Monday , March 30 2020
Home / Inspiration / Tips / Cara Menyiasati dan Menata Apartemen Sempit dan Terbatas
Menata Apartemen Sempit
Menata Apartemen Sempit

Cara Menyiasati dan Menata Apartemen Sempit dan Terbatas

Tidak seperti rumah tapak atau tanah, ukuran apartemen standar memang memiliki ruangan yang terbatas dan tidak terlalu luas. Seperti tipe studio yang dirancang minimalis karena ditujukan sebagai tempat tinggal 1 orang saja, apartemen termasuk praktis dan mudah untuk dibersihkan setiap harinya dan diberi dekorasi. Bila Anda ingin tahu cara menyiasati dan menata apartemen sempit dan terbatas, Anda bisa saja mengubahnya menjadi sebuah hunian menarik dan menyegarkan mata. Anda tidak perlu ragu lagi untuk tinggal di apartemen karena hal ini, sebab dengan pemilihan warna, materi dan peletakan furnitur yang tepat, ruangan apartemen yang minim bisa terlihat lebih lapang dan nyaman.

 

 

Sumber: desainic.com
Sumber: desainic.com

Sumber: decoist.com

Sumber: decoist.com

Gunakan Konsep Open Space

Hindari menggunakan konsep klasik yang membutuhkan banyak ornamen dan motif pada desainnya. Pilihlah desain kontemporer atau minimalis yang simpel. Penggunaan sekat ringan untuk privasi yang memisahkan ruang tamu dan ruang makan bisa dengan menggunakan furnitur multifungsi seperti lemari pajangan, TV stand, rak buku dan lain sebagainya untuk menata apartemen sempit. Penyekat ini juga bisa berupa gorden atau tirai yang nantinya membagi ruangan pada apartemen Anda.

 

 

Sumber: cdrosa.com
Sumber: cdrosa.com
Sumber: fotorumahminimalis.com
Sumber: fotorumahminimalis.com

Pemilihan Furnitur

Kurangi kebiasaan membeli hiasan rumah yang akan membuat apartemen semakin sempit dan terlalu banyak barang. Pemilihan furnitur mungil dan multifungsi akan sangat membantu untuk meminimalisir pemakaian ruang. Contoh yang bisa Anda jadikan referensi adalah dengan menggunakan meja makan yang dapat dilipat menjadi meja kerja, atau rak TV yang bisa digunakan sebagai rak penyimpanan barang juga. Jika memungkinkan, jangan ragu untuk menggunakan rak yang ditanam yang menyatu dengan dinding dan mampu menyimpan barang dengan rapi. Kabinet seperti ini mampu memberikan kesan ruangan yang terlihat lebih luas. Namun, ada baiknya Anda menanyakan kepada pihak bangunan gedung dulu sebelum memasang furnitur jenis demikian.

Menata apartemen sempit bisa juga dilakukan dengan menaruh furnitur multifungsi lain seperti ottoman untuk media penyimpanan barang sekaligus meja kecil atau tempat duduk dikarenakan bentuk kubusnya yang kokoh. Anda juga bisa memanfaatkan sofa bed yang bisa dipakai sebagai tempat duduk saat siang hari, atau tempat tidur saat malam hari.

Baca juga: Ciri Arsitektur dan Interior Yang Kurang Baik Menurut Feng Shui

 

 

Sumber: freshome.com
Sumber: freshome.com

 

Sumber: dekrisdesign.com
Sumber: dekrisdesign.com

Pemilihan Warna

Pilihlah warna yang netral dan terang. Warna cerah dan netral dapat memberikan kesan lapang dan luas. Selain warna putih, Anda bisa menggunakan warna cerah lain seperti krim, biru muda, gading (ivory) dan lain-lain. Jika ingin menata apartemen sempit dengan suasana yang lebih tidak monoton, pilih satu warna utama dengan beberapa paduan warna lainnya dengan kombinasi, intensitas dan komposisi yang pas.

Baca juga: 10 Desain Interior Apartemen Studio Minimalis

 

 

Sumber: ideastodecor.com
Sumber: ideastodecor.com
Sumber: yourhighbid.com
Sumber: yourhighbid.com

Pencahayaan Ruangan

Usahakan pencahayaan di dalam apartemen merata karena semakin banyak cahaya, semakin terasa luas ruangannya. Selain memberikan efek ini, ruangan yang dikenai cahaya matahari tentunya lebih segar bagi penghuninya. Gunakan lampu gantung dan indirect light. Untuk kesan lebih homey, gunakan lampu berwarna kuning yang terang. Namun jika Anda senang bereksperimen, Anda bisa menata apartemen sempit Anda tersebut dengan mencari lampu dalam warna lainnya selain warna normal lampu-lampu pada umumnya.

 

Menata Apartemen Sempit

Copyright © Rukamen

Pemilihan jenis material furnitur

Lantai dan furnitur dari kayu berwarna coklat membuat ruangan lebih nyaman dan elegan. Usahakan untuk memakai satu shade warna kayu di apartemen Anda, dan rawat baik-baik material tersebut agar dapat bertahan lama tanpa perlu sering diganti.

Baca juga: 5 Tren Interior Kamar Tidur di Tahun 2018

 

Demikian sekilas gambaran cara menyiasati dan menata apartemen sempit dan terbatas bagi Anda yang bertempat tinggal di hunian jenis ini. Setelah menata apartemen tersebut sedemikian rupa dan siap untuk Anda pasarkan, sudah saatnya keberhasilan penjualan Anda dibantu dengan jasa pengiklanan properti terbaik se-Indonesia, Saleshack! Saleshack adalah cara pintar dalam mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack membantu menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

Catatan: Konsep interior apartemen di artikel ini bisa diterapkan untuk apartemen sebagai berikut: Apartemen Kalibata City, Apartemen Puri Park View, Apartemen Signature Park, Apartemen Sunter Icon, Apartemen Pramuka, Apartemen Green Bay, Apartemen Mediterania Tanjung Duren, dll.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Tips Desainer Interior Untuk Membuat Apartemen Lebih Fotogenik

Mungkin Anda sudah menemukan sudut-sudut wajah dan tubuh Anda yang bisa membuat Anda terlihat lebih …