Saturday , July 15 2023
Home / Investasi / Ini Bedanya Kredit Rumah vs Kredit Apartemen
Kredit Apartemen
Kredit Apartemen

Ini Bedanya Kredit Rumah vs Kredit Apartemen

Sedang bingung antara mengambil kredit rumah atau kredit apartemen? Menentukan dan memilih properti sangat bergantung dengan lokasi properti tersebut. Jika Anda ingin tinggal jauh dari kota-kota besar, rumah tapak dapat menjadi pilihan terbaik. Tetapi bila Anda ingin tinggal di perkotaan—terlebih lagi pusat bisnis, pastinya apartemen menjadi pilihan lebih baik.

Kredit

Lokasi mungkin menjadi alasan utama karena harga tanah di luar perkotaan tidak semahal sekitar pusat bisnis yang sudah sangat mahal untuk membangun rumah tapak. Karena membeli tanah sudah menjadi kemewahan tersendiri berkat tingginya harga tanah, maka semakin sedikit juga tanah yang tersedia. Pada kondisi seperti ini, Anda ingin mempertimbangkan banyak hal selain hanya lokasi. Berikut adalah hal yang harus perhatikan untuk menentukan kredit rumah atau kredit apartemen.

 

income

Sesuai dengan Pendapatan

Membeli apartemen belum tentu lebih murah dari membeli rumah tapak, begitu juga sebaliknya. Apartemen biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang banyak dan lengkap sehingga biaya perawatannya tidak boleh lupa dihitung dalam biaya pengeluaran. Sekali lagi, lokasi strategis menjadi salah satu faktor mahal atau murahnya apartemen. Namun dengan dekatnya apartemen Anda dengan tempat kerja, Anda bisa jadi memotong biaya transportasi atau biaya lainnya. Jadi, pendapatan bulanan harus sesuai dengan pengeluaran yang Anda rencanakan dari awal.

Kredit Apartemen

 

Source: caniretireyet.com

Dekat dengan Tempat Kerja

Tergantung dengan di mana letak tempat kerja Anda, jika tempat kerja berada di tepian kota, mencari rumah tapak mungkin menjadi pilihan utama, terlebih lagi harganya yang sudah pasti tidak semahal dengan harga tanah di tengah kota. Apartemen yang biasanya terletak di tengah kota tentunya memudahkan Anda untuk pergi kemana-mana. Apalagi jika tempat kerja terletak di tengah kota, apartemen bisa jadi pilihan menarik dan membantu menghemat waktu di jalan di saat jam macet. Inilah salah satu alasan kenapa orang-orang mengambil kredit apartemen.

Source: antalyahomes.com

Biaya Perawatan

Biaya perawatan adalah pengeluaran yang beragam. Namun jika Anda tipe orang yang ingin dengan kemudahan, apartemen menjadi pilihan yang cocok. Iuran Bulanan yang Anda harus bayar setiap bulannya biasanya sudah menjadi satu, mulai dari listrik, air, keamanan hingga pengunaan kolam renang atau keanggotaan Fitness Center. Lalu bayangkan rumah dengan fasilitas semewah apartemen, ini akan menguras kantong Anda dengan berbagai macam biaya perawatan dan iuran bulanan.

Cari tahu tentang pengeluaran bulanan di apartemen di sini.

 

Source: makaan.com

Legalitas

Dokumen kepemilikan rumah dan apartemen tentunya berbeda. Untuk rumah, dokumen Surat Hak Milik (SHM) adalah sertifikat pemilikan tertinggi, karena tidak memiliki batas waktu dan dapat diwariskan. Namun pada apartemen, surat dokumentasi yang mengunakan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang biasanya berlaku selama 20 tahun. Selain itu Anda harus memastikan status tanah apartemen itu milik pengembang atau tidak, karena jika masa sewa pengembang habis, perubahan pemiilkan dapat menyulitkan Anda.

Cari tahu lebih jelas tentang beda nya sertifikat SHM dan HGB di sini.

Source: realestatelicensetraining.com

Syarat Kepemilikan

Entah Anda memilih Rumah atau Apartemen sebagai tempat tinggal idaman, jangan lupa mencari tahu syarat kepemilikannya dan cara pembayarannya. Banyak bank juga mulai menyediakan sistem kredit rumah atau apartemen.

Beberapa syarat umum yang harus dipenuhi adalah seperti wajib berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berumur 21 hingga 55 tahun, dan memiliki pekerjaan tetap. Selain itu, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting sebagai berikut;

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon dan pasangan (jika sudah menikah).
  • Salinan Kartu Keluarga, Surat Nikah dan NPWP pribadi.
  • Slip Gaji terakhir atau Surat keterangan Gaji/Penghasilan
  • Rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir.

Cari tahu syarat kepemilikan lebih lanjut di sini.

Cek juga artikel lain tentang ‘tips jitu ajukan Kredit Apartemen’ di sini.

 

Bila Anda pada akhirnya memutuskan untuk menginvestasikan properti tersebut dengan menjualnya kembali atau menyewakannya kepada orang lain, jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa Saleshack! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Beli Properti di Eropa

Beli Properti di Eropa Bonus Kewarganegaraan!

Tergantung dari berapa banyak waktu dan/atau uang yang ingin habiskan, Anda mungkin malah bisa mendapatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *