Wednesday , July 12 2023
Home / Inspiration / Tips / Yang Harus Dilakukan Sebelum Menyewakan Apartemen
Sebelum Menyewakan Apartemen
Sebelum Menyewakan Apartemen

Yang Harus Dilakukan Sebelum Menyewakan Apartemen

Iklan sudah terpasang, open house sudah dilakukan, dan penyewa sudah didapatkan. Lalu, apalagi yang harus dilakukan selanjutnya dalam proses menyewakan apartemen? Memang, walau penyewa sudah didapat, bukan berarti prosesnya sudah selesai begitu saja! Berikut ini adalah hal yang harus Anda persiapkan lagi:

Source: liveatcanebrakeapts.com

Lakukan perbaikan dan pembersihan apartemen
Sebelum menyewakan unit apartemen Anda, pastikan untuk memperbaiki semuanya yang mungkin sudah tidak layak pakai atau rusak. Lakukan pembersihan apartemen secara menyeluruh, mulai dari lantai, atap, kasur, kamar mandi, hingga ke dalam lemari-lemari.

Source: blog.apartmentsearch.com

Ganti kunci-kunci pintu
Untuk menghindari kejadian tidak mengenakkan di kemudian hari, terutama jika sebelumnya unit Anda sudah pernah disewakan ke orang lain, usahakan untuk mengganti semua kunci pintu serta akses keluar-masuk apartemen lainnya, seperti akses elevator, akses ke tempat parkir, dan lain-lain.

Sebelum Menyewakan Apartemen

Source: baymgmtgroup.com

Kenali Penyewa Anda
Ketika sudah mendapatkan penyewa, usahakan untuk lebih mengenal si calon penyewa juga. Dengan demikian, berhati-hatilah dalam memilih penyewa apartemen, karena karakter dan kepribadian mereka akan berpengaruh kepada hal-hal seperti kelancaran pembayaran uang sewa (paling tidak selama setahun ke depan) atau kelancaran komunikasi jika ada yang bermasalah di unit apartemen.

Sebelum menyewakan apartemen, Anda dapat mencoba mengatur waktu bertemu sekali lagi dengan si penyewa. Gunakan kesempatan ini untuk melakukan wawancara singkat tentang identitas, pekerjaan, dan hobi calon penyewa Anda.

Untuk tips dan contoh pertanyaan kepada calon penyewa bisa dilihat di artikel blog kami berjudul Pertimbangan Sebelum Memutuskan Berbagi Tempat Tinggal‘. Di artikel tersebut terdapat contoh-contoh pertanyaan yang bisa juga digunakan oleh pemilik apartemen untuk ditanyakan kepada calon penyewa apartemen.

Berikan informasi selengkap mungkin kepada penyewa
Tinggal di apartemen baru berarti rutinitas baru bagi si penyewa. Informasikan kepada calon penyewa Anda tentang hal-hal penting yang perlu diketahui. Beberapa informasi yang bisa diberitahu adalah: letak supermarket, pasar, rumah sakit, klinik, mall, dan fasilitas eksternal lainnya yang paling dekat dengan apartemen, siapa yang bisa ditelepon jika ada masalah atau kerusakan, kegiatan-kegiatan di sekitar apartemen yang mungkin menarik minat calon penyewa, dan lain sebagainya. Melakukan ini juga dapat membangun interaksi positif yang dapat berguna di kemudian hari.

  1. Bagaimana sistem pembayaran sewa? Per bulan atau per tahun?
  2. Berapa uang jaminan yang harus dibayar (jika ada)?
  3. Bagaimana keadaan lingkungan sekitar apartemen?
  4. Bagaimana keamanan di lingkungan apartemen?
  5. Di mana supermarket atau pasar terdekat?
  6. Siapa yang saya telpon jika ada masalah atau kerusakan?
Source: realestate.carlylepropertymanagement.com

Buat perjanjian sewa menyewa apartemen
Silahkan membaca artikel kami ntuk pejelasan secara detail tentang ‘Isi, Kesalahan, dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen‘.

 

Itulah hal-hal yang bisa Anda perhatikan sebelum menyewakan apartemen. Jika apartemen Anda saat ini sedang dijadikan ladang investasi, baik dalam masa angsuran ataupun tidak, sudah saatnya Anda beralih ke Saleshack dalam segi pemasarannya! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda. Praktis, mudah dan cepat, bukan?

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *