Tuesday , July 16 2019
Home / News / Kenapa Apartemen Cosmo Park Bisa Viral?
Apartemen Cosmo Park
Apartemen Cosmo Park

Kenapa Apartemen Cosmo Park Bisa Viral?

Seminggu sudah berlalu setelah sebuah tweet viral dari pengguna Twitter berkebangsaan Malaysia mengungkit tentang sebuah perumahan di atas mall Thamrin City, Apartemen Cosmo Park. Berikut screenshot dari tweet tersebut untuk menyegarkan pikiran Anda.

 

Foto tersebut diunggah oleh akun @shahrirbahar1 dengan keterangan “Good morning Jakarta. Macam mana lah diorang terfikir nak develop taman perumahan atas bangunan?“.

Kompleks Apartemen Cosmo Park berdiri dengan rapi dan dilengkapi berbagai fasilitas, seperti jalan, kolam renang, dan taman. Apa Anda pernah mendengar perumahan ini?

 

Cosmo Park

Cosmo Park adalah perumahan di atas mall yang berlokasi di salah satu jalur sentra bisnis terpadu Jakarta, Sudirman dan Thamrin. Lokasi ini berada dalam Segitiga Emas Jakarta yang membentang dari Jakarta Pusat ke Jakarta Selatan. Sebagian besar bisnis, keuangan, dan perusahaan diplomatik terletak di daerah ini, yang juga membentuk pusat kota. Daerah ini adalah CBD utama Jakarta, tempat sebagian besar gedung pencakar langit tertinggi berada. Daerah ini dibatasi oleh jalan utama Jakarta, Thamrin Avenue-Sudirman Boulevard (Utara-Barat Daya), Avenue Rasuna Said (Utara-Tenggara), dan Gatot Subroto Avenue (Timur-Barat).

Oleh karena itu, Apartemen Cosmo Park dekat dengan beragam kantor kedutaan, Bundaran Hotel Indonesia serta berjarak sangat dekat dengan pusat perbelanjaan (Plaza Indonesia dan Grand Indonesia). Apartemen ini dikelilingi oleh berbagai macam restoran, ATM, perbankan serta dekat dengan halte Trans Jakarta dan stasiun commuter line. Apartemen ini tentunya terhubung dengan ITC Thamrin City yang dilengkapi dengan Hypermart, restoran, food court, dan butik.

Apartemen Cosmo Park sebagai perumahan di atas mall ITC Thamrin City tentunya akan mempermudah Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Thamrin City atau Thamrin City Mall merupakan pusat perbelanjaan besar yang berada di Jakarta Pusat. Thamrin City sendiri merupakan super blok yang sudah dilengkapi dengan 9 tower Apartment, Town house, Hotel amaris, Perkantoran (PBTC), dan Exhibition Hall yang berada di pusat Jakarta.

Baca juga: Utang Luar Negeri Indonesia Semakin Meningkat

 

Apartemen Cosmo Park

 

Kenapa Tempat Ini Viral?

Selain karena banyaknya yang bertanya apakah gambar di dalam foto tersebut asli, banyak yang juga penasaran bagaimana perumahan bisa dibangun di atas sebuah properti lain seperti mall.

Foto tersebut tentunya asli, dan perumahan ini telah dibangun sebelum Joko Widodo menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Cosmo Park berada di lantai 10, sehingga untuk memasuki perumahan harus melalui lobi utama tower Cosmo Mansion. Anda juga perlu memiliki kartu akses penghuni apartemen untuk masuk pintu menuju elevator. Setelah keluar elevator di lantai 10, Anda akan menemukan kamar-kamar apartemen. Di sisi kanan persis sebelah elevator ada pintu keluar yang akan membawa penghuni ke perumahan tersebut. Untuk masuk ke sana, Anda bisa menekan tombol putih di dekat pintu.

Saat mulai memasuki area perumahan dari lantai 10 ini, Anda dapat langsung melihat sebuah kolam renang besar. Perumahan di atas mall ini telah memiliki izin yang lengkap dan dalam pengurusan perpanjangan SLF (Sertifikat Layak Fungsi). Izin yang diberikan adalah izin yang biasa dipakai apartemen yang satu kesatuan dengan pusat perbelanjaan. Huniannya juga sudah Strata Title.

 

Selain Indonesia

Jakarta bukan satu-satunya yang membangun perumahan di atas mall. Di atas Jiutian International Plaza, sebuah pusat perbelanjaan di Zhuzhao, Cina, ada empat vila (masih dalam pembangunan) yang dilengkapi dengan listrik dan air. Gambar-gambar telah beredar online membuat orang-orang berspekulasi apakah perumahan tersebut adalah tempat tinggal yang legal dan jika properti tersebut dijual.

Menurut China Daily, gedung-gedung itu akan menjadi kantor bagi 160 karyawan pengelola real estat. Pejabat juga telah mengkonfirmasi bahwa pengembang memperoleh persetujuan yang tepat untuk konstruksi.

Sumber: Tribun News, CNN Indonesia, Twisted Sifter

Baca juga: Perencanaan Pengembangan Kota Metropolitan Baru dari 10 Wilayah

 

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *