Monday , December 9 2019
Home / Inspiration / Tips / Tips Terhindar Dari Pengembang Nakal
pengembang nakal

Tips Terhindar Dari Pengembang Nakal

Anda pasti tidak ingin jika apartemen atau rumah yang ditawarkan di brosur ternyata berbeda jauh dari yang sudah dibangun. Bukannya senang karena rumah idaman telah didapatkan, Anda malah kesal karena telah terkena perangkap pengembang nakal.

Sekarang ini banyak pengembang yang nakal ‘menjual mimpi’. Bukan hanya membawa kabur uang konsumen dan ingkar janji dalam membangun proyek yang ditawarkan, tapi banyak juga pengembang yang akhirnya tidak bisa memenuhi semua fasilitas dan fitur yang ditawarkan di awal.

Tips Terhindar Dari Pengembang Nakal

ciri pengembang nakal

Karena itulah, berikut ini lima tips agar Anda terhindar dari pengembang nakal :

  1. Cek rekam jejak pengembang
    Reputasi adalah segalanya. Karena itulah Anda harus rajin-rajin mencari informasi mengenai rekam jejak dan reputasi pengembang di masyarakat. Di jaman teknologi yang sudah maju ini sudah tidak susah lagi dalam mencari informasi mengenai pengembang-pengembang properti. Salah satunya Anda bisa mengecek rekam jejak pengembang di situs portal properti untuk jual, beli, dan sewa apartemen seperti Rukamen. Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai developer apartemen incaran Anda dengan mudah.
  2. Reputasi developer di mata bank
    Bank tentunya tidak akan bermitra dengan developer yang asal-usulnya tidak jelas karena menyangkut reputasi bank tersebut juga. Karena itulah Anda bisa mengecek reputasi developer tersebut dengan cara melihat bank apa saja yang menjadi partner mereka. Jika bank sudah mempercayai developer tersebut maka sudah pasti developer tersebut memiliki status yang baik
  3. Tidak tergiur hadiah
    Dalam memasarkan suatu produk, terutama yang belum dibangun atau belum selesai dibangun, pastinya developer akan menawarkan suatu gimmick kepada konsumen. Banyak hadiah-hadiah yang ditawarkan dengan membeli produk mereka, mulai dari handphone terkini, mesin cuci, bahkan sepeda motor. Biasanya, hadiah tersebut hanya iming-iming yang akhirnya tidak pernah diberikan oleh pengembang.
  4. Cek lokasi dan fasilitas yang ditawarkan
    Biasanya developer akan melebih-lebihkan produk yang mereka tawarkan. Lokasi strategis biasanya hanya strategi dari developer agar konsumen tertarik. Karena biasanya proyek yang ditawarkan belum selesai dibangun, atau bahkan belum mulai dibangun, maka ada baiknya jika Anda menyempatkan diri untuk mengecek lokasi proyek. Selain itu, perhatikan fasilitas dan akses-akses di sekitar lokasi. Jika ada mall, rumah sakit, sekolah, dll yang ditawarkan, Anda harus rajin-rajin mengecek apakah hal tersebut benar.
  5. Survei rumah contoh
    Salah satu bukti keseriusan pengembang dalam membangun proyek yang dijanjikan adalah dengan investasi dalam bentuk rumah contoh. Jika Anda tidak melihat adanya rumah contoh, maka jangan sungkan untuk mencari tahu kepada karyawan-karyawan pengembang tersebut tentang keberadaan rumah contoh.

Demikian tips untuk menghindari dari para pengembang nakal, untuk lebih mengenali bisa juga baca artikel kami tentang  Mengenali Ciri-Ciri Pengembang Yang Bermasalah

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Ciri-ciri Developer Bermasalah

Kenali Dulu Ciri-Ciri Developer Bermasalah

Dengan banyaknya developer properti di luar sana, memang tidak gampang untuk menelaah mana yang paling …

One comment

  1. Saya sangat setuju dengan artikel di atas.
    sangat bermanfaat utk investor pemula…terimakasih.

    utk info investasi apartemen terbaik silakan cek di.
    http://www.thamrindistrict-bekasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *