Tuesday , July 18 2023
Home / Guide / Tips Pindahan Bebas Stress

Tips Pindahan Bebas Stress

Setelah berhasil beli atau sewa apartemen dan surat-surat sudah selesai diurus, maka langkah selanjutnya adalah pindah ke apartemen baru. Pindahan adalah salah satu hal yang paling membuat orang stress. Karena itulah kami menyediakan beberapa tips dan hack bagi Anda yang ingin pindahan bebas stress.

Foto: Fatur Rahman
Foto: Fatur Rahman
  1. Tidak perlu membawa semua barang
    Pilah-pilah semua barang milik Anda dan tinggalkan barang-barang yang Anda tidak pernah gunakan selama 6 bulan terakhir. Jika barang tersebut didiamkan di rumah lama, biasanya tetap tidak akan digunakan di rumah baru. Simpan waktu, tenaga, dan tempat Anda untuk barang-barang yang memang Anda perlukan
  2. Berikan barang-barang yang tidak diperlukan kepada teman-teman
    Daripada membayar orang untuk pindahan, gunakan barang-barang yang Anda tinggalkan tersebut untuk meminta tolong kepada teman-teman untuk membantu Anda pindahan. Selain kepada teman-teman, mungkin Anda bisa mendonasikan barang-barang yang masih layak pakai kepada panti-panti yang membutuhkan.
  3. Investasi dengan troli
    Mungkin sekarang ini Anda merasa tidak memerlukan troli, tapi troli adalah salah satu barang investasi yang sangat worth it bagi Anda yang akan tinggal di apartemen. Daripada harus naik-turun lift beberapa kali untuk memindahkan barang beanjaan dari mobil, lebih baik Anda membeli troli, bukan?
  4. Sisakan satu boks untuk hari pertama
    Tidak mungkin Anda selesain unpack dalam satu hari. Oleh karena itu, masukkan barang-barang yang Anda sekeluarga gunakan sehari-hari ke dalam satu boks: beberapa baju ganti, alat-alat mandi, alat-alat dapur, dll.
  5. Tidak perlu membeli bubble wrap
    Karena barang pindahan Anda banyak, tidak perlu untuk menggunakan koran atau bubble wrap untuk barang-barang pecah belah. Gunakan barang-barang yang sudah Anda punya, seperti boneka, bantal, selimut, handuk, dll, untuk menutupi barang-barang pecah belah
  6. Gunakan foam di antara piring-piring
    Tumpuk piring-piring dan selipkan foam di antara piring tersebut agar tidak ada yang pecah dan Anda bisa lebih mudah membawa barang tersebut.
  7. Titipkan anak-anak saat hari pindahan
    Jika Anda memiliki orang tua, teman, atau saudara yang bisa dititipkan anak-anak, maka merupakan ide baik untuk menitipkannya saat hari pindahan. Pastikan anak-anak tetap aman dan ada yang menjaga ketika Anda harus berurusan dengan pindahan yang memang sudah memakan waktu, tenaga, dan pikiran. Jika tidak ada keluarga yang bisa dititipkan, tidak ada salahnya menitipkan pada day care apartemen.
  8. Bersihkan kulkas beberapa hari sebelumnya
    Jika Anda akan membawa kulkas lama Anda, pastikan untuk membersihkannya sehari sampai 2 hari sebelumnya. Ini untuk memastikan es di dalam kulkas sudah cair, sudah kering, dan bisa dimasukkan ke dalam kardus sehingga tidak menimbulkan bocor dimana-mana saat pindahan.
  9. Gunting lubang di sisi kiri dan kanan kardus
    Agar lebih mudah diangkat, buat lubang di sisi kanan dan kiri kartus
  10. Bungkus laci-laci bersama dengan isi-isinya
    Daripada membongkar seluruh isi laci, bungkus rapi laci tersebut agar tidak berserakan ketika pindahan
  11. Asumsikan bahwa Anda akan terlambat
    Pasti ada saja yang terjadi ketika pindahan. Karena itu, pastikan Anda berasumsi bahwa Anda akan telat ketika akan membuat rencana pada hari tersebut. Dengan ini, Anda menghindari kejadian Anda semakin stress ketika ada yang tidak sesuai dengan rencana.
  12. Pisahkan kardus berdasarkan warna
    Gunakan kertas warna-warni dan beri label pada masing-masing kardus. Berikan nama sesuai dengan ruangan, seperti misalnya dapur, kamar tidur anak, kamar mandi, ruang tamu, dll. Ketika sampai di apartemen baru, letakkan kardus di masing-masing ruangan agar semua orang tau dimana barang itu harus diletakkan.
  13. Tempelkan kaca-kaca dengan lem
    Tempelkan lem tersebut dalam bentuk huruf X sebelum dimasukkan ke dalam kardus. Hal ini akan lebih menurunkan resiko cermin dan kaca pecah karena lem tersebut bisa menyerap tekanan atau guncangan ketika pindahan.
  14. Pisahkan semua barang-barang cair
    Cairan-cairan pembersih harus diletakkan di plastik-plastik terpisah. Jika barang tersebut tumpah, maka akan mengotori semua barang yang ada di kardus tersebut.
  15. Ikuti panduan pindahan
    Cari tahu grafik-grafik panduan pindahan untuk truk seperti di bawah ini. Panduan mungkin akan berbeda jika Anda menggunakan van atau kendaraan lain.

    Matthew W. Jackson Flickr
    Matthew W. Jackson Flickr

Sumber: organizationjunkie.com

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *