Friday , July 14 2023
Home / Inspiration / Tips / Tips Mendekorasi Ruang Tamu Apartemen Mungil

Tips Mendekorasi Ruang Tamu Apartemen Mungil

Jika apartemen Anda memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas, maka berikut ini adalah beberapa cara merancang ruang tamu Anda agar bisa memaksimalkan ruangan tanpa membuatnya terasa sempit dan sumpek.

Gunakan karpet untuk memberikan statement pada ruangan

Jika Anda menggunakan konsep ruangan terbuka, maka gunakan karpet untuk memperjelas area ruang tamu pada apartemen Anda. Ini berguna untuk mengurangi apartemen terlihat terlalu terbuka.

Gunakan furnitur dari kaca

Menggunakan furnitur dari kaca atau bahan transparan lainnya memungkinkan cahaya untuk lewat ke dalamnya, sehingga ruangan terasa lebih luas dari yang sebenarnya.

Gunakan beberapa meja kecil untuk menciptakan meja kopi modular

Menggunakan sebuah meja kopi yang besar bisa membuat ruangan terasa lebih sempit dari aslinya. Sebagai alternatif, gunakan beberapa meja-meja kecil yang bisa dipindah-pindah posisinya di ruangan.

Berikan sentuhan warna pada ruangan netral

Biarkan tembok berwarna putih atau gunakan tembok kayu warna terang untuk membuat ruangan terasa lebih terang, terbuka, dan lebih besar. Untuk menghindari ruang terlihat dingin dari warna-warna ini, gunakan sentuhan warna-warna berani untuk memberikan ruangan sebuah karakter.

Gunakan rak televisi dengan penyimpanan

Buatlah rak televisi yang sesuai dengan tinggi dan lebar yang Anda inginkan dan gunakan rak tersebut untuk tempat penyimpanan buku, pajangan, dll.

Pergunakan sudut-sudut ruangan

Sudut-sudut ruangan bisa digunakan untuk tempat penyimpanan, seperti untuk rak, lampu, atau pajangan pohon sehingga membuat mata tertuju pada area atas dan ruangan terasa lebih lebar dan tinggi dari yang sebenarnya.

Maksimalkan penggunaan meja kopi

Jika ingin menghemat ruangan, pertimbangkan pergunaan meja kopi dan meja makan menjadi satu dimana meja tersebut bisa diubah-ubah bentuknya dengan mudah.

Gunakan perabotan kecil

Jika ruang tamu Anda tidak terlalu besar, maka furnitur yang dipilih juga harus dengan ukuran yang sesuai. Furnitur kecil menyisakan Anda banyak ruang tetapi tetap membuat ruangan lebih fungsional dan mengundang.

Maksimalkan penyimpanan

Pada ruangan kecil, maka Anda harus memaksimalkan ruang penyimpanan sebisa Anda. Contohnya bisa juga dengan menggunakan sofa yang memiliki penyimpanan di bawahnya.

Gunakan konsep minimalisme

Menggunakan terlalu banyak dekorasi bisa membuat ruangan terasa lebih sumpek karena itu tetaplah memilih furnitur dan dekorasi minimalis yang cukup untuk semua keperluan Anda dan tinggalkan yang lain.

image

Ikuti inspirasi dekorasi lainnya hanya di Blog Rukamen

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

One comment

  1. Mendekor ruangan tamu emang asyik, tapi jangan lupakan juga sumber cahaya yang masuk biar interior yang sudah kita desain semakin maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *