Sunday , July 16 2023
Home / Inspiration / Tips / Cara Mengajukan Kredit Kepemilikan Apartemen
cara mengajukan kredit kepemilikan apartemen

Cara Mengajukan Kredit Kepemilikan Apartemen

Kredit Kepemilikan Apartemen

Bagi Anda yang tertarik ingin memiliki hunian apartemen, namun belum tahu bagaimana cara mengajukan kreditnya, jangan dulu risau. Pada kesempatan ini kita akan membahas cara mengajukan kredit kepemilikan apartemen (KTA).

Untuk Anda yang belum tahu, KPA bisa dibaratkan sebagai KPR-nya untuk hunian tipe vertikal. Dengan kata lain, KTA adalah program kredit yang ditawarkan pihak bank untuk memudahkan Anda membeli atau menyewa apartemen. Menarik bukan? Lantas, bagaimana cara mengajukan kredit kepemilikan apartemen?

Secara keseluruhan syaratnya hampir sama seperti mengajukan KPR, atau kredit pembiayaan lainnya. Prosesnya pun sama, yaitu Anda membuat perjanjian dengan pihak bank, di mana Anda sebagai debitur diharuskan untuk menandatangani persetujuan kredit, dan diwajibkan melakukan pembayaran cicilan per bulannya sesuai jumlah dan tenor atau jangka waktu yang telah ditetapkan.

Prosedur Cara Mengajukan Kredit Kepemilikan Apartemen.

Nah, hal ini yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda sudah mempersiapkan surat-surat dan dokumen yang diperlukan. Jangan lupa memastikan bank yang Anda pilih sudah menyediakan program KTA. Selanjutnya, Anda dapat memperhitung terlebih dahulu dengan pihak bank tersebut mengenai besaran cicilan yang harus Anda bayar per bulannya.

Surat dan Dokumen Persyaratan Pengajuan Kredit Kepemilikan Apartemen :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 21 tahun atau telah menikah
  3. Memiliki masa kerja atau memiliki usaha minimal selama satu tahun
  4. Copy KTP Suami/Istri.
  5. Copy Kartu keluarga (C1) dan Surat Nikah.
  6. Copy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  7. Pas foto Suami/Istri ukuran 3×4 cm.
  8. Copy SK Terakhir/Surat keterangan kerja Asli.
  9. Copy Buku Tabungan/Rekening Koran 3 bulan terakhir.
  10. Slip Gaji (asli, dengan legalitas stempel perusahaan).
  11. Surat Keterangan Penghasilan (jika dibutuhkan).
  12. Surat keterangan belum memiliki rumah (untuk pengajuan apartemen bersubsidi). Dokumen keterangan ini dilayangkan oleh kelurahan setempat.

Tahapan dan Proses Pengajuan Kredit Kepemilikan Apartemen

Secara umum, proses pengajuan KPA tidak berbeda jauh dengan KPR. Apabila Anda sudah melakukan pemesanan, tahap selanjutnya adalah melengkapi surat-surat dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Lampirkan pula fotokopi surat pemesanan apartemen, fotokopi jadwal pembayaran, fotokopi pembayaran booking fee, dan brosur (jika dibutuhkan).

Apabila sudah lengkap, jadikan seluruh dokumen diatas menjadi beberapa rangkap. Hal ini dibutuhkan untuk keperluan pengajuan kepada bank (jika diperlukan), dan sebagai arsip Anda. Kemudian, lengkapi dan isi formulir pengajuan dari bank yang Anda tuju. Usahakan Anda tidak memiliki kewajiban tunggakan atau kredit macet apapun yang tertera di SID (Sistem Informasi Debitur).

Setelah itu, bank akan melakukan survey appraisal nilai asset property. Jika akad kredit disetujui, maka siapkan biaya KPA dan administrasinya (Dilakukan di depan notaris). Selanjutnya, Anda akan diwajibkan membayar cicilan di tiap bulan sesuai lama tenor yang Anda pilih.

Besarnya Uang Muka (Down Payment/DP) Kredit Kepemilikan Apartemen.

Seberapa besar uang muka untuk KTA? Nilai uang muka KTA berkisar 10 – 15% dari harga apartemen. Perhitungan ini berlaku untuk tipe bangunan 70m2. Sedangkan di atas tipe tersebut, nilainya berkisar 30% dari harga apartemen.

Pastikan Anda telah memilih besarnya uang muka sesuai kemampuan Anda. Yang perlu di catat, semakin besar uang muka yang Anda pilih, maka cicilan bulanannya akan lebih ringan. (baca juga : tips mengumpulkan uang DP apartemen)

Seperti itulah prosedur, proses dan tahapan cara mengajukan kredit kepemilikan apartemen. Tidak sesulit yang Anda pikirkan bukan? Apalagi dengan kehadiran beragam apartemen bersubsidi saat ini. Dengan harga yang lebih terjangkau, dan proses yang mudah, memiliki apartemen bukan lagi hal yang sulit. Cek dan temukan apartemen impian Anda sekarang!

Cara-Mengajukan-Kredit-Kepemilikan-Apartemen-square

 

cara jual apartemen

About fadhil

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *