Friday , September 20 2019
Home / Guide / Prosedur dan Cara Menjual Rumah Melalui Bank
Cara Menjual Rumah Melalui Bank
Cara Menjual Rumah Melalui Bank

Prosedur dan Cara Menjual Rumah Melalui Bank

Apa saat ini Anda sedang mencoba menjual rumah yang Anda miliki? Metode apa yang sudah Anda gunakan? Promosi offline atau online, bila Anda mungkin tertarik untuk mencari alternatif lain, ada juga cara menjual rumah melalui bank yang bisa Anda pelajari juga. Kebanyakan orang tidak memilih untuk menjual rumah melalui bank karena prosedurnya yang dianggap rumit. Bagi yang tidak familiar, tentunya akan merasa kesulitan dalam memiliki pegangan saat memulai prosedur ini, dan takutnya Anda malah mendapatkan masalah jika salah mengikuti prosedur. Simak prosedur dan cara yang telah kami rangkum dalam menjual rumah melalui bank berikut ini.

 

Menjual Rumah Melalui Bank

Sebagai sebuah institusi dan pihak yang terpercaya dalam urusan finansial, bank dapat menjadi solusi dengan memfasilitasi segala proses penjualan properti konsumen. Anda akan dibantu dari segi promosi hingga mencari calon pembeli. Ada beberapa bank yang dapat menjual rumah tersebut dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) (baca artikel kami lebih lanjut tentang KPR). Jika Anda tertarik untuk mendapatkan layanan ini, konsultasikanlah terlebih dahulu apakah bank yang ingin Anda tuju memilikinya atau tidak.

Menjalankan cara menjual rumah melalui bank menawarkan kemudahan karena Anda dapat menjual rumah secara online tanpa ribet dan mengeluarkan waktu dan uang banyak. Pembeli yang membeli rumah dari bank juga tentunya sudah diverifikasi informasinya, dan mereka tidak perlu khawatir dengan rumah yang dijual oleh pihak bank.

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Menjual Rumah Cepat Laku

 

Cara Menjual Rumah Melalui Bank

Copyright © Rukamen

 

Tahap Menjual Rumah Melalui bank

Selain kelengkapan dokumen dari rumah yang akan dijual, berikutnya Anda dapat:

  1. Memilih bank yang akan diajak kerjasama

Saat ini, hampir seluruh bank memiliki fasilitas pelayanan penjualan rumah. Lakukan survei pemilihan bank yang akan Anda percayai dalam penanganan proses penjualan rumah, dan teliti bagaimana prosedur, track record di bidang KPR dan profesionalisme staf-nya. Bila pertanyaan-pertanyaan Anda dijawab dengan baik oleh setiap consultant-nya, bisa jadi itu adalah bank yang terjamin kualitasnya. Tanyakan bagaimana cara menjual rumah melalui bank dan apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum menjualnya. Ingat bahwa meskipun prosedur demikian terlihat umum, pada dasarnya setiap bank memiliki prosedur serta ketentuan yang berbeda-beda.

 

  1. Ikuti instruksi dari pihak bank

Bank biasanya akan memerlukan kelengkapan dokumen rumah yang akan dijual untuk membuat bank maupun calon pembeli lebih percaya terhadap Anda. Ingatlah untuk selalu memeriksa kelengkapannya, dan jika Anda menemukan dokumen yang kurang atau sudah outdated, sudah saatnya Anda perbarui dan notarisasi.

 

  1. Hitung biaya yang telah dikeluarkan

Bila Anda bingung dalam menetapkan harga untuk rumah tersebut, kalkulasikan biaya yang telah Anda keluarkan untuk perawatan rumah, dan apabila pembayaran rumah belum lunas, jumlah cicilan yang telah dibayar juga dapat ditambahkan. Hasil perhitungan dapat menjadi gambaran Anda untuk masalah tersebut, tetapi Anda juga dapat meminta bantuan pihak-pihak yang memang telah memiliki pengalaman atau telah cukup berkompeten untuk melakukannya seperti appraiser dari bank, agen properti, atau appraiser independen yang telah memperoleh sertifikasi. Selain lebih mudah, nilai appraisal (nilai suatu properti) juga akan lebih tepat sasaran jika dibantu ditafsirkan oleh orang yang sudah paham mengenai seluk-beluk bidang properti. Harga jual sebaiknya tidak terlalu tinggi hingga menyulitkan Anda dalam menarik calon pembeli, tetapi jangan terlalu rendah juga agar Anda akan mengalami kerugian.

Baca juga: Beli Rumah, Lebih Baik KPR atau Cash?

 

Demikianlah cara menjual rumah melalui bank yang dapat menjadi panduan Anda seandainya memang tertarik untuk menggunakan metode demikian. Jika Anda ingin menyewakan atau menjual properti Anda tersebut, Anda dapat menaruh listing properti Anda dengan Saleshack yang telah jelas kredibilitas dan reputasinya. Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

Desain Kamar Anak

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

Rumah Murah di Tangerang

Rumah Murah di Tangerang Masih Ada, Cari Tahu di Sini

Rumah adalah real estate paling umum yang ada di mana-mana. Saking banyaknya yang mencari rumah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *