Monday , September 24 2018
Home / Guide / Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang

Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang

Apakah Anda berniat untuk membeli properti baru dengan cara mencicil langsung ke pengambang tanpa perantaraan bank? Apa saja keuntungannya dan bagaimana agar tetap aman dalam mencicilnya? Berikut ini penjelasannya.

Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang

  1. Tidak memerlukan DP
    Karena mencicil langsung ke pengembang, Anda hanya perlu membayar booking fee sebagai tanda keseriusan Anda dalam membeli unit tersebut
  2. Tidak ada bunga
    Tanpa perantaraan bank, artinya cicilan tidak dikenakan bunga. Ingatlah bahwa developer bukanlah bank, karena itu mereka dilarang memungut bunga.
  3. Proses lebih cepat dan mudah
    Dengan mencicil ke pengembang, maka yang dilibatkan hanya pembeli dan pengembang saja. Ini artinya prosedurnya juga lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu mengikuti proses screening dll karena tidak melibatkan pihak ketiga.
  4. Lebih hemat biaya
    Jika menggunakan cicilan KPR, Anda akan dikenakan biaya-biaya tambahan selain bunga dan cicilan itu sendiri, mulai dari biaya provisi, biaya survei, biaya appraisal, dll. Dengan mencicil langsung ke pengembang, Anda tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Bisa menegosiasikan jangka waktu cicilan
    Anda bisa mendapatkan jangka cicilan lebih panjang jika Anda mau bernegosiasi. Mencicil ke pengembang berarti Anda seperti ‘mengontrak’ unit properti tersebut ke pengembang dalam jangka waktu pendek. Ketika angsuran selesai, maka rumah tersebut menjadi hak milik Anda dan sertifikatnya juga langsung diberikan. Dalam proses mencicil langsung ke pengembang, biasanya proses serah-terima rumah bisa dilakukan setelah pembayarannya sudah di atas 80% dari harga rumah.

Tips Aman Mencicil Langsung ke Pengembang

Berikut ini adalah tips aman kredit rumah tanpa perantaraan bank dan langsung ke pengembang:

  1. Komunikasikan semua kesepakatan Anda dengan pengembang, terutama mengenai kejelasan serah terima rumah. Bila perlu, cantumkan poin tersebut dalam Perjanjian Jual Beli yang disahkan notaris. Ini agar Anda memiliki jaminan hukum bahwa unit properti yang Anda beli bisa segera Anda gunakan.
  2. Sebagai tanda jadi, pengembang akan meminta Anda untuk membayar booking fee, tetapi di beberapa kondisi pengembang mensyaratkan Anda membayar uang muka yang besarannya bisa dinegosiasikan.

Baca juga: Cara Memilih Jangka Waktu KPR Yang Tepat Untuk Anda

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Tiga Ciri Penting Ketika Mencari Bank KPR Yang Tepat Untuk Anda

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan masyarakan dalam membeli …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *