Monday , July 17 2023
Home / Inspiration / Tips / Tips Memotret Apartemen Untuk Dijual dan Disewa Secara Online
Tips Memotret Apartemen
Tips Memotret Apartemen

Tips Memotret Apartemen Untuk Dijual dan Disewa Secara Online

Tips memotret apartemen – Sekarang ini sudah banyak orang yang memilih untuk jual dan sewa apartemen secara online. Kendala yang paling sering ditemui ketika memasarkan apartemen secara online adalah hasil foto yang kurang bagus. Padahal, foto adalah hal pertama yang menentukan apakah calon pembeli dan penyewa tertarik dengan unit Anda.

Tentunya Anda tidak perlu belajar fotografi dulu hanya untuk mendapatkan hasil foto unit apartemen yang terlihat menarik. Anda juga tidak perlu kamera berlensa besar seharga puluhan juta! Dengan smartphone yang saat ini Anda miliki, Anda cukup mengikuti tips-tips memotret apartemen mutakhir yang disadur seperlunya dari situs Apartment Therapy:

Source: onthemarket.com

Ambil fotonya:

  • Tripod
    Coba untuk menggunakan tripod untuk mendapatkan hasil foto yang lurus dan tidak goyang. Dengan menggunakan tripod, hasil foto dijamin tidak akan blur, sehingga hasil foto pun terfokus dan tajam.
  • Benda Penahan
    Jika Anda tidak memiliki tripod, Anda bisa menggunakan benda lain sebagai penahan. Cara mendapatkan hasil foto yang lurus, komposisi baik, dan simetris adalah dengan meletakkan smart phone Anda tegak lurus dan paralel ke tembok.
Source: borrowlenses

Gunakan pencahayaan yang tepat:

  • Tips memotret apartemen: Buka semua jendela dan gunakan cahaya alami matahari sebisa mungkin. Hasil fotonya akan berwarna cerah dan lebih seimbang (tidak terlalu kuning atau biru).
  • Namun, perhatikan juga untuk tidak mengambil foto saat matahari terlalu terang karena bayangan yang dihasilkan malah akan terlalu kontras. Waktu terbaik untuk memotret biasanya adalah pagi atau sore hari.
  • Sebisa mungkin jangan menggunakan lampu kilat di kamera karena akan menghasikan bayangan-bayangan di belakang perabotan.
  • Gunakan hanya satu tipe pencahayaan di satu foto
    Jangan menggunakan lebih dari satu temperatur dan pencahayaan di satu foto. Jika ruangan terasa terlalu gelap karena tidak menggunakan lampu dan Anda menggunakan kamera DSLR, gunakan tripod dan biarkan shutter terbuka lebih panjang untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

Baca juga: Begini 9 Cara Jual Apartemen Over Kredit

Tips Memotret Apartemen

Source: creativelive.com

Ambil foto yang lebih wide (lebar)
Calon pembeli akan lebih senang jika mereka bisa melihat bagaimana suatu ruangan didekorasi dan diatur, dan bagaimana desain suatu ruangan terlihat secara kesatuan penuh.

Simpan semua barang-barang berantakan
Tips memotret apartemen: Sebaiknya singkirkan sementara semua barang-barang yang dirasa tidak perlu dan hanya membuat ruangan terlihat berantakan. Ketika mencoba mengambil foto ruangan dengan kaca, usahakan agar refleksi Anda tidak masuk ke dalam foto. Ketika mengambil foto kamar mandi, disarankan untuk menutup bagian kloset.

Atur sudut dan komposisi
Tampilkan isi ruangan sebanyak-banyaknya. Ambil foto semua sudut ruangan agar calon pembeli dan penyewa memiliki bayangan akan isi unit apartemen Anda.

Berikut ini adalah tips dari Local Agent Finder Australia untuk mengambil gambar di setiap ruangan:

  • Ruang tamu: Karena ini merupakan bagian paling sering digunakan untuk berkumpul dengan keluarga atau menyambut tamu, coba dekorasi ruang tamu dengan atmosfir yang hangat dan nyaman. Jangan ragu untuk memindah-mindahkan furnitur jika terlihat kurang menarik.
  • Kamar tidur: Area pribadi ini akan menjadi tempat beristirahat calon pembeli atau penyewa. Pastikan untuk menyingkirkan semua pakaian kotor dari lantai, rapikan seprai, dan jangan ragu untuk memperlihatkan pemandangan yang menarik di depan jendela (jika ada).
  • Area dapur dan meja makan: Singkirkan peralatan bersih-bersih, termasuk piring kotor. Fokus pada fitur terbaik ruangan ini, baik itu backsplash dapur, meja makan, lemari, dan lain sebagainya.
  • Kamar mandi: Jika mengambil foto dari angle yang salah, ruangan besar pun bisa terlihat menjadi kecil. Coba berdiri di sudut ruangan, cari angle paling pas yang membuat ruangan terlihat luas.

Baca juga: Cara Hitung KPR Rumah Idaman Anda

 

Demikianlah informasi mengenai tips memotret apartemen yang bisa Anda jadikan referensi. Sebagai salah satu pemilik apartemen yang ingin unit Anda diincar banyak pembeli ini, Anda dapat menggunakan jasa Saleshack yang telah terbukti efektif! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda. Praktis, mudah dan cepat, bukan?

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *