Tuesday , October 16 2018
Home / Inspiration / Tips / Tips Mengajarkan Anak Remaja Membersihkan Kamar Tidur

Tips Mengajarkan Anak Remaja Membersihkan Kamar Tidur

Apakah Anda ingin anak remaja Anda memulai rutinitas membersihkan kamar tidurnya sendiri agar kamarnya tetap rapi? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk mengajarkan anak-anak remaja Anda menghormati ruang pribadi mereka. Karena anak remaja sedang dalam proses menjadi orang dewasa, sangat penting bagi mereka untuk mempelajari bagaimana segala sesuatu dikerjakan.

Berikan insentif

Salah satu insentif yang akan secara instan membuat anak Anda tertarik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan menggunakan uang. Uang jajan atau uang tambahan akan membantu anak-anak lebih fokus mencapai suatu tujuannya sembari mengajarkan mereka tentang nilai dari uang.

Jika Anda ingin memberikan insentif selain uang, maka beberapa pilihan antara lain adalah: es krim, kue, ijin untuk mengundan teman-teman menginap, dll. Hadiahkan mereka ketika mereka tidak menyangkanya, seperti ketika mereka merapikan tempat tidur sebelum diminta, dll.

Biarkan mereka mendekorasi kamar mereka sendiri

Biarkan anak-anak remaja memilih warna cat dinding, jenis dekorasi, aksesoris, dll yang mereka inginkan. Jika mereka mendapatkan suatu ruangan yang mereka suka, mereka akan lebih tertarik untuk merawatnya.

 

Berkotmitmen pada rutinitas tertentu

Anak-anak di umur berapapun memiliki respon baik terdapat suatu rutinitas. Tentukan kerjaan-kerjaan rumah untuk masing-masing. Jangan lupa untuk memastikan daftar tersebut pendek dan mudah diikuti. Hindari menciptakan daftar yang panjang dan susah dikerjakan karena tidak akan dikerjakan dengan baik.

Gunakan Wi-Fi di rumah sebagai keuntungan Anda

Karena perangkat elektronik bisa mengganggu anak-anak dalam menyelesaikan perkerjaan rumah sehari-hari, ganti password Wi-Fi Anda setiap hari. Ketika anak-anak selesai melakukan pekerjaan mereka, berikan password tersebut.

Ajarkan anak megatur baju kotor

Mulai dari mengajarkan anak meletakkan baju-baju kotor ke dalam keranjang, lalu ajarkan mereka menumpuk baju-baju bersih menjadi satu tumpukan, lalu ajarkan mereka memasangkan kaos kaki bereka. Semakin dewasa umur anak, ajarkan yang lebih kompleks.

Ajarkan anak mengelompokkan barang mereka berdasarkan warna

Anak-anak baru akan memulai merasa memiliki barang-barang mereka ketika mereka memisah-misahkan baju-baju, sepatu, alat tulis, buku, dll berdasarkan warna. Lagipula, lemari baju yang diatur berdasarkan warna bisa menghindari anak-anak bingung akan baju apa yang bisa mereka gunakan setiap hari.

Jika dilakukan dengan taat dan teratur, maka dijamin anak remaja Anda akan menyukai pekerjaan bersih-bersih kamar karena dilakukan penuh dengan rasa senang.

Baca juga: Pekerjaan Rumah Yang Tepat Sesuai Umur Anak

Sumber: HGTV

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Sesibuk Apapun, Jangan Lewatkan Pekerjaan Rumah Ini Setiap Hari

Apakah Anda sering tidak merapikan rumah karena alasan dikejar-kejar waktu, terlambat, atau alasan lainnya? Walaupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *