Friday , August 23 2019
Home / Inspiration / Rekomendasi Buku Bacaan Saat Mudik Panjang
Rekomendasi Buku Bacaan
Rekomendasi Buku Bacaan

Rekomendasi Buku Bacaan Saat Mudik Panjang

Apakah Anda adalah salah satu dari ribuan orang yang mudik ke kampung halaman saat Lebaran tahun ini? Ada satu barang esensial yang mungkin bisa menjadi teman perjalanan Anda selain gadget atau permainan yang Anda simpan untuk dimainkan di tengah-tengah perjalanan, yaitu buku. Apa saja rekomendasi buku bacaan saat mudik panjang yang bisa mengusir kebosanan Anda? Artikel ini akan menjabarkan beberapa buku dalam beragam genre dan bentuk secara umum, yang tentunya bisa Anda pilih sesuai selera dan kesukaan.

 

Resign! oleh Almira Bastari

Novel young adult bertema dunia perkantoran ini bermula dari platform Wattpad, sebuah layanan website dan aplikasi ponsel yang ditargetkan kepada siapapun yang ingin menulis cerita dengan bebas di dunia online. Dengan alur sederhana dan gaya penceritaan yang jenaka, rekomendasi buku bacaan ini termasuk jajaran bestseller di tahun 2018 dan telah dicetak ulang berulang kali.

Novel ini mengisahkan tentang kompetisi sengit yang terjadi di sebuah kantor konsultan di Jakarta. Pesertanya adalah para cungpret, alias kacung kampret. Yang mereka incar bukanlah penghargaan pegawai terbaik, jabatan tertinggi, atau bonus terbesar, melainkan memenangkan taruhan untuk segera resign!

 

Negeri 5 Menara oleh Ahmad Fuadi

Diterbitkan pada tahun 2009, novel roman ini bercerita tentang Alif Fikri Chaniago dari Maninjau beserta 5 teman santrinya yang menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur yang jauh dari rumah tetapi tetap berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia. Masuk dalam jajaran karya fiksi terbaik tahun 2009, novel ini telah diangkat ke layar lebar dengan judul sama di tahun 2012, serta dipublikasikan ke dalam bahasa Melayu oleh salah satu penerbit di Negeri Jiran Malaysia, yaitu PTS Litera.

Bila Anda menginginkan bacaan mendalam dengan kehadiran tokoh-tokoh menggugah jiwa, novel ini tentunya bisa dijadikan pilihan rekomendasi buku bacaan saat mudik.

 

Rekomendasi Buku Bacaan

Source: FlickR

 

Garis Waktu oleh Fiersa Besari

Diikuti tagline “Sebuah Perjalanan Menghapus Luka”, novel romansa ini adalah karya kedua penulis yang masih berada di panggung bestseller sejak diterbitkannya pada tahun 2006. Novel ini berisikan kumpulan cerita yang saling berkaitan dan merupakan memoar hati yang dirangkai indah, lengkap dengan rima yang menarik oleh si penulis yang juga seorang penyanyi. Dibuat seakan-akan bermonolog, kisah di dalamnya memiliki daya tarik tersendiri untuk terus mengaduk perasaan pembaca. Bila Anda pencinta kalimat-kalimat puitis, novel ini tentunya adalah rekomendasi buku bacaan terbaik untuk Anda.

 

Putih: Girl in the Dark oleh Itsfiyawn

Jika Anda penyuka horor, Anda bisa memasukkan novel yang satu ini ke daftar bacaan saat mudik. Diterbitkan pada tahun 2016, novel yang diterbitkan berkat kesuksesannya di Wattpad ini mengisahkan berawalnya konflik dari gagalnya sebuah acara sekolah hingga kejadian tragis yang menewaskan beberapa murid di SMA Cakrawala. Rangkaian pembunuhan yang terjadi berturut-turut begitu mengenaskan dan tidak bisa dijelaskan. Sebuah misteri paling rahasia yang dibungkam paksa oleh pihak sekolah adalah sebab dari semuanya. Pertanyaannya: siapakah yang bisa disalahkan? Apakah nyawa yang telah dicabut paksa tersebut berhak mendapatkannya?

 

Kill Me if You Can oleh James Patterson and Marshall Karp

Sebagai novel karangan penulis luar Indonesia di dalam daftar ini, Anda bisa membaca versi terjemahannya di toko-toko buku terdekat. Novel misteri ini mengisahkan tentang Matthew Bannon, mahasiswa jurusan seni yang miskin di kota metropolitan New York City, yang secara tidak sengaja menemukan tas penuh dengan bongkahan berlian di salah satu stasiun bawah tanah. Kebahagiaannya untuk menggunakan hasil penjualan si berlian bersama kekasihnya pupus ketika ia menyadari bahwa ada orang-orang yang ingin membunuhnya demi mendapatkan kembali berlian-berlian tersebut.

Jika Anda penggemar narasi aksi dengan bumbu thriller dan akhir yang tidak diduga-duga, masukkanlah novel ini ke dalam rekomendasi buku bacaan Anda saat mudik nanti!

Source (texts and photos): Goodreads, Gramedia, BukuKita

 

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *