Friday , July 3 2020
Home / Inspiration / Tips / Tips Rumah Aman Untuk Anak Yang Wajib Diketahui

Tips Rumah Aman Untuk Anak Yang Wajib Diketahui

Tips Rumah Aman Untuk Anak – Tahukah Anda bahwa penataan furniture rumah yang terdapat anak dan tidak harus dibedakan? Ketika Anda sudah memiliki anak kecil, maka rumah Anda harus dipastikan sudah aman untuk anak-anak Anda. Prioritas Anda sudah bukan lagi selera pribadi Anda, tetapi tentu saja segi keamanannya. Berikut ini tips menjadikan rumah aman untuk anak dan nyaman :

tips rumah aman untuk anak

Tips Rumah Aman Untuk Anak

  1. Stop kontak dalam posisi tersembunyi
    Anak biasanya memiliki rasa penasaran tinggi sehingga akan menjelajahi seluruh sudut rumah. Pastikan seluruh stop kontak rumah jauh dari jangkauan Anda. Caranya adalah dengan menyembunyikannya di balik sofa, tempat tidur, meja, dll. Atau, Anda bisa juga membeli bungkus atau tutupan stop kontak yang banyak di luar agar anak Anda tetap terlindungi.
  2. Pilih perabotan ‘ramah’
    Selain mempercantik rumah, cari perabotan dengan kualitas dan material aman bagi anak kecil. Pilihlah kursi makanan yang kokoh dan tidak mudah jatuh karena anak kecil suka memainkan dan mendorong-dorong benda-benda sekitarnya, atau tidak jatuh menimpanya. Anak yang baru belajar berjalan juga akan meraih segala benda di dekatnya untuk menopang tubuhnya berdiri. Karena itu pastikan perabotan tersebut sudah aman untuk anak. Pilih bahan-bahan yang tidak licin agar tidak jatuh.
  3. Sembunyikan bahan kimia beracun dan obat-obatan
    Obat nyamuk, pembersih lantai, deterjen, serta obat-obat keras beresiko fatal jika tertelan. Banyak benda-benda tersebut yang menggunakan tampilan dan warna-warni yang menarik anak kecil sehingga membuat anak penasaran. Simpan barang-barang ini yang jauh dari jangkauan anak.
  4. Simpan barang pecah-belah
    Jangan meletakkan barang pecah-belah, seperti piring, guci, vas bunga, dll yang bisa dijangkau anak. Simpan semua barang pecah-belah di dalam lemari. atau gudang.
  5. Simpan benda-benda tajam
    Dapur adalah ruangan yang paling harus dipastikan keamanannya. Alat-alat masak dan peralatan makan yang tajam baiknya diletakkan di laci paling atas yang tidak bisa dijangkau anak. Sediakan peralatan makan anak dengan bahan plastik yang aman digunakan.
  6. Amankan semua sudut-sudut tajam
    Jika anak Anda sudah mulai berjalan, maka pastikan semua sudut-sudut tajam di meja, laci, dan perabotan lainnya yang beresiko melukai anak Anda sudah diamankan.
  7. Hindari pajangan berukuran kecil
    Anak kecil di bawah tiga tahun senang memasukkan semua barang ke dalam mulutnya. Barang-barang dan pajangan ukuran kecil beresiko tertelan anak, jadi simpan semua pajangan dan hiasan ukuran kecil agar tidak melukai.
  8. Letakkan pagar di tangga
    Jika rumah Anda bertingkat, maka amankan tangga sisi atas dan bawah dengan pagar khusus. Ini agar tidak merangkak ke bawah dan beresiko jatuh.
  9. Kunci pintu keluar
    Selalu kunci pintu keluar dan cabut kunci dari lobangnya agar tidak berlari sembarangan ke luar rumah dan beresiko ditabrak mobil atau diculik. Anda juga akan lebih tenang karena tidak sembarang orang asing bisa masuk ke dalam rumah. Jika Anda tinggal di apartemen, pastikan pintu balkon selalu terkunci dan kunci juga dicabut dari lobangnya.

Baca juga: Pekerjaan Rumah Yang Tepat Sesuai Umur Anak

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *