Friday , February 21 2020
Home / Inspiration / Tips / Menghilangkan Bau Masakan di Dapur Tanpa Jendela

Menghilangkan Bau Masakan di Dapur Tanpa Jendela

Di artikel sebelumnya, kami menjelaskan cara Menghilangkan Bau Masakan di Apartementetapi tidak semua dapur di apartemen memiliki jendela. Sirkulasi udara yang kurang baik inilah yang menyebabkan bau tidak sedap menempel dan menyebar ke seluruh penjuru ruangan apartemen.

Menurut penelitian World Health Organization, terdapat sedikitnya tiga zat berbahaya yang dihasilkan oleh asap masakan, yaitu karbon monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2), dan Sulfur Dioksida (SO2). Zar-zat ini bisa mengikat oksigen dari hemoglobin, sehingga pasokan oksigen berkurang dan menyebabkan penurunan fungsi saraf pusat, perubahan fungsi jantung, paru-paru, mengantuk, koma, sesak nafas, hingga kematian.

Idealnya, dapur harus memiliki ventilasi atau jendela yang bisa membantu perputaran udara dari dan ke luar ruangan. Tapi, jika apartemen Anda tidak memiliki jendela, berikut ini adalah  cara menghilangkan bau masakan di apartemen.

  1. Pasang kipas exhaust
    Jangan kuatir jika dapur Anda tidak memiliki jendela, karena masih ada cara lain untuk memperbaiki perputaran udaranya, yaitu dengan cara memasang kipas exhaust. Kipas ini berfungsi untuk menyedot udara dari dalam ruangan dan membawanya keluar, sebelum sempat berputar ke dalam area apartemen lainnya. Nyalakan kipas exhaust setiap kali Anda sedang masak, dan diamkan selama beberapa saat bahkan setelah Anda selesai memasak. Jangan lupa untuk melengkapi kompor Anda dengan cooker hood yang dipasang di atas kompor agar bisa menyerap asap dengan lebih maksimal
  2. Gunakan alat penyaring udara portable
    Jika Anda merasa bahwa memasang kipas exhaust terlalu memakan tenaga dan uang, maka Anda bisa menggunakan alat penyaring udara (HEPA) yang bisa dibawa-bawa. Nyalakan penyaring udara saat memasak dan sesaat setelah selesai memasak.
  3. Gunakan kipas angin
    Kipas angin dapat membantu ‘mengusir’ asap yang melewati setiap ruangan di apartemen. Agar lebih maksimal, Buka pintu utama apartemen dengan lebar setiap kali Anda memasak.
  4. Rajin-rajin membersihkan lemari dapur
    Tahukah Anda bahwa asap yang berada di dalam apartemen lama-lama akan menempel di perabotan? Hal ini terjadi terutama pada lemari-lemari dapur yang paling terkena asap masakan. Karena itulah, sering-seringlah membersihkan area lemari, terutama di atas kompor. Lap setiap lemari dengan air cuka yang disemprotkan agar menghilangkan bau asap dan minyak yang menempel.
  5. Gunakan cat tembok dinding dapur yang mudah dibersihkan
    Asap masakan dan minyak masakan biasanya menempel di tembok. Gunakan dindin dengan permukaan dinding semi gloss karena biasanya memiliki pori yang sedikit, sehingga partikel asap tidak mudah menempel dan lebih mudah dibersihkan dengan air. Cara lain adalah dengan menggunakan cat dengan kode “scrubbable” atau bisa digosok dengan larutan air yang dicampur dengan sabun atau larutan deterjen.

Menghilangkan-Bau-Masakan-di-Dapur-Tanpa-Jendela-Square

Baca artikel seputar apartemen lainnya di Blog Rukamen

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Desain Interior Apartemen Studio

10 Desain Interior Apartemen Studio Minimalis

Punya apartemen studio? Apartemen jenis ini memang memiliki banyak daya tarik pada peminat unit hunian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *