Saturday , August 17 2019
Home / Guide / Alasan Pemilik Menyewakan atau Menjual Apartemen Tanpa Perantara
Menjual Apartemen Tanpa Perantara
Menjual Apartemen Tanpa Perantara

Alasan Pemilik Menyewakan atau Menjual Apartemen Tanpa Perantara

Menyewakan atau menjual apartemen dapat dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan pihak ketiga seperti agen properti. Dengan menjual apartemen tanpa perantara, Anda melakukan segala prosedur penjualan dan pemasaran sendiri. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode mana yang lebih sering Anda gunakan dan terapkan? Mengapa Anda memilih cara tersebut? Artikel kali ini akan membahas kelebihan dan keuntungan beserta kekurangan dalam menjual apartemen sendiri untuk informasi Anda.

 

Alasan

Beberapa alasan mengapa banyak pemilik apartemen memilih untuk menyewakan atau menjual apartemen tanpa perantara.

  • Pemilik ingin mengendalikan harga jual tidak tetap, sehingga harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa harus repot-repot memberitahukan kepada agen/perantara. Fleksibilitas ini memberikan lebih banyak keleluasaan bagi pemilik apartemen dalam memasarkan properti mereka, tetapi berhati-hatilah jangan sampai terlalu tidak konsisten dan terlalu “santai” dalam memasarkan apartemen. Ingat, Anda pasti ingin properti yang Anda jual cepat laku.
  • Dengan memiliki kontak bersama agen properti, biasanya Anda akan sering mendapat telepon dari agen-agen lain yang kebanyakan hanya meminta fotokopi sertifikat tanpa memiliki niat untuk membantu mengiklankan. Pemilik tidak ingin diganggu oleh telpon seperti ini.

 

Menjual Apartemen Tanpa Perantara

Copyright © Rukamen

 

Baca juga: Seberapa Besar Komisi Jual Apartemen untuk Agen Properti di Indonesia?

Keuntungan dan Kerugian

Menyewakan atau menjual apartemen tanpa perantara menawarkan beragam keuntungan dan kekurangan sebagai berikut.

  • Proses pengiklanan lebih tidak memakan biaya, lebih tidak repot, dan pemilik properti bisa merubah harga sewaktu-waktu jika belum ada penawaran harga dari calon pembeli yang tertarik. Perubahan harga biasanya ditilik dari harga kompetitor dan suasana pasar properti di lokasi dan waktu penjualan tersebut. Bila Anda sangat jeli dalam memeriksa harga pasar, tentunya Anda tidak ingin repot-repot menghubungi agen properti terus setiap kalinya Anda mengganti harga.
  • Jika Anda menggunakan jasa agen, harga tidak di mark-up oleh agen untuk mengambil keuntungan, walaupun sudah ada bagian komisi. Hal ini menyebabkan apartemen lebih susah dijual karena harganya jadi lebih tinggi dari harga pasaran.
  • Dengan menggunakan jasa agen, Anda juga harus membayar biaya komisi agen tersebut jika apartemen berhasil tersewa atau terjual. Makin bagus reputasi agen tersebut, makin besar juga biaya yang harus Anda siapkan (6 persen dari harga jual properti). Nilai 6 persen ini adalah dari harga jual total, bukan dari keuntungan yang Anda dapat dari penjualan.
  • Agen biasanya menangani banyak pelanggan selain Anda. Semakin sibuk agen, semakin mungkin Anda mengalami frustasi karena ia sulit dihubungi atau kendala lainnya.

 

Tips

Bila Anda ingin menyewakan atau menjual apartemen tanpa perantara, berikut tips dari kami.

  • Bersabarlah dalam memasarkan apartemen. Luangkan waktu dan tempat untuk menemani calon pembeli atau penyewa yang tertarik, atau mungkin bila apartemen Anda didatangi oleh agen yang mencoba melihat isi apartemen Anda dan pada akhirnya menawarkan jasa mereka.
  • Harus bersabar dalam mengangkat telepon dan menjawab pertanyaan calon penyewa atau pembeli
  • Gunakan jaringan sosial dalam memasarkan apartemen Anda secara gratis dan efektif (Blog, Facebook, Twitter, Forum Jual Beli) dan jika menggunakan iklan berbayar, gunakanlah yang efektif dan tidak mahal seperti Saleshack. Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya.
  • Ketahui kondisi pasar dan target pasaran Anda. Jangan ragu untuk meminta bantuan kerabat Anda untuk mengiklankan apartemen Anda. Kebanyakan orang yang menyewakan atau menjual apartemen tanpa perantara dapat berhasil melakukannya berkat bantuan kerabat mereka yang ternyata sedang mencari apartemen untuk dibeli atau disewa.

Baca juga: Cara Cepat Menjual Apartemen atau Menyewakan Apartemen

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Broker Properti

Agen atau Broker Properti di Jakarta

Broker properti – Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara terpadat dan terkaya di Asia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *