Tuesday , July 18 2023
Home / Inspiration / Ide Memaksimalkan Ruangan Mungil Anda

Ide Memaksimalkan Ruangan Mungil Anda

Jika Anda memiliki suatu ruangan mungil di rumah Anda, mungkin membingungkan Anda tentang apa yang bisa dilakukan dengan ruangan tersebut. Mungkin Anda mulai frustrasi karena apapun yang diletakkan disitu tidak pas.

Dengan cara menjadi lebih kreatif, Anda bisa menghilangkan rasa frustasi tersebut dan menciptakan sebuah ruangan mungil yang akan Anda sukai. Berikut ini adalah empat ide yang bisa digunakan untuk ruangan mungil agar menjadikannya menjadi ruangan terbaik.

Cari kegunaan alternatif untuk area lantai

Jika di dalam ruangan tersebut terdapat area lantai kosong, maka Anda bisa menggunakannya. Contohnya, jika Anda memiliki area lantai kosong di belakang kursi, Anda bisa meletakkan lampu. Jika Anda mempunyai dua pilar yang jaraknya tanggung, maka Anda bisa menggunakannya untuk meletakkan meja kecil dan digunakan untuk area pajangan.

Area di bawah tangga juga bisa digunakan secara kreatif, seperti meletakkan meja dan kursi, ditambah dengan lampu baca, rak buku custom, dll.

 

Gunakan furnitur untuk ruang kecil

Anda bisa menggunakan perabotan spesial yang diciptakan untuk area kecil. Furnitur ini biasanya mempunyai fitur seperti bisa dilipat, multifungsi, dll. Beberapa contoh furnitur untuk ruang kecil antara lain adalah:

  • Meja lipat
  • Tempat tidur yang bisa dilipat atau disimpan
  • Kasue dua tingkat
  • Meja yang bisa dibuat lebih panjang
  • Ottoman atau meja kopi dengan area penyimpanan

 

Investasi di rak mengambang

Salah satu cara paling baik untuk mengorganisasi ruang mungil adalah rak yang tidak menghabiskan area lantai, yaitu dengan menggunakan rak mengambang. Dengan rak mengambang, Anda bisa menciptakan rak buku tanpa mengambil banyak tempat di lantai. Anda juga bisa digunakan untuk menyimpan boks-boks, dan bisa digunakan dimana saja.

Cek stok semua barang yang Anda miliki

Lihatlah ke sekeliling rumah Anda dan putuskan yang tidak diinginkan. Contohnya, apakah Anda memerlukan piano yang sudah bertahun-tahun tidak digunakan itu? Di area kecil, Anda harus menentukan konsep, lebih kecil lebih banyak. Contohnya, daripada menggunakan beberapa aksesoris kecil yang tidak pas, lebih baik menggunakan barang yang besar yang bisa menciptakan sebuah statement.

Prinsip yang sama juga digunakan pada perabotan. Apakah Anda benar-benar memerlukan kursi tersebut? Bisakah kursi tersebut diganti dengan sesuatu yang bisa dilipat sehingga bisa dilipat ketika tidak diperlukan?

Anda juga bisa berinvestasi di furnitur yang lebih besar. Contohnya, ketimbang menggunakan dua kursi yang menghabiskan ruang karena terdapat sisa di tengah-tengahnya, lebih baik menggunakan perabotan besar. Anda sebenarnya bisa mendapatkan tempat duduk lebih banyak daripada menggunakan beberapa kursi yang membuat ruangan terlihat lebih berantakan.

Baca juga: Yang Harus Dihindari Ketika Menata Interior Apartemen Mungil

Sumber: Freshome

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Makanan Ramadhan Sehat

Inilah Makanan Ramadhan Sehat yang Perlu Anda Terapkan

Makanan Ramadhan sehat – Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *