Tuesday , July 18 2023
Home / Inspiration / Tips / Cara Merawat Kulkas Agar Lebih Awet
Cara Merawat Kulkas Agar Lebih Awet
Cara Merawat Kulkas Agar Lebih Awet

Cara Merawat Kulkas Agar Lebih Awet

Meski terlihat sederhana, perawatan kulkas yang tidak tepat akan membuat kulkas Anda bekerja lebih keras, sehingga memakan listrik yang lebih banyak. Apa saja yang harus diperhatikan dalam merawat kulkas?

sumber: handyman.net.au
sumber: handyman.net.au

 

Jangan meletakkan kulkas terlalu dekat dengan kompor
Walaupun tujuan Anda mungkin agar lebih mudah dalam mengambil bahan makanan ketika memasak, sebaiknya jangan meletakkan kulkas kurang dari tiga meter dengan kompor. Meletakkan rice cooker dan microwave terlalu dekat dengan kulkas juga dapat membuat kulkas memerlukan energi listrik lebih banyak karena adanya peningkatan suhu di dekatnya.

Source: maytag.ca

Jangan meletakkan kulkas menempel pada dinding
Usahakan untuk memberikan jarak sekitar 20 cm antara kulkas dengan dinding agar sirkulasi udara tetap lancar. Kulkas harus melepaskan produksi panasnya, karena itu jika menempel pada dinding, bagian belakang kulkas akan menjadi cepat panas sehingga memakan energi listrik yang lebih besar.

Selain itu, dengan menjaga sirkulasi udara di sekitar kulkas akan membuatnya lebih awet juga.

Source: decorhubng.com

Jangan meletakkan terlalu banyak barang
Tips merawat kulkas berikutnya adalah dengan tidak meletakkan terlalu banyak barang di kulkas. Sama seperti manusia jika menampung terlalu banyak beban, kinerja kulkas juga akan terganggu jika diletakkan banyak barang di dalam atau di atasnya. Jika terlalu penuh dengan makanan, misalnya, suhu dingin akan jadi sedikit terganggu sehingga kulkas tidak dapat mengawetkan makanan dengan efektif. Jika dibiarkan, hal ini akan mengakibatkan bakteri dan jamur semakin banyak muncul pada makanan.

Baca juga: Baru Pindah? Ini Beberapa Tips Membersihkannya Sebelum Ditempati

Source: mothernaturekitchen.com

Pisahkan sayur dan buah di rak berbeda
Ketika menyimpan sayur dan buah di kulkas, cobalah untuk memisahkan kedua hal tersebut. Ada beberapa jenis buah yang mengeluarkan gas seperti alpukat, pisang, pir, dan peach. Gas yang dilepaskan ini bisa mengkontaminasi sayur sehingga membuatnya mengalami pembusukan lebih cepat, dan akhirnya sayur lebih cepat layu.

Source: wikihow.com

Jangan menyimpan daging mentah di freezer
Tips merawat kulkas berikutnya adalah dengan tidak menyimpan daging mentah di freezer. Freezer sebaiknya digunakan untuk menyimpanan makanan yang sudah matang agar lebih awet dan bisa dikonsumsi setelah atau dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, daging mentah yang disimpan di freezer akan mengkontaminasi makanan yang ada di bawahnya jika air esnya menetes.

Jika ingin menyimpan daging mentah di freezer, Anda dapat menyimpannya di dalam plastic yang tertutup rapat, lalu meletakkannya di rak paling bawah. Pastikan juga bahwa kulkas Anda adalah yang dua pintu.

Source: food.unl.edu

Perhatikan temperatur di dalam kulkas
Kulkas akan bekerja dengan baik di suhu 0-4 derajat Celcius. Di atas suhu tersebut, bakteri dan mikroba akan muncul di makanan dan dinding kulkas. Jangan membuka kulkas terlalu lama juga karena temperatur akan naik.

Source: goodhousekeeping.com

Simpan makanan sesuai tempatnya
Tips merawat kulkas berikutnya adalah dengan menyimpan makanan di kompartemennya sendiri-sendiri. Seperti misalnya, banyak orang mengira telur harus diletakkan di pintu kulkas. Padahal meletakkannya disana malah akan membuat telur cepat busuk karena area pintu tersebut memiliki suhu yang relatif tinggi. Simpan telur di dalam karton pembukus lalu masukkan di bagian kulkas paling dingin.

Letakkan barang-barang yang tidak membutuhkan suhu dingin di bagian kulkas, seperti keju dan mentega. Simpan sayuran dan buah di dalam rak agar selalu segar.

Cara Merawat Kulkas agar Awet

Ingin tips rumah tangga seperti ini? Buka Blog Rukamen!

Sumber: Liputan 6

Baca juga: Pembersih Rumah Alami Yang Mudah Dibuat Sendiri

Demikianlah informasi mengenai tips merawat kulkas yang dapat Anda jadikan panduan.

Jika suatu waktu, rumah tersebut ingin Anda jual kembali atau sewakan kepada orang lain, pertimbangkanlah untuk menggunakan Saleshack untuk pemasaran properti yang efektif, mudah dan cepat. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *