Saturday , February 22 2020
Home / Guide / Hal Penting Perlu Diketahui Sebelum Renovasi Apartemen

Hal Penting Perlu Diketahui Sebelum Renovasi Apartemen

industrial-loft-in-barcelona-1

Merenovasi atau mengubah suatu apartemen bukanlah suatu proyek yang mudah. Anda perlu mengkalkulasi setiap aspek unit apartemen dengan saksama dulu sebelum mereservasi jasa perenovasi unit. Selain itu ada beberapa hal penting lainnya juga yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan renovasi apartemen. Apa sajakah itu?

shouldyou

Meminta Izin Manajemen

Merenovasi unit di gedung apartemen pada umumnya mengharuskan penghuni atau pemilik untuk meminta izin kepada manajemen gedung. Karena meskipun itu adalah unit yang sudah Anda beli, tetap saja unit tersebut masih merupakan bagian dari properti pengelola. Jadi jangan sampai Anda sudah merencanakan renovasi dengan matang, tetapi akhirnya harus dibatalkan hanya karena belum konfirmasi renovasi apartemen terlebih dahulu.

Renovasi yang membutuhkan bongkar pipa, saluran, atau kabel-kabel tertentu diharuskan untuk mengajukan permohonan. Setiap manajemen gedung memiliki prosedur yang berbeda-beda, tetapi semua permohonan harus dilakukan beberapa minggu sebelum renovasi, terutama jika unit-unit sekitar sudah terisi. Nantinya manajemen gedung akan merilis pemberitahuan kepada setiap penghuni di lantai tempat renovasi dijalankan.

Pemilik unit diharuskan untuk mengisi formulir permohonan dan mengajukan spesifikasi material yang akan digunakan. Selain mengajukan kejelasan material, pemilik unit harus melakukan pemeriksaan material dan kontraktor oleh koordinator renovasi untuk meminimalisirkan kesalahan terjadi saat renovasi.

Jika sebaliknya renovasi apartemen Anda berskala kecil (tidak perlu membongkar pipa, saluran ataupun kabel), biasanya Anda tinggal menginformasikan pihak pengelola gedung tanpa mengisi formulir permohonan.

Baca juga: Begini 9 Cara Jual Apartemen Over Kredit

 

Renovasi Apartemen

 

Renovation-of-an-Apartment-in-Paris-sitting-area

Kebutuhan Ruang

Hitunglah kebutuhan ruang untuk setiap orang yang akan tinggal di dalam apartemen tersebut dan juga data kegiatannya dengan kecocokan ruangan tersedia. Jika apartemen tersebut ingin disewakan, pemilik dapat mendata dan memprediksikan kebutuhan keluarga tergantung dari tipe apartemen, seperti unit 1 kamar, unit 2 kamar atau unit studio. Kebutuhan stop kontak dalam setiap ruangan juga tidak boleh lupa untuk di perhitungkan!

apartment_renovation-3

Atur Alur Kegiatan

Luas ruang di apartemen sangatlah terbatas, sehingga alur kegiatan pun juga menjadi terbatas dibandingkan tinggal dalam perumahan. Oleh karena itu, pengunaan furniture yang tepat sangat krusial di apartemen, dan furniture yang multifungsi akan sangat membantu Anda menghemat banyak ruang. Contohnya, pengunaan perabot sebagai penyekat memberi kesan luas.

Lovely-living-area-that-is-connected-to-the-small-balcony-oustide

Instalasi Listrik, Air, dan Lainnya

Penting untuk mengetahui letak kabel listrik dan pipa-pipa yang ada di unit apartemen Anda. Pembongkaran harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan tidak merusak kabel atau pipa yang sudah ada. Jangan lupa juga untuk membuat alur kabel dan pipa yang tidak berbelit jika ingin diperbaiki lagi.

 

Membentuk Focal Point Unit

Seperti misalnya, Anda dapat membentuk dapur menjadi pusat dari apartemen, karena dapur modern telah memiliki desain yang jauh lebih baik sekarang. Selain itu, dapur tentunya merupakan elemen yang penting bagi rata-rata pemilik apartemen. Membentuk dapur terbuka akan membantu membuat ruang terasa lebih besar. Jika Anda memiliki peralatan dan lemari yang bagus, itu juga akan meningkatkan estetika ruang.

Baca juga: Cara Promosi Apartemen Paling Efektif

 

Itulah hal-hal yang harus Anda siapkan dan perhatikan sebelum melakukan renovasi apartemen. Jika Anda berpikir untuk menjadikan apartemen yang akan Anda miliki itu sebagai ladang investasi di kemudian hari, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Ini Tandanya Rumah Sudah Harus Direnovasi

Setiap bangunan pasti ada bagian-bagiannya yang lama-lama akan pudar, rusak, atau perlu diperbaharui. Tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *