Friday , July 14 2023
Home / News / Infrastruktur / LRT Dipastikan Beroperasi Tahun 2019

LRT Dipastikan Beroperasi Tahun 2019

Saat ini sedang dikerjakan proyek light rail transit (LRT) yang mengintegrasikan kawasan Jakarta dengan sekitarnya (Jabodetabek). Pembangunan LRT ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2019. Dikerjakan oleh perusahaan BUMN konstruksi, PT Adhi Karya Tbk., pembangunan ini akan melalui beberapa tahap, dimana tahap pertama adalah rute Cawang-Cibubur (14,3 km), tahap kedua Cawang-Bekasi Timur (18,3 km), dan tahap terakhir Cawang-Dukuh Atas (10,5 km).

Pihak Adhi Karya juga mengatakan bahwa pelaksanaan proyek ini sesuai jadwal. Menurutnya, Adhi Karya hanya sebagai pelaksana pembangunan prasarana kereta dan mengintegrasikan dengan moda transportasi lain seperti Trans Jakarta, KRL commuter, MRT, dan bandara. Pengelola dan teknis lainnya akan ditangani langsung oleh Kementrian Perhubungan.

Integrasi ini untuk mengembangkan keterhubungan antara kawasan di Jabodetabek untuk mengurangi kemacetan secara signifikan. Waktu dan biaya proyek cukup efisien karena dibangun di pinggir jalan tol dan jalan protokol yang merupakan tanah negara, sehingga tidak memerlukan pembebasan lahan yang kerap menjadi kendala proyek infrastruktur.

Titik pertemuan (hub) akan ada di Cawang (Jakarta Timur) dan bagi koridor paling timur di Bekasi yang ingin menuju Jl. Jenderal Sudirman Jakarta akan lebih mudah  menggunakan LRT sampai Stasiun Dukuh Atas. Begitu juga jalur selatan, Depok dan Bogor, pengguna LRT hanya perlu berpindah-pindah moda.

Baca juga: LRT Akan Mulai Dibangun Saat HUT Jakarta Nanti

Sumber: Housing Estate

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Synthesis Residence Kemang

Pilihan Apartemen Mewah Baru di Kemang, Synthesis Residence Kemang

Bila Anda saat ini sedang mencari tahu soal hunian mewah di Kemang, apalagi yang termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *