Thursday , August 16 2018
Home / Guide / Bulan Puasa: Pekerjaan Rumah Yang Tidak Perlu Dilakukan Setiap Hari

Bulan Puasa: Pekerjaan Rumah Yang Tidak Perlu Dilakukan Setiap Hari

Bulan Ramadhan telah tiba, bagi Anda yang berpuasa maka Anda akan merasa berat jika harus melakukan pekerjaan bersih-bersih rumah setiap hari. Jangan kuatir, berikut ini adalah pekerjaan rumah yang sekali-sekali bisa dilewati.

Mencuci baju

Sebuah penelitian oleh Nielsen menyatakan bahwa 67% dari responden mencuci baju hanya dua kali seminggu dan hanya 31% responden yang mencuci baju setiap hari. Anda bisa menunda mencuci baju, asalkan tidak sampai meciptakan tumpukan baju kotor yang tinggi dan baju-baju tersebut bukan baju dalam, baju olahraga, atau kaos kaki, maka tidak perlu mencuci baju setiap hari.

Baju-baju dari bahan jins bahkan bisa bertahan lebih lama tanpa dicuci karena malah akan membuat bahan lebih cepat mengecil dan warna menjadi pudar.

Mengeringkan piring bersih dengan lap

Mengeringkan piring yang baru saja dicuci dengan lap bersih sangat membuang waktu dan bahkan para ahli mengatakan bahwa lap tersebut justru menjadi sumber bakteri. Cara yang benar adalah mengeringkan piring secara alami dengan cara meletakkannya di rak pengering piring.

Mengelap debu

Debu tercipta di dalam rumah setiap hari, bahkan termasuk debu dari sel-sel kulit mati Anda. Walaupun terkesan jorok dan Anda semakin ingin mengelap debu setiap hari, sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan setiap minggu. Lakukan pengelapan debu sebulan sekali, asalkan Anda melakukannya dengan benar.

Caranya adalah dengan menggunakan alat-alat yang tepat. Gunakan pembersih yang diciptakan khusus untuk bahan tertentu, seperti untuk kayu, dll. Cairan pembersih khusus kayu tersebut memiliki lapisan pelindung permukaan furnitur.

Lalu, pastikan Anda mengelap debu dengan arah yang benar: dari atas ke bawah. Bersihkan bagian dimana debu berkumpul di bawah sebelum debu-debu tersebut jatuh ke barang-barang lain.

Membersihkan jendela

Membersihkan jendela sebenarnya hanya perlu dilakukan beberapa kali setahun dan Anda akan menyimpan lebih banyak waktu karena lebih sedikit debu-debu yang terkumpul. Cara yang benar adalah menggunakan cairan pembersih yang diformulasikan khusus untuk kaca (natural atau organik juga bisa), gosok bagian depan dan belakang jendela sampai bersih.

Merapikan lemari baju

Banyak orang terobsesi mengorganisir barang-barang di dalam rumah sehingga melakukannya setiap hari. Padahal Anda hanya perlu melakukan pembersihan dan penataan ulang lemari beberapa kali setahun. Setelah menemukan sistem penataan baju-baju di lemari, Anda hanya perlu memindahkan baju-baju bersih yang baru Anda cuci ke dalam lemari secara rapi dan sesuai dengan sistem yang Anda buat. Jika dilakukan dengan benar, maka Anda bahkan hanya perlu menata kembali lemari baju sekali setahun.

Baca juga: Unik! Penghuni Burj Khalifa Memiliki Tiga Waktu Berbuka Puasa!

Sumber: Realtor

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Sesibuk Apapun, Jangan Lewatkan Pekerjaan Rumah Ini Setiap Hari

Apakah Anda sering tidak merapikan rumah karena alasan dikejar-kejar waktu, terlambat, atau alasan lainnya? Walaupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *