Tuesday , July 18 2023
Home / News / Mencicil Rp 1,5 juta Per Bulan Bisa Memiliki Rusun di Kemayoran Ini

Mencicil Rp 1,5 juta Per Bulan Bisa Memiliki Rusun di Kemayoran Ini

Seperti yang diketahui, Presiden Jokowi sedang gencar membangun hunian harga terjangkau untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Selama ini banyak yang berpikir bahwa hunian terjangkau tersebut hanya ada di pinggiran di Jakarta, tetapi tahukah Anda bahwa sekarang ini ada hunian terjangkau yang berada di dalam kota Jakarta.

Berada di kemayoran, hunian rumah susun sederhana milik (rusunami) tersebut terdiri dari 288 unit. Rusunami ini akan dibangun oleh Perum Perumnas dan masuk ke dalam Tower A5. Di tower ini juga akan terdapa 34 unit kios.

Unit yang ditawarkan memiliki luas 27 meter persegi dengan 1 kamar tidur, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi dan dapur. Saat ini konstruksinya sudah 100% dan baru saja dipasarkan akhir minggu lalu. Satu unit hunian ditawarkan seharga Rp 259 juta dan bisa dimiliki dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau KPR Subsidi (KPR dengan DP ringan 1-5% dan bunga KPR hanya 5% selama cicilan).

Dengan adanya skema ini, masyarakat yang mengajukan hanya perlu menanggung cicilan Rp 1,5 juta/bulan dengan masa cicilan 20 tahun, atau Rp 1,8 juta/bulan untuk masa cicilan 15 tahun. Tapi perlu diketahui bahwa pembelian rusunami ini hanya diperbolehkan melalui skema KPR FLPP, tidak boleh dengan tunai. Ini karena unit tersebut ditujukan untuk MBR, dan bukan untuk spekulan.

Persyaratan untuk mengajukan FLPP adalah: maksimal pendapatan Rp 7 juta per tahun, belum pernah memiliki rumah sebelumnya, dan beberapa persyaratan ketat lainnya. Jika tidak sesuai kriteria, maka tidak bisa mengajukan KPR FLPP tersebut. Saat ini bank yang bekerja sama dengan program ini adalah Bank BTN Syariah dan Arthagraha.

Baca juga: Syarat Memperoleh dan Pengertian Rusunami atau Rusunawa

Sumber: Detik Finance

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Synthesis Residence Kemang

Pilihan Apartemen Mewah Baru di Kemang, Synthesis Residence Kemang

Bila Anda saat ini sedang mencari tahu soal hunian mewah di Kemang, apalagi yang termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *