deskripsi listing apartemen tersebut. Anda dapat mencatat luas apartemennya, jumlah ruangan, fasilitas yang telah tersedia dan yang belum, dan hal yang disukai atau tidak disukai. Tentunya Anda menginginkan setiap informasi mengenai “calon” tempat tinggal nantinya. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan negosiasi ketika menawarkan harga dengan penjual jika memang memutuskan untuk menyewa atau membelinya. Jika Anda mengunjungi beberapa apartemen dalam satu hari, jangan lupa tulis setiap nama apartemen dan nomor unitnya agar mudah dilihat kembali.

 

Daftar kriteria apartemen

Sebelum ke lokasi untuk survei lokasi apartemen, catat apa saja hal-hal yang harus ada di apartemen tersebut atau yang paling Anda butuhkan saat menempatinya nanti. Anda dapat merangkum daftar ini melalui unitnya maupun gedung secara keseluruhan. Setibanya di sana, Anda dapat bertanya kepada penjual apakah hal-hal tersebut sudah ada atau tersedia di dalam unit atau belum. Jika belum, Anda dapat mempertimbangkan unit lain atau mempersiapkan hal tersebut untuk dibawa ke dalam unit nantinya.

 

Kamera

Untuk membantu mengingatkan Anda lebih lanjut, padukan catatan yang telah Anda buat tadi dengan foto-foto unit yang dikunjungi. Jangan lupa untuk menandai setiap foto dengan nama gedung atau unit yang dikunjungi agar Anda tidak salah saat membukanya kembali. Mulailah mengambil seri foto tiap unit dari eksterior atau pintu depan agar Anda tidak bingung membedakan tiap apartemen.

 

Meteran pengukur

Untuk yang satu ini opsional. Bila Anda merupakan orang yang sangat teliti dan rinci, Anda dapat menggunakan meteran pengukur untuk mengkalkulasi kisaran panjang atau lebar sebuah ruangan untuk menampung furnitur Anda nantinya.

Baca juga: Cara Menjual Apartemen agar Cepat Laku

 

Survei Lokasi Apartemen

Yang Harus Dilakukan Ketika Survei Lokasi

PERHATIKAN:

Struktur Unit

Jika Anda melihat retak pada dinding atau furnitur yang termasuk di dalam unit saat melakukan survei lokasi apartemen, jangan sungkan atau keberatan untuk memberitahukannya kepada pemilik apartemen. Lihat juga kondisi gedung apartemen secara keseluruhan, terutama jika apartemen tersebut sudah berdiri lama. Biasanya hal-hal seperti maintenance dan service charge akan mempengaruhi kualitas sebuah gedung apartemen.

 

Utilitas

Mulai dari saluran air, air conditioner, lampu, pemanas air, showerheads, kunci pintu, kunci jendela dan kusen, perhatikan semuanya dengan teliti juga. Jika ada yang harus diperbaiki, cari tahu apakah bisa segera direparasi oleh penjual? Nantinya, jika Anda memang berniat untuk menyewa atau membeli apartemen tersebut, jangan lupa memeriksa setiap sudutnya lagi di kedatangan selanjutnya.

 

Keadaan Sekitar

Bagaimanakah penghuni di sekitar unit apartemen yang akan Anda sewa atau beli? Apakah lokasinya strategis (dekat fasilitas utama seperti klinik/rumah sakit, pasar swalayan atau gedung perkantoran)? Apakah akses untuk mendapatkan transportasi mudah? Apakah tempat-tempat ini mudah dijangkau?

 

Keamanan Apartemen

Catat ke buku Anda jika apartemen berada dekat dengan lingkungan yang membuat Anda resah atau jika petugas sekuriti gedung terlihat kurang ramah atau membantu saat Anda melakukan survei lokasi apartemen. Hal-hal kecil seperti ini bisa sangat mempengaruhi kenyamanan tinggal Anda nantinya. Jika apartemen berada di atas atau terhubung dengan sebuah mall, pastikan bahwa tidak semua orang bisa masuk ke dalam gedung apartemen (mengingat mall adalah tempat umum).

Baca juga: Tips Menyewa Apartemen untuk Kenyamanan Maksimal

 

Itulah hal-hal yang harus Anda siapkan dan perhatikan saat melakukan survei lokasi apartemen dalam memilih apartemen idaman nantinya. Jika Anda berpikir untuk menjadikan apartemen yang akan Anda miliki itu sebagai ladang investasi di kemudian hari, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

Desain Kamar Anak

About Fely Tan

i paint with words

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *