Friday , May 29 2020
Home / Guide / Cara Mengetahui Ciri-Ciri Pengembang Bermasalah

Cara Mengetahui Ciri-Ciri Pengembang Bermasalah

Pengembang atau developer seharusnya menjadi jalan dalam memiliki bangunan yang aman dan terjamin status hukumnya. Namun, tidak jarang banyak developer nakal yang suka mencari keuntungan dengan membelokkan fakta di atas tinta. Bagi Anda yang ingin memakai jasa ini, maka sebaiknya Anda mengetahui ciri pengembang bermasalah yang akan dibahas berikut ini.

 

Informasi yang Berbeda

Ciri pertama dapat dilihat dari awal ketika Anda menanyakan rincian dari jasa yang ditawarkan. Biasanya, ketika Anda sudah membaca brosur dari developer tersebut sebelumnya, lalu Anda menanyakannya kepada front line atau customer service di sana, pada beberapa kesempatan akan ada jawaban yang berbeda dengan keterangan pada brosur. Anda harus berhati-hati ketika ini terjadi, karena bisa jadi keterangan dalam brosur memang tidak sesuai kenyataan.

 

Tidak Adanya Tanda Bukti

Selanjutnya saat menyerahkan uang booking fee, Anda tidak menerima tanda bukti atau PPJB. Developer demikian harus diwaspadai di mana mungkin saja pesanan jasa Anda dibatalkan secara tidak terduga dan uang tidak bisa dikembalikan, sementara tidak ada tanda bukti yang bisa menjadi barang bukti. Ini bisa jadi merupakan ciri pengembang bermasalah.

 

Adanya Izin Bermasalah

Selanjutnya beberapa hari sebelum pembangunan, akan lebih baik Anda mengecek surat bukti izin seperti IMB yang diurus oleh developer. Belum lagi jika ternyata lingkungan sekitar menjadi rusak atau tercemar berat, maka itu bisa berarti AMDAL dari bangunan tersebut sebenarnya tidak mendapat persetujuan. AMDAL tanpa persetujuan merupakan pelanggaran hukum yang berat, belum lagi dampak yang ditimbulkan bagi lingkungan. Periksa juga kelengkapan surat dari bangunan yang akan dibangun, karena hal tersebut bisa menjadi hal yang sangat fatal.

 

Ciri-Ciri Pengembang Bermasalah

ciri-pengembang-bermasalah-square

Kualitas Gedung

Saat pembangunan, ada baiknya jika Anda melakukan inspeksi mendadak untuk mengetahui kualitas bahan bangunan yang digunakan. Karena salah satu ciri pengembang bermasalah adalah kualitas bangunan yang sengaja diturunkan agar keuntungan yang didapat lebih banyak. Jadi sebelum mempercayai developer ada baiknya Anda mengetahui segala macam kualitas bahan bangunan dan melakukan pemeriksaan. Karena siapa tahu developer tersebut mengganti bahan bangunan saat Anda tidak mengawasi pekerjaan mereka.

Baca juga: Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang

 

Tidak Profesional

Ciri lainnya dari pengembang bermasalah adalah pengembang tersebut tidak memenuhi profesionalitas mereka terhadap pelanggan. Segala keluhan, saran, dan kritik pelanggan harusnya sampai kepada developer atau pengembang. Akan lebih baik lagi jika developer menyediakan tim atau mengerahkan beberapa orang sekaligus untuk melayani kebutuhan Anda akan bangunan yang akan dibangun. Masalah tidak professional ini bisa jadi lebih buruk terutama apabila pembangunan mundur dari jadwal yang ditentukan. Baik mulai dari pembayaran, pembelian, perencanaan, dan pembangunan yang selalu mundur menunjukkan kualitas developer yang Anda gunakan termasuk dalam kategori buruk. Developer yang baik akan memenuhi target bagaimanapun caranya, meskipun harus bekerja siang dan malam.

 

Lihat Reputasi Pengembang

Terdapat cara lain untuk mengetahui baik buruknya suatu developer dan bagaimana ciri pengembang bermasalah tersebut. Salah satunya adalah dengan melihat track recordnya. Jika ternyata proyek-proyek sebelumnya yang ditangani banyak yang bermasalah, maka lebih baik Anda pikir lagi. Jika tidak, Anda bisa dengan tenang memakai jasa pengembang tersebut. Bangunan yang Anda bangun akan menjadi asset di masa depan, maka dari itu jangan biarkan asset tersebut melayang karena ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika perlu laporkanlah pengembang bermasalah tersebut. Masa depan Indonesia terletak di tangan para pembangun yang jujur dan masyarakat yang cerdas, yang mau menindaklanjuti kegiatan yang melanggar peraturan.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Investasi, Kenali Dulu Ciri-Ciri Developer Bermasalah

 

Setelah mengetahui ciri pengembang bermasalah seperti yang dijelaskan di atas, sekarang sudah saatnya Anda lebih jeli dalam memperhatikan unit hunian yang akan dipilih nantinya. Sementara itu, untuk keperluan pengiklanan properti, kami selalu rekomendasikan Anda untuk menggunakan Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack membantu menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Banyaknya batasan dalam mencuci baju di mesin cuci mungkin membuat Anda kebingungan saat membaca judul …

One comment

  1. PT PRATAMA MEGA KONSTRUKSINDO developer Perumahan Grand Mutiara Nanggerang, kab. Bogor direkturnya Abdullah Sanny menipu konsumen2nya dengan tidak mengembalikan uang DP yg sudah disetorkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *