Tuesday , November 20 2018
Home / News / Info / Jangan Sampai Salah Investasi, Kenali Dulu Ciri-Ciri Developer Bermasalah
Ciri-ciri Developer Bermasalah
Ciri-ciri Developer Bermasalah

Jangan Sampai Salah Investasi, Kenali Dulu Ciri-Ciri Developer Bermasalah

Dengan banyaknya developer properti di luar sana, memang tidak gampang untuk menelaah mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Tetapi setidaknya, bekali pengetahuan Anda dengan ciri-ciri developer bermasalah agar pembelian unit properti menjadi lebih siap dan mantap tentunya. Saat Anda ingin berinvestasi untuk properti, tentunya Anda memerlukan bantuan dari pengembang yang dapat dipercaya agar unit yang Anda beli nantinya tidak menjadi properti yang malah tidak mendatangkan kembalinya dana investasi.

Saat mengevaluasi pengembang, Anda perlu selalu mencari tiga hal, yakni pengalaman, reputasi, dan sikap.

 

Pengalaman Pengembang

Impresi pertama memang penting, tetapi jangan lupakan pentingnya juga untuk mempelajari sejarah pengembang yang sedang Anda dekati. Anda bisa memeriksa referensi atau proyek pengembang sebelumnya. Berapa banyak proyek serupa yang pernah mereka bangun di masa lalu? Apakah mereka berspesialisasi dalam pengembangan komersial atau perumahan? Apakah pengembang mungkin juga bergelut dalam bidang lain selain properti?

Ciri-ciri developer bermasalah yang pertama bisa Anda nilai dari poin ini, walau bukan berarti pengembang yang baru terjun di dunia properti tidak patut Anda pertimbangkan juga. Pengembang baru yang mampu menyediakan unit properti dengan kualitas tinggi tentunya juga akan mampu menarik perhatian banyak peminat berkat kredibilitas dan kemampuan untuk menghadapi situasi yang tak terduga di masa depan.

 

Reputasi perusahaan

Jika Anda ingin lebih memahami pengembang, Anda bisa bertanya-tanya kepada pemilik unit yang sekiranya sudah pernah membeli atau menyewa properti mereka sebelumnya. Lakukan penelitian sekunder dengan membaca kolom testimoni dan komplain agar Anda dapat menemukan daftar proyek yang mungkin masukannya dipenuhi dengan berbagai keluhan tentang pengerjaan yang buruk, cacat bangunan, area lantai yang hilang, dan lain sebagainya.

Walau mungkin tidak sepenuhnya hal tersebut adalah kesalahan pengembang juga, tetap saja hal terpenting yang harus dicari adalah respons dari pengembang dan cara mereka menangani masalah tersebut. Seberapa cepat mereka bertindak? Apakah mereka memenuhi janji-janji mereka? Apakah mereka hanya melemparkan tanggung jawab mereka dan menyalahkan orang lain? Anda juga harus bisa melihat bagaimana pengembang menyelesaikan suatu masalah, karena ada juga yang selalu melemparkan semua pertanyaan kepada owner, bagian marketing atau keuangan. Cari tahu bagaimana reputasinya dan jelilah melihat apakah mereka termasuk ke dalam ciri-ciri developer bermasalah atau tidak.

Baca juga: Menurut Undang-Undang, Bisakah Konsumen Menuntut Developer Nakal?

 

Ciri-ciri Developer Bermasalah

Copyright © Rukamen

 

Visi dan sikap

Apakah pengembang memiliki visi untuk membedakan diri dari pemain industri lain dengan membangun proyek terbaik di kelasnya? Atau apakah pengembang ini hanya mendapatkan keuntungan maksimal dari pembeli rumah? Ketulusan seorang pengembang semuanya tercermin dalam rincian pekerjaannya. Pengembang yang baik berfokus pada setiap detail pengembangan seperti menetapkan standar tinggi dalam konstruksi, menawarkan pengerjaan profesional, dan menyediakan perlengkapan berkualitas baik. Ini adalah sebuah keunggulan yang membuat sebuah pengembang jauh lebih berkualitas di mata pembeli sebelum Anda mengeluarkan uang.

 

Produk dan Proses Penjual-belian

Ciri-ciri developer bermasalah yang berikutnya bisa Anda lihat dari produk mereka sendiri. Apakah sudah jadi atau masih dalam pengerjaan, bagaimana bentuk dan fasilitas yang ditawarkan dan lain-lain. Beberapa orang cenderung berinvestasi di unit hunian yang mungkin sudah selesai atau sudah jadi, karena dirasa lebih aman.

Saat bertemu dengan pihak developer, perhatikan bagaimana salesnya menjelaskan semua fitur hunian dan inspeksi dengan rinci setiap sudut lokasi agar apa yang disampaikan sesuai. Untuk pembayaran seperti booking atau DP, Anda harus memastikan bahwa draft Perjanjian Jual Beli telah disiapkan untuk Anda review lagi. Pastikan di dalam isinya tercantum jelas pasal-pasal yang melindungi Anda sebagai pembeli dan kewajiban developer beserta status lahan.

Developer yang tidak bermasalah tentunya akan menggunakan seluruh nama dalam dokumen dan transaksi dengan nama perusahaannya. Jika Anda disuruh membayar sejumlah uang ke akun pribadi selain itu, sebaiknya Anda berpikir dua kali lagi.

Baca juga: Pertanyaan Wajib Calon Pembeli Untuk Developer Proyek Yang Belum Dibangun

 

Waktu Serah Terima

Ciri-ciri developer bermasalah yang terakhir bisa ditelaah dari berapa lama waktu serah terima unit yang dijanjikan oleh pengembang. Developer yang banyak memberikan alasan jika ditanya soal ini perlu diwaspadai. Jika unit hunian yang Anda beli sedang berada dalam proses pengerjaan, Anda bisa sering-sering mengunjunginya untuk memeriksa apakah ada ketidaksesuaian antara unit dengan yang dijanjikan dengan yang sedang dibangun. Hal ini akan mencegah terjadinya kekecewaan Anda karena tidak bisa memberikan komplain lagi saat proses serah terima yang nanti akan sepenuhnya menjadi milik pembeli dan di luar kuasa pengembang.

Baca juga: Tips Terhindar Dari Pengembang Nakal

 

Setelah mengetahui ciri-ciri developer bermasalah tadi, tentunya Anda yang sudah mantap untuk berinvestasi properti tidak akan mudah tertipu lagi dengan developer yang merugikan pembelinya. Investasi Anda akan lebih baik lagi jika ditunjang dengan Saleshack, cara pintar dalam mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack membantu menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Check Also

pengembang nakal

Tips Terhindar Dari Pengembang Nakal

Anda pasti tidak ingin jika apartemen atau rumah yang ditawarkan di brosur ternyata berbeda jauh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *