Monday , November 19 2018
Home / News / Info / Tidak Perlu Bingung Lagi! Inilah Perbedaan Apartemen dan Kondominium
Perbedaan Apartemen dan Kondominium
Perbedaan Apartemen dan Kondominium

Tidak Perlu Bingung Lagi! Inilah Perbedaan Apartemen dan Kondominium

Ketika mencari tempat tinggal atau investasi properti baru, Anda mungkin menemukan pilihan kondominium dan apartemen dan bertanya-tanya, “Apa perbedaan apartemen dan kondominium?” Di manapun Anda berada, pasti Anda akan selalu mempratinjau hal yang sama, mulai dari harga, ukuran, fasilitas, kebijakan pengembang, lokasi dan lain-lain.

Ada beberapa perbedaan utama tentang bagaimana kondominium dan apartemen beroperasi, dan mengetahui perbedaannya akan memengaruhi tata penempatan tinggal dan gaya hidup Anda dari hari ke hari. Apa sajakah itu?

 

Kepemilikan

Perbedaan apartemen dan kondominium berikutnya adalah terkait Kepemilikan. Kompleks apartemen biasanya memiliki satu pemilik. Setiap penghuni pada dasarnya memiliki sewa dan aturan yang sama berlaku di seluruh gedung. Ini biasanya membuat perselisihan lebih mudah ditangani karena setiap orang memegang aturan yang sama, dan manajer properti memiliki wewenang untuk menyelesaikan setiap perselisihan.

Sementara jika di kondominium, setiap kondominium tertentu biasanya memiliki pemilik yang berbeda. Ini memberi Anda lebih banyak kebebasan, karena tidak semua orang harus memegang semua aturan yang sama, dan Anda dapat melihat-lihat opsi lain sampai Anda menemukan pemilik yang bersedia menyewakan kepada Anda. Namun, biasanya ada Asosiasi Pemilik Rumah yang mengharuskan setiap penduduk membayar biaya bulanan, dan Anda sebagai pemilik kondominium bahkan bisa menjual atau menyewakan unit kepada pihak lain. Meski demikian, kini perbedaan kedua jenis hunian ini dari segi kepemilikan semakin rancu karena saat ini sudah banyak apartemen yang bisa dimiliki.

Baca juga: Kenalilah Jenis-jenis Sertifikat Apartemen dan Properti Berikut!

 

Perbedaan Apartemen dan Kondominium

Copyright © Rukamen

 

Perawatan atau Pemeliharaan (Maintenance)

Perbedaan apartemen dan kondominium berikutnya adalah terkait Perawatan atau Pemeliharaan (Maintenance). Kompleks apartemen biasanya akan memiliki staf sendiri untuk menangani pemeliharaan. Banyak yang sudah menyediakan pemeliharaan 24 jam, jika seandainya AC rusak atau Anda mengalami kebocoran air. Ini adalah keuntungan besar dari kehidupan apartemen. Jika ada yang rusak, selama Anda memberi tahu manajemen bangunan, masalahnya teratasi dengan cepat. Jika Anda memberi izin, tim pemeliharaan bahkan dapat memperbaiki masalah saat Anda sedang bekerja di luar.

Sementara itu, jika ada sesuatu yang rusak di kondominium sewaan Anda, Anda harus menghubungi pemiliknya secara langsung. Jika pemiliknya tidak bisa membantu banyak, kemungkinan dia harus menghubungi vendor dari luar. Maka Anda harus pulang ketika vendor tiba untuk melakukan pekerjaan sehingga ada penjadwalan di awal dulu.

Baca juga: Cara Memilih Apartemen yang Tepat

 

Manajemen

Umumnya bangunan apartemen dikelola oleh perusahaan profesional, yang menawarkan ketenangan pikiran kepada penyewa bahwa masalah apapun akan ditangani secara tepat waktu dan profesional. Staf yang berdedikasi juga biasanya direkrut berdasarkan pengalaman yang lebih profesional dengan bangunan apartemen sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Kondominium, di sisi lain, biasanya dikelola oleh individu yang memiliki kondominium. Jika pemilik kondominium tinggal di luar kota atau tidak ada di tempat, mungkin akan lebih sulit untuk menjangkau mereka ketika masalah yang memerlukan maintenance muncul. Namun sudah banyak penyewaan kondominium yang dikelola secara profesional, jadi pintar-pintarlah mencari pengembang kondominium yang mungkin memiliki kelebihan ini.

 

Itulah perbedaan apartemen dan kondominium untuk informasi Anda jika seandainya masih bingung bagaimana membedakan dua jenis hunian ini. Jika Anda telah yakin mengenai tipe properti apa yang akan Anda miliki dan ingin memulai investasi dengan cara menjual atau menyewakannya, gunakanlah jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *