Tuesday , December 18 2018
Home / Guide / Tiga Peraturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek Mulai Berlaku Hari Ini

Tiga Peraturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek Mulai Berlaku Hari Ini

Mulai hari ini tanggal 12 Maret 2018 telah berlaku tiga peraturan baru di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Peraturan pertama adalah pengaturan jam operasional angkutan barang (golongan III, IV dan V) yang berlaku hari Senin hingga Jumat pada pukul 6.00 hingga 9.00 WIB, kecuali pada hari libur nasional.

Kedua adalah pemberlakuan lajur khusus bus di Tol Jakarta-Cikampek ruas Bekasi Timur-Jakarta dan pengoperasian Bus Transjabodetabek Premium setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 6.00 hingga 9.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

Yang ketiga adalah pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil0genap di akses gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta yang berlaku Senin hingga Jumat pada pukul 6.00 hingga 9.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

Peraturan jam operasional angkutan barang

Pengendara angkutan barang golongan III, IV, dan V yang akan melewati ruas tol Jakarta-Cikampek dilarang untuk masuk ke dalam jalan tol pada jam 6.00 hingga 9.00. Kendaraan yang masih ada di dalam jalan tol pada jam tersebut akan diminta untuk keluar tol di exit terdekat. Kendaraan berat yang akan masuk ke jalan tol diminta untuk menunggu di rest area.

Peraturan ganjil-genap

Peraturan ini berlaku di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Pengendara mobil berpelat nomor genap bisa masuk di pintu tol tersebut pada tanggal genap, sedangkan pelat ganjil di tanggal ganjil.

Kebijakan ini berlaku pada hari Senin hingga Jumat, pada pukul 6 pagi hingga 9 pagi. Tapi, kebijakan ini tidak berlaku pada hari libur nasional. Analisa yang ada, lalu lintas di Bekasi Barat dan Bekasi Timur jumlahnya 8.000.

Target kebijakan ini adalah mobil pribadi (mobil golongan I) dan mobil angkutan barang (gologan II).Dari sekitar 560.000 kendaraan yang melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, 70% di ataranya diperkirakan merupakan Golongan I. Dengan kebijakan ini, paling tidak 25% atau sekitar 20.000 kendaraan akan berkurang.

Tapi, kendaraan pribadi yang ingin mengakses tol Jakarta-Cikampek tetapi tidak sesuai dengan peraturan tersebut masuk bisa lewat. Mereka bisa masuk melalui gerbang tol lain selain Bekasi Timur dan Bekasi Barat, diantaranya Tambun atau Pondok Gede.

Bus Premium TransJakarta

Pemerintah juga sedang mempersiapkan bus premium di ruas tol Jakarta-Cikampek. Bus tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas listirk, WiFi, AC, dan tempat duduk nyaman. Targetnya akan terdapat 60 bus yang akan mengubah masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi bus kota. Saat ini baru tersedia 40 bus.

Bus premium tersebut melewati jalur khusus untuk mempercepat jarak tempuh pekerja kantoran yang rumahnya di sekitar Jakarta. Kebijakan ini untuk meminimalisir kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek karena ada beberapa proyek yang sedang dikerjakan sekaligus, yaitu LRT, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated, dan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.

Penumpang bus ini akan dikenakan tarif Rp 20.000 untuk sekali naik. Selain itu, masyarakat juga disediakan area parkir untuk menampung kendaraan pribadi mereka di Mega City Bekasi dan Grand Dhika Bekasi Timur dengan tarif flat Rp 10.000 per hari.

Tujuan diberlakukannya peraturan-peraturan tersebut

Dengan distribusi tersebut, diharapkan kecepatan bisa diatur dengan baik sehingga Volume and Capacity Ratio (VC Ratio) bisa ditekan hingga 0,7 atau bahkan 0,6. Saat ini, VC Ratio di tol Jakarta-Cikampek sudah mencapai 1.

 

Perlu diketahui, bahwa mobil yang tidak mengikuti kebijakan ganjil-genap ini akan diminta untuk putar balik di dalam tol di putaran selanjutnya yang sudah disiapkan petugas di lapangan.

Berikut ini adalah keadaan hari pertama pemberlakuan sistem ganjil-genap di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Perlu diketahui bahwa belum ada pemberlakuan tilang pada kendaraan yang melewati jalan ini hari ini, pengendara hanya diminta untuk memutar balik.

Baca juga: Ini Peraturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek Mulai 12 Maret

Sumber: Detik dan Kompas
Sumber Foto: Detik

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Evaluasi Kebijakan Ganjil-Genap di Tol Jagorawi dan Tol Tangerang

Setelah seminggu berjalan kebijakan ganjil-genap di ruas jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tangerang, maka PT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *