Friday , May 29 2020
Home / Guide / Tips dalam Memilih Apartemen yang Belum Dibangun

Tips dalam Memilih Apartemen yang Belum Dibangun

Saat ini, salah satu tren investasi properti yang sedang digemari masyarakat di seluruh dunia adalah dengan memilih apartemen yang belum dibangun. Kelak, setelah apartemen tersebut jadi, Anda akan menjadi orang pertama yang merasakan pengalaman tempat tinggal di sana, atau Anda tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan dana untuk membeli unit di gedung apartemen tersebut karena Anda telah membelinya jauh-jauh hari.

Tetapi, bagi sebagian orang, membeli suatu hunian yang belum dibangun memang harus sedikit berhati-hati karena bentuk fisiknya yang tidak terlihat jika dibandingkan dengan apartemen yang sudah dihuni. Selain melihat faktor lokasi, fasilitas, legalitas dan kualitas bangunan, berikut ini tips memilih apartemen yang belum dibangun menurut Associate Director, Head of Residential Services PT Jones Lang LaSalle, Deden Sudarbom dan Asisten Direktur PT Summarecon Agung Tbk., Herman Nagaria.

 

Lihat reputasi developer
Cari tahu reputasi developer dengan cara melihat gedung-gedung yang pernah mereka bangun. Lakukan survei lokasi, dan lihat apakah gedung-gedung tersebut dihuni dan dirawat dengan baik atau tidak oleh manajemen pengembang. Jika gedungnya ramai dan terawatt baik, biasanya gedung baru yang akan dibangun juga akan seperti itu. Hal ini dikarenakan keinginan pengembang yang tetap menjaga reputasi dan profesionalisme mereka.

 

Bandingkan benefit yang ditawarkan dengan apartemen lain
Tips memilih apartemen yang belum dibangun berikutnya adalah masih sama dengan sebelumnya, yakni melakukan survei. Kali ini, lakukan survei juga ke beberapa gedung apartemen pengembang lain dan bandingkan kedua gedung tersebut dari sisi kualitas bangunan, pilihan material, desain interior, desain eksterior, perabot, aksesoris, dan fasilitas. Pilihlah gedung dengan fasilitas paling lengkap, kualitas material dan desain yang terbaik di kelasnya karena hal ini memiliki potensi yang paling tinggi untuk dihuni. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa fasilitas yang disediakan sepadan dengan jumlah unit dan menara di gedung apartemen. Selain fasilitas di dalam apartemen, fasilitas di luar apartemen juga harus dipertimbangkan. Semakin lengkap fasilitas di sekitar apartemen (kantor, pusat belanja, rumah sakit, sekolah, olahraga, tempat hiburan, dan lain-lain), semakin besar kemungkinan apartemen dihuni.

 

Perhatikan jumlah menara dan unit apartemen
Jika menara dan jumlah unit di setiap lantai berjumlah banyak, berukuran kecil, dan banyak orang yang membeli lebih dari satu unit, kemungkinan besar apartemen tersebut dibeli oleh investor, bukan end user. Jika ada banyak apartemen yang dijual lagi sebelum gedung rampung, yang membeli kemungkinan adalah spekulan.

 

Tips Memilih Apartemen yang Belum Dibangun

Tips-Memilih-Apartemen-Yang-Belum-Dibangun-square

Baca juga: Pertama Kali Membeli Apartemen? Perhatikan Hal-Hal Berikut

 

Teliti status gedung mixed-use
Tips memilih apartemen yang belum dibangun berikutnya adalah dengan meneliti status gedungnya, apalagi jika itu mixed-use. Jika gedung apartemen yang Anda tertarik adalah gedung mixed-use, pastikan apakah gedung apartemen tersebut berdiri di atas mall atau terpisah. Jika terletak di atas mall, pastikan pembagian hak bersama (common property) sudah jelas. Jika tidak ada pemisah antara mall dan apartemen, kemungkinan jumlah orang yang menghuni gedung juga lebih kecil karena privasinya yang terganggu.

 

Usahakan membeli apartemen yang disukai ekspatriat
Sebagai informasi, umumnya, ekspatriat Barat menginginkan apartemen dengan fasilitas, standar bangunan, dan pengelolaan kualitas tinggi dengan jumlah unit sedikit, tidak menyatu dengan mall, tenang, bersih dan jauh dari asap makanan. Ekspatriat yang sudah berkeluarga biasanya menyukai apartemen dua atau tiga kamar tidur yang dekat dengan sekolah dan rumah sakit, serta memiliki kemudahan aksesnya ke gedung perkantoran. Bagi ekspatriat yang masih lajang biasanya menyukai unit satu kamar yang dekat dengan perkantoran dan pusat hiburan. Untuk ekspatriat Korea, Jepang, Taiwan, mereka lebih fleksibel memilih apartemen yang menyatu dengan mall, bioskop, bar, karaoke, dan restoran.

 

Itulah tips memilih apartemen yang belum dibangun untuk informasi Anda sebagai calon pembeli apartemen baru. Jika Anda berpikir untuk menjadikan apartemen yang akan Anda miliki itu sebagai ladang investasi di kemudian hari, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

Baca juga: Inilah 5 Apartemen di Jakarta Selatan yang Berlokasi di Kuningan

 

Sumber: Housing Estate

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *