Thursday , July 2 2020
Home / Guide / Biaya Maintenance Apartemen Yang Harus Dikeluarkan Setiap Bulan

Biaya Maintenance Apartemen Yang Harus Dikeluarkan Setiap Bulan

Apa Anda tertarik untuk pindah ke apartemen? Beberapa hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan mengenai pengeluaran bulanan atau biaya maintenance apartemen yang harus dikeluarkan. Namun sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan biaya maintenance? Biaya seperti pemeliharaan fasilitas bersama seperti kolam renang atau pusat kebugaran, gaji untuk penjaga pintu atau superintenden dan biaya utilitas untuk area umum (seperti Lobi, koridor dan elevator) ditutup oleh biaya pemeliharaan.

Berbeda dengan rumah tapak, pengeluaran ini wajib dibayar setiap bulan. Artikel ini diperuntukkan untuk apartemen bersubsidi seperti apartemen Kalibata City, Gading Nias, dan sebagainya. Untuk itu, biaya yang dikeluarkan jika Anda adalah penghuni apartemen Casa Grande atau Residence 8 tentunya akan berbeda dengan pengeluaran yang akan dihitung disini:

biaya maintenance apartemen

Biaya Cicilan

Ini berlaku untuk Anda yang akan mencicil apartemen. Ini adalah pengeluaran total apartemen yang dikurangi pengeluaran DP, dibagi jangka waktu cicilan. Biasanya bank akan menghitung cicilan Anda per bulan dan tidak lebih dari 30% jumlah gaji Anda dikurangi cicilan lainnya.

biaya maintenance apartemen

Biaya Servis (Service Charge)

Pengeluaran pemeliharaan gedung atau biasa disebut maintenance fee jika tinggal di apartemen meliputi kebersihan, keamanan, perawatan gedung, dan taman. Beberapa apartemen juga menghitung biaya TV kabel ke dalam service charge ini. Biasanya untuk apartemen yang sudah mewajibkan penghuni menggunakan provider tersebut.

Biaya layanan ini biasanya ditarik per bulan, 3 bulan, atau per tahun. Besarnya tergantung luas apartemen Anda. Misalnya, luas total adalah 100 m2; jika di kenakan charge apartemen sebesar Rp 10.000/m2, maka biaya yang harus Anda keluargan adalah Rp 10.000 x 100 m2 = Rp 1.000.000.

Biaya Maintenance Apartemen

Baca juga: Sebelum Pindah, Ketahui Dulu Biaya Hidup di Apartemen Berikut Ini

biaya maintenance apartemen

Biaya tarif bisnis

Ini termasuk listrik, air, gas, TV kabel, Internet, telepon. Tarif apartemen relatif lebih mahal dari rumah tapak; biasanya rata-rata 20% – 30% lebih mahal dari rumah tapak. Setiap apartemen juga memiliki tarif bisnis dengan jumlah berbeda. Contoh: apartemen Kalibata City meliputi listrik dan air, serta internet, sedangkan di beberapa apartemen hanya ada listrik dan air karena tv kabel sudah termasuk di pembayaran kebersihan (service charge). Sebagai acuan, rata-rata charge tarif bisnis yang harus dikeluarkan penghuni se kelas Kalibata City setiap bulannya adalah sekitar Rp 500.000 – Rp 800.000.

 

biaya maintenance apartemen

Biaya Transport

Pengeluaran Transport masuk kedalam biaya maintenance apartemen akan tetapi sangat tergantung dengan kebutuhan Anda dan berapa jauh Anda kerja dari Apartemen Anda. Pengeluaran ini dapat berupa biaya bensin kendaraan, ongkos kendaraan umum atau bahkan pengeluaran service kendaraan Anda sendiri. Jika kebetulan tinggal dekat dengan tempat kerja atau kuliah, Anda bisa jalan ke tempat tersebut, Anda akan menghemat banyak pengeluaran! Rata-rata pengeluaran9 pengeluaran transportasi beragam dari tipe kendaraan yang Anda miliki, jika Anda memiliki mobil dan biasa Anda mengisi bensin 1x dalam seminggu, maka pengeluaran nya Rp 250.000 x 4 minggu yaitu sekitar Rp 1.000.000 per bulannya.

Baca juga: Biaya–biaya Saat Beli Apartemen yang Perlu Anda Perhatikan

 

biaya maintenance apartemen

Biaya Parkir

Setiap apartemen memiliki peraturan pengeluaran3 parkir masing-masing. Tetapi ada juga apartemen yang memberikan fasilitas parkir gratis untuk 1 mobil per unit apartemen (contoh: apartemen Casa Grande). Pengeluaran parkir motor per bulan memiliki harga rata-rata mulai dari Rp 25.000 sampai Ro 100.000; sedangkan biaya parkir mobil per bulan memiliki rata-rata sekitar Rp 70.000 – Rp 200.000.

 

Demikian sekilas gambaran biaya maintenance apartemen yang harus dikeluarkan setiap bulannya di Jakarta. Setelah mengetahui rincian perhitungan pengeluaran di apartemen, jika Anda sudah mantap untuk berinvestasi properti, jadikan pemasaran properti itu menjadi lebih baik lagi dengan Saleshack! Saleshack adalah cara pintar dalam mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack membantu menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Ruko

Surat perjanjian pembelian antara penjual dan pembeli dibuat ketika dua pihak berkumpul, di mana satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *