Saturday , July 15 2023
Home / Inspiration / Tips / Tips Mengumpulkan Uang DP Apartemen

Tips Mengumpulkan Uang DP Apartemen

Memiliki hunian sendiri tentunya merupakan impian semua orang. Baik rumah maupun apartemen, memiliki properti hunian yang berasal dari jerih payah sendiri pasti membawa kebahagiaan sendiri. Tapi, seperti yang Anda ketahui, harga properti semakin tahun semakin naik sehingga menyebabkan impian memiliki hunian semakin jauh.

Tips-Mengumpulkan-Uang-DP-Apartemen-square

Kebanyakan orang mampu membeli hunian secara kredit dan membayar cicilan setiap bulan. Tapi, masalah muncul ketika harus membayar DP yang jumlahnya juga tinggi, yaitu sekitar 10 sampai 30%. Jika Anda ingin membeli hunian sendiri tetapi masih berjuang untuk membayar DP, berikut ini adlaah tips untuk membantu Anda lebih cepat mengumpulkannya.

  1. Cari pemasukan tambahan
    Jika memungkinkan, cari pemasukan tambahan di luar pemasukan bulanan Anda. Cari usaha yang mengandalkan keahlian Anda, seperti memasak, menulis, dll.
  2. Menjual harta
    Harta seperti kendaraan dan perhiasan bisa dijual agar bisa memenuhi jumlah DP yang dibutuhkan. Anggaplah penjualan harta ini sebagai awal investasi jangka panjang yang lebih besar
  3. Negosiasi pembayaran DP
    Cobalah untuk mengkomunikasikan permasalahan keuangan Anda dengan menegosiasi cara membayar DP. Biasanya, jika properti masih dibangun atau belum siap huni, pengembang akan memberikan fasilitas cicilan DP kepada pembeli.
  4. Meminjam dana dari perusahaan atau koperasi
    Jika Anda adalah karyawan dari perusahaan yang memiliki fasilitas pinjaman koperasi dan Anda sudah menjadi karyawan dalam jangka waktu tertentu, maka biasanya akan ada opsi untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan atau koperasi karyawan.
  5. Mengurangi pengeluaran
    Demi investasi jangka panjang, maka Anda bisa berhemat pada kehidupan sehari-hari dengan cara mengurangi jajan di luar atau hal-hal lain yang tidak terlalu penting.

Ingin mengikuti tips seputar dunia properti lainnya? Buka Blog Rukamen

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *