Tuesday , January 21 2020
Home / Inspiration / Tips / Ini Tanda Anda Sudah Siap Membeli Rumah Idaman

Ini Tanda Anda Sudah Siap Membeli Rumah Idaman

Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli rumah, sudah menabung sejak lama, tetapi masih bingung dan merasa Anda belum siap secara finansial? Berikut ini adalah lima tanda bahwa Anda sudah siap untuk membeli rumah idaman:

  1. Memiliki pendapatan
    Jika Anda berencana membeli rumah secara kredit menggunakan fasilitas KPR, maka Anda diwajibkan mampu membayar uang cicilan per bulannya. Karena itulah, pendapatan Anda menjadi suatu hal yang diandalkan. Jika pendapatan Anda sudah stabil, maka jangan ragu untuk segera membeli rumah
  2. Tidak sedang memiliki pengeluaran besar
    Jangka waktu cicilan KPR yang panjang sangat berpengaruh dengan kondisi finansial Anda. Pastikan keadaan finansial Anda sedang stabil dan sedang tidak memiliki pengeluaran besar, misalnya cicilan mobil, persiapan perkawinan, biaya berobat, dll.
  3. Tidak terbelit utang
    Kondisi keuangan yang baik adalah syarat utama permohonan KPR Anda disetujui oleh bank. Jika Anda tidak sedang terbelit utang, maka pengajuan KPR Anda kemungkinan besar akan disetujui pihak bank.
  4. Memiliki dana darurat
    Pengeluaran tiap bulan tidak dapat diperhitungkan secara pasti. Bisa saja dalam satu bulan, ada biaya tambahan yang darurat yang harus dikeluarkan. Karena itulah, jika Anda sudah memiliki dana darurat paling tidak empat kali nilai pengeluaran per bulan, Anda sudah bisa membeli rumah idaman.
  5. Mampu membayar DP
    Jika Anda sudah memiliki cukup uang untuk membayar DP sebesar 3 hingga 20 persen dari harga rumah, maka jangan ragu mengajukan permohonan KPR.

Baca juga:  Inilah Alasan Bank Menolak Pengajuan KPR Anda

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Tips Beli Apartemen untuk Investasi

Checklist & Tips Beli Apartemen untuk Investasi dengan Hasil Balik Maksimal

Membeli apartemen untuk tujuan investasi memang bisa jadi membingungkan dan butuh pertimbangan panjang, terlebih jika …

2 comments

  1. Terimakasih atas sharing ilmunya..
    sukses dan bahagia ya..

  2. Terimakasih atas sharing ilmunya. semoga Sukses, Sehat Dan Bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *