Friday , July 14 2023
Home / Inspiration / Tips / Tips Menjaga Penyewa Ketika Harus Menaikkan Harga Sewa Apartemen
Harga Sewa Apartemen
Foto: Fatur Rahman

Tips Menjaga Penyewa Ketika Harus Menaikkan Harga Sewa Apartemen

Walaupun Anda sudah memiliki penyewa di apartemen saat ini, Anda mungkin dihadapkan pada dilema untuk menaikkan harga sewa apartemen karena naiknya harga properti dan barang-barang di pasaran. Pastinya Anda ingin agar si penyewa mau memperpanjang kontrak meskipun harus membayar lebih mahal.

Source: streeteasy.com

Ada beberapa peraturan tidak tertulis yang harus diketahui pemilik apartemen agar hubungan baik dengan penyewa terus berjalan. Berikut ini adalah beberapa strategi agar penyewa apartemen tidak kabur ketika Anda harus menaikkan tarif sewa apartemen.

Tips Menjaga Penyewa Ketika Harus Menaikkan Harga Sewa Apartemen

Foto: Fatur Rahman
Foto: Fatur Rahman

Baca juga: Begini Proses Jual Beli Rumah KPR yang Tepat

Perhatikan waktunya
Pemilik apartemen memang memiliki hak penuh atas apartemen yang disewakan tersebut. Tetapi sangat tidak disarankan jika Anda langsung menaikkan apartemen secara tiba-tiba di tengah-tengah periode kontrak yang sedang berjalan. Sebaiknya tunggu sampai waktu kontrak berakhir jika Anda mempertimbangkan ingin menaikkan harga sewa apartemen.

Source: hotpads.com

Jangan mendadak
Mengikuti poin sebelumnya, sebaiknya juga jangan memberitahukan tarif sewa secara mendadak kepada si penyewa walaupun Anda akan melakukannya di periode sewa berikutnya. Jika Anda memberikan notifikasi mendadak, hal ini bisa sangat merepotkan penyewa jika dia tidak ingin melanjutkan sewa ketika tahu harga sewa akan dinaikkan. Beri tahu penyewa paling lambat 30 hari sebelum tanggal kontrak berakhir. Jika kenaikan tarif termasuk drastis, seperti lebih dari 10 persen, maka berikan informasi lebih awal, seperti 60-90 hari sebelum tanggal kontrak berakhir.

Source: wrike.com

Kenaikan tarif harus secara adil dan pantas
Selalu luangkan waktu untuk melakukan riset detail dan mendalam terhadap harga tanah dan tarif sewa di wilayah tersebut. Perlu diketahui, kenaikan harga sewa apartemen dalam satu tahun biasanya mencapai 10 persen, walaupun ini bisa berbeda tergantung di mana hunian berada dan bagaimana kondisi pasar saat itu. Setidaknya, Anda telah mengumpulkan semua informasi yang relevan dan dapat menjawab setiap pertanyaan yang mungkin akan diajukan si penyewa.

Source: livescience.com

Beri kesempatan kepada penyewa untuk bernegosiasi
Jika kenaikan harga sewa apartemen dianggap terlalu tinggi bagi si penyewa, maka si penyewa memiliki hak untuk bertanya lebih lanjut tentang alasan di balik kenaikan harga tersebut dan mengajak Anda untuk melakukan negosiasi jika diperlukan. Selalu bersikaplah dan bereaksi positif jika berhadapan dengan penyewa apartemen Anda. Jangan membuat hubungan pemilik dan penyewa menjadi buruk hanya karena Anda sebagai pemilik tidak mau berkomunikasi.

Sumber: Kompas Properti

Source: vacancyfillers.com

Baca juga: Begini Panduan Mengurus Akta Jual Beli Rumah

Itulah informasi dari kami mengenai cara agar Anda dapat meyakinkan penyewa unit apartemen Anda untuk tetap menyewa walaupun ada kenaikan harga sewa apartemen.

Jika Anda ingin memulai investasi dengan cara menjual atau menyewakan apartemen Anda, gunakanlah jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *