Thursday , April 19 2018
Home / Guide / Tren Desain Rumah Yang Disukai Kaum Milenial

Tren Desain Rumah Yang Disukai Kaum Milenial

Sekarang ini generasi milenial adalah generasi yang paling menentukan tren-tren di dunia, termasuk tren desain interior. Di Amerika Serikat sendiri, milenial jumlahnya hingga 83,1 juta. Jika dilihat dari tren nya, desain rumah saat ini semuanya fleksibel, berkelanjutan, minimalis, dan menggunakan interior-interior alami.

Karena semakin banyak dari milenial yang mulai memiliki rumah, bukan hal aneh jika kesukaan-kesukaan mereka juga mulai mempengaruhi desain rumah. Beberapa tren desain rumah yang memikat generasi ini di antaranya adalah semuanya yang berbau hijau, rumah mungil, dan tren perabotan multifungsi.

Berikut ini adalah beberapa tren desain rumah yang disukai kaum milenial:

  1. Urban dan berorientasi pada ukuran

    Milenial memang sedang mengantri untuk membeli rumah-rumah di tepi kota yang luas. Mereka lebih memikirkan tentang penggunaan energi yang hemat, efisien, dan murah. Mereka juga memprioritaskan rumah-rumah yang dekat dengan kegiatan sosial, jaringan profesional, dan keperluan-keperluan kota yang artinya beberapa dari mereka juga memilih tinggal di perkotaan. Walaupun mereka memutuskan untuk tinggal di hunian kecil, bukan berarti mereka akan tinggal berdesakan.

  2. Rancangan terbuka

    Rancangan lantai terbuka dan efisien lebih dipilih oleh kaum milenial. Artinya, milenial tidak memerlukan koridor-koridor. Walaupun dapur luas masih menjadi prioritas, tapi milenial ingin agar dapur tersebut menjadi satu dengan ruangan-ruangan lain. Karena itulah, setengah dari kaum milenial suka dengan dapur mewah dan dengan furnitur santai yang multifungsi. Contohnya adalah sofa yang bisa juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

  3. Simpel dan licin

    Generasi baby boomer lebih memilih dekorasi rustik dan menggunakan banyak aksesoris. Tapi, kaum milenial lebih suka fungsionalitas dan desain minimalistis untuk mendapatkan rumah yang rapi dan bebas berantakan. Tapi, bukan berarti mereka tidak menyukai desain rustic dan tidak menggunakan material yang alami. Mereka tetap menggunakannya tetapi dengan jumlah terbatas. Salah satu alasannya adalah karena ruang yang digunakan lebih kecil dan karena penggunaan teknologi berarti aksesoris yang biasanya terlihat di rumah bisa dijangkau di telapak tangan.

  4. Material dan fitur-fitur alami

    Generai milenial lebih banyak menggunakan warna-warna alami di rumahnya seperti kayu yang diminta kembali, palet warna alami, dan pintu-pintu lumbung. Desain Skandinavia juga banyak digunakan, seperti membawa lingkungan luar ke dalam.

  5. Kembalinya tren keramik

    Salah satu perubahan yang banyak teridentifikasi dalam dekorasi interior milenial adalah penggunaan keramik. Keramik-keramik subway (seperti yang banyak terlihat di stasiun kereta api) banyak terlihat, di lantai maupun di tembok. Karena milenial menempati rumah-rumah yang lebih kecil, maka mereka lebih banyak menghabiskan uang untuk desain dapur dan kamar mandi yang mewah. Lantainya biasanya menggunakan batu-batu alam atau motif kayu, dan tembok dapur menggunakan bahan-bahan yang tidak memerlukan banyak perawatan.

  6. Peralatan dapur yang mewah

    Karena banyaknya restoran dengan konsep dapur terbuka, banyak dari generasi milenial yang mengumpulkan peralatan dapur mewah. Mereka juga sekarang ini lebih banyak berhemat dan memasak sendiri di rumah ketimbang makan di restoran.

  7. Material gedung yang hijau

    Milenial lebih memilih material yang ramah lingkungan, seperti cat tembok yang bebas racun, lampu-lampu hemat energi, dll. Penelitian menunjukkan bahwa pemilik rumah sekarang ini menghemat hampir $501 per tahunnya dengan fitur-fitur rumah yang ramah lingkungan.

  8. Perawatannya tidak mahal

    Karena lebih memikirkan waktu, energi, dan biaya, maka milenial lebih memilih desain-desain yang murah, biaya perawatan yang tidak mahal, dan tidak memerlukan perawatan yang sulit.

  9. Teknologi pintar

    Milenial lebih menyukai rumah pintar ketimbang hal-hal lainnya di rumahnya. Mereka menyukai peralatan-peralatan rumah yang terintegrasi dengan Wi-Fi sehingga semuanya bisa dikontrol di satu perangkat saja. Selain itu mereka juga memerlukan banyak saklar dan tempat charge perangkat di seluruh bagian rumah.

  10. Kesinambungan

    Generasi ini merupakan generasi yang paling peduli dengan kesinambungan dibanding generasi-generasi lainnya. Mereka selalu berusaha mencari energi yang bisa diperbaharui dalam segala hal, termasuk itu di dalam rumah, apartemen, sumber-sumber energi, dan bisnis-bisnis juga menggunakan material yang hijau. Hampir setengah dari milenial menggunakan panel matahari di rumahnya dan banyak yang berusaha untuk menanam makanan mereka sendiri.

Baca juga: Inilah Rumah Idaman Generasi Millenial

Sumber: Inhabitat

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Apartemen di Paris Dengan Solusi Rumah Mungil Yang Kreatif

Apartemen di Paris, Perancis yang dihuni oleh keluarga sebanyak empat orang ini dirancang oleh desainer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *