Tuesday , July 11 2023
Home / Investasi / Apartemen di Sekitar Jalur MRT Jakarta Semakin Diminati
jalur mrt jakarta

Apartemen di Sekitar Jalur MRT Jakarta Semakin Diminati

Jalur MRT Jakarta

jalur mrt jakarta

Dengan adanya jalur MRT jakarta, banyak orang akan lebih memilih untuk naik angkutan umum daripada harus bermacet-macetan dengan mobil pribadi mereka. Apalagi letak stasiun MRT dibangun dekat dengan pusat-pusat perbelanjaan maupun perkantoran. Sehingga, semakin banyak orang yang ingin memiliki properti dekat dengan salah satu stasiun MRT.

Sekilas tentang pembangunan MRT Jakarta

Pembangunan MRT Jakarta dibagi menjadi beberapa tahap, diantaranya:

jalur mrt jakarta

– Tahap I : Koridor Selatan – Utara (Lebak Bulus – Bunderan HI)
Diperkirakan selesai tahun 2018.

PT MRT Jakarta sedang membangun koridor Selatan-Utara Fase I (Lebak Bulus – Bunderan HI) dengan total 13 stasiun dan 1 depo Lebak Bulus. Dari 13 stasiun tersebut ada 7 stasiun layang (Lebak Bulus – Fatmawati – Cipete – Haji Nawi – Blok A – Blok M – Sisingamangaraja) dan 6 stasiun bawah tanah (Senayan – Istora – Bendungan Hilir – Setiabudi – Dukuh Atas – Bundaran HI).

– Tahap II : Koridor Utara Selatan (Bunderan HI – Kampung Bandan Ancol)

Diperkirakan jalur mrt jakarta selesai tahun 2020

Tahap II melanjutkan jalu Selatan – Utara dari Bunderan HI ke Kampung Bandan dengan panjang 8.1 KM. Pembangunan akan dimulai sebelum tahap I beroperasi; saat ini study kelayakan sudah selesai.

Total 8 stasiun bawah tanah tersebut adalah Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota dan Kampung Bandan.

Sementara itu ada juga proyek koridor Barat – Timur yang sedang dilakukan studi kelayakan dan belum dipastikan proyeknya. Proyek tersebut adalah koridor dari Bekasi ke Balaraja yang dibagi menjadi 2 tahap yang ditargetkan dapat beroperasi paling tambat pada tahun 2027.

ilustrasi mrt

Banyak Apartemen Dibangun di dekat stasiun Jalur MRT Jakarta

Dengan adanya stasiun MRT yang dekat dengan gedung perkantoran, para developer akan semakin berlomba-lomba membangun pusat niaga baru seperti ruko-ruko, apartemen dan perumahan. Mereka juga akan memperluas atau merenovasi area perumahan atau apartemen mereka sehingga lebih diminati pembeli.

Berikut adalah daftar apartemen yang di lewati oleh Stasiun MRT Tahap 1.

Apartemen yang berjarak sekitar 1.5 km dari Stasiun MRT
– Stasiun Lebak BulusPoins Square, Lebak Lestari Garden, BonaVista
– Stasiun FatmawatiAspen Residence, Beverly Tower
– Stasiun Cipete RayaHamptons Park
– Stasiun Haji Nawi Bumimas, 45 Antasari, Antasari Heights
– Stasiun Blok ABest Western Premier The Bellevue, Kemang Village, Essence on Darmawangsa, Eminence Darmawangsa
– Stasiun Blok MPeruri 88, La Maison, Brawijaya, Permata Gandaria, Purnawarman Executive Mansion, 1Park Avenue, 1Park Residences, Sinabung Executive, Daksa Residence

Apartemen yang berjarak kurang dari 1 km dari Stasiun MRT
– Stasiun Sisingamangaraja –  Langham Residence, District 8, Senayan Residence, Botanica Apartment
– Stasiun Senayan Senayan City Residence, Plaza Senayan, Senopati Suites 1, Senopati Suites 2, Senopati Suites 3, Senopati Penthouse, Residence 8 Senopati
– Stasiun Istora – fX Residence, Sudirman Mansion, Pacific Place, Capital Residence, Mangkuluhur City, Kusuma Candra, SCBD Suites
– Stasiun Benhil – Anandamaya Residence, Sudirman Tower Condo, Taman Sari Sudirman, Sahid Sudirman, Batavia, Citylofts, Plaza Residence Intercontinental, Pavilion
– Stasiun Dukuh Atas – May Flower, Da Vinci Penthouse, The Peak, Four Seasons
– Stasiun Bundaran HI – Thamrin Residence, Ascott, Thamrin Nine, Thamrin Executive Residence, Kempinski Grand Indonesia, Keraton At The Plaza

Lebak Bulus Menjadi Primadona

Lokasi yang paling banyak diminati adalah Lebak Bulus karena dijadikan sebagai depo sekaligus stasiun MRT. Lebak Bulus diperkirakan akan menjadi “jantung” jalur MRT Jakarta dan akan Central Business Baru setelah TB Simatupang. Dengan adanya MRT, jarak tempuh Lebak Bulus ke pusat Jakarta hanya 28 menit.

Contoh apartemen di Lebak Bulus adalah: BonaVista Apartment, Poins Square, City Light

Ladang Investasi

Para pengamat properti meprediksi akan banyak ladang investasi, seperti kos-kosan, ruko, pertokoan, apartemen, rumah tinggal, dan tanah.

Diramalkan ledakan harga properti di sekitar jalur yang dilalu MRT mencapai 20% setiap tahun, bahkan mencapai 30% – 40% di pusat bisnis seperti Thamrin dan Sudirman.

Apartemen-Jakarta-di-Sekitar-Jalur-MRT-Semakin-Diminati-square

 

rukamen saleshack

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Synthesis Residence Kemang

Pilihan Apartemen Mewah Baru di Kemang, Synthesis Residence Kemang

Bila Anda saat ini sedang mencari tahu soal hunian mewah di Kemang, apalagi yang termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *