Saturday , February 22 2020
Home / News / Menelisik Proyek Manggarai Commercial Centre yang Tak Kunjung Usai
manggarai commercial centre

Menelisik Proyek Manggarai Commercial Centre yang Tak Kunjung Usai

Menelisik Proyek Manggarai Commercial Centre yang Tak Kunjung Usai

Proyek Manggarai Commercial Centre sempat ramai terdengar di tahun 2010 silam. Proyek besutan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan ini termasuk ke dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kotamadya Jakarta Selatan saat itu.

Dengan menggandeng master planning Government Implementing Agency, Departemen Perhubungan, Direktorat Jendral Perkeretaapian, dan perusahaan konsultan arsitek ternama di Indonesia, yaitu PT Airmas Asri, proyek Manggarai Commercial Centre sudah sangat ditunggu perkembangannya oleh masyarakat ketika itu. Namun sayang, hingga saat ini proyek ini belum terdengar kabarnya lagi.

Konsep proyek Manggarai Commercial Center ini adalah ingin menjadikan Stasiun Kereta Api Commuterline Manggarai menjadi sebuah lokasi terminal terpadu penghubung antara berbagai kendaraan transportasi di pusat kota Jakarta.

Proyek Manggarai Commercial Centre dengan luas 72 hektar ini diharapkan mengandung Manggarai Retail and Space Office Complex, Terminal Terpadu Manggarai (Manggarai Integrated Terminal), Terminal Penumpang, Terminal Cargo, Gudang (Warehouse), Lokasi Check-in Maskapai Penerbangan Antar Daerah, Interchange Bus, dan Elevated Railway Track.

Manggarai, Kawasan Terintegrasi di Pusat Kota Jakarta Selatan

Sebelum menelisik lebih jauh, mari kita kenali dulu kawasan terintegrasi di pusat kota Jakarta Selatan ini terlebih dahulu.

Manggarai sendiri merupakan kelurahan yang terletak di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Kelurahan ini cukup terkenal karena terletak dekat dengan pintu air Kali Ciliwung dan salah satu Stasiun Kereta Api Commuterline terbesar di Jakarta yaitu, Stasiun Manggarai.

Selain itu, di kawasan Manggarai ini juga dapat ditemukan Pasaraya Manggarai yang merupakan cabang dari Pasaraya Grande di Blok M, Jakarta Selatan.

Kelurahan ini berbatasan dengan Kali Ciliwung di sebelah Utara, dengan Kelurahan Manggarai Selatan di sebelah Selatan, dengan Pasaraya Manggarai di sebelah Barat, dan dengan Kelurahan Bukit Duri di sebelah Timur.

Manggarai juga menjadi salah satu kawasan yang masuk ke dalam prioritas Pemkot Jakarta Selatan selain Kawasan Segitiga Emas Kuningan, Kawasan Niaga Terpadu Sudirman, Kawasan Situ Babakan, dan Kawasan Wisata Situ Mangga Bolong.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di kawasan ini terdapat salah satu Stasiun Kereta Api Commuterline terbesar di Jakarta yaitu Stasiun Manggarai. Stasiun Manggarai terletak di Manggarai, Jakarta Selatan. Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak Stasiun Jakarta Kota.

Stasiun ini memiliki 7 jalur kereta api yang melayani kereta commuterline tujuan Jakarta Kota, Bekasi Bogor, Depok, dan Jatinegara. Kereta api jarak jauh tidak berhenti di stasiun ini, kecuali jika terjadi persilangan atau penyusulan kereta api saja. Di stasiun ini juga sedang dibangun underpass seperti di Stasiun Pasar Senen untuk memudahkan penumpang yang ingin menyeberangi jalur atau peron kereta api.

Sejak pengoperasian kereta commuterline di stasiun ini, maka tidak heran jika Stasiun Manggarai menjadi semakin ramai dan padat. Jumlah penumpang yang berdatangan setiap harinya membuat perusahaan-perusahaan restoran maupun waralaba internasional membuka cabangnya di stasiun ini, seperti KFC, Roti’O, Starbucks, 7-Eleven, dan Circle K.

Pilihan Hunian dan Apartemen di Manggarai, Jakarta Selatan

Seperti yang diketahui, kawasan Manggarai memang terletak di Jakarta Selatan yang didukung dengan pertumbuhan kawasan bisnis yang cukup pesat. Hal ini pun membuat permintaan hunian tempat tinggal dan apartemen di kawasan ini cukup tinggi, terutama bagi para pekerja dan profesional yang bekerja di sekitar area ini.

Kawasan Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, SCBD, Semanggi, Senayan, hingga kawasan Kuningan dan Mega Kuningan yang padat akan hiruk pikuk bisnis memang menjadi salah satu kawasan yang menjadi incaran lokasi hunian.

Selain lokasi-lokasi tersebut, ada pula kawasan Pakuwubono, Kemang, Pejaten, Dharmawangsa, Permata Hijau, Senopati, Simprug, Pondok Indah, hingga kawasan Tebet, Casablanca, dan Manggarai yang juga bisa menjadi salah satu pilihan lokasi yang menarik untuk Anda bertempat tinggal.

Selain termasuk sebagai kawasan-kawasan elit, kawasan-kawasan tersebut juga dikelilingi oleh area pusat bisnis dan perkantoran yang paling aktif. Sehingga, pertumbuhan ekonominya pun terhitung cukup pesat.

Dengan permintaan yang tinggi, serta tuntutan gaya hidup modern yang didambakan masyarakat urban Jakarta, hunian apartemen di Jakarta Selatan seolah menjadi primadona pilihan tempat tinggal yang tepat.

Miliki segera hunian di kawasan area bisnis terbesar di Jakarta. Dengan berbagai fasilitas mal dan pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, hingga fasilitas unggulan lainnya, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menjadikan apartemen di Jakarta Selatan sebagai list pilihan tempat tinggal prestisius dan menarik untuk Anda.

manggarai commercial centre

About fadhil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *