Wednesday , September 20 2017
Home / Guide / Biaya Maintenance Apartemen Yang Harus Dikeluarkan Setiap Bulan

Biaya Maintenance Apartemen Yang Harus Dikeluarkan Setiap Bulan

Apa Anda tertarik untuk pindah ke apartemen? Beberapa hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan mengenai biaya bulanan atau biaya maintenance apartemen yang harus dikeluarkan.

Berbeda dengan rumah tapak, biaya-biaya ini wajib dibayar setiap bulan. Artikel ini diperuntukkan untuk apartemen ber subsidi seperti apartemen Kalibata City, Gading Nias, dan sebagainya. Untuk itu, biaya yang dikeluarkan jika Anda penghuni apartemen Casa Grande atau Residence 8 tentunya akan berbeda dengan biaya yang akan dihitung disini:

 

Biaya Maintenance Apartemen

biaya maintenance apartemen

1. Biaya cicilan

Ini berlaku untuk Anda yang akan mencicil apartemen. Ini adalah biaya total apartemen dikurangi biaya DP, dibagi jangka waktu cicilan. Biasanya, bank akan menghitung cicilan Anda per bulan dan tidak lebih dari 30% jumlah gaji Anda dikurangi cicilan lainnya.

biaya maintenance apartemen

2. Biaya Servis (Service charge)

Biaya pemeliharaan gedung atau biasa disebut maintenance fee jika tinggal di apartemen meliputi kebersihan, keamanan, perawatan gedung, dan taman. Beberapa apartemen juga menghitung biaya TV kabel ke dalam service charge ini. Biasanya untuk apartemen yang sudah mewajibkan penghuni menggunakan provider tersebut.

Charge service ini biasanya ditarik per bulan, 3 bulan, atau per tahun. Besarnya tergantung luas apartemen Anda. Misalnya, luas total adalah 100 m2; jika di kenakan charge apartemen sebesar Rp 10.000/m2, maka biaya yang harus Anda keluargan adalah Rp 10.000 x 100 m2 = Rp 1.000.000.

biaya maintenance apartemen

3. Biaya tarif bisnis

Ini termasuk listrik, air, gas, TV kabel, Internet, telepon. Tarif apartemen relatif lebih mahal dari rumah tapak; biasanya rata-rata 20% – 30% lebih mahal dari rumah tapak. Setiap apartemen juga memiliki tarif bisnis dengan jumlah berbeda. Contoh: apartemen Kalibata City meliputi biaya listrik dan air, serta internet, sedangkan di beberapa apartemen hanya ada listrik dan air karena tv kabel sudah termasuk di pembayaran kebersihan (service charge). Sebagai acuan, rata-rata charge tarif bisnis yang harus dikeluarkan penghuni se kelas Kalibata City setiap bulannya adalah sekitar Rp 500.000 – Rp 800.000.

biaya maintenance apartemen

4. Biaya Transport

Pengeluaran Transport masuk kedalam biaya maintenance apartemen akan tetapi sangat tergantung dengan kebutuhan anda dan berapa jauh anda kerja dari Apartemen anda. Pengeluaran ini dapat berupa pengeluaran bensin kendaraan, ongkos kendaraan umum atau bahkan pengeluaran service kendaraan Anda sendiri. Jika kebetulan tinggal dekat dengan tempat kerja atau kuliah, anda bisa jalan ke tempat tersebut, anda akan menghemat banyak pengeluaran! Rata-rata biaya pengeluaran transportasi beragam dari tipe kendaraan yang anda miliki, jika anda memiliki mobil dan biasa anda mengisi bensin 1x dalam seminggu, maka biaya nya Rp 250.000 x 4 minggu yaitu sekitar Rp 1.000.000 per bulannya.

biaya maintenance apartemen

5. Biaya Parkir

Setiap apartemen memiliki peraturan biaya parkir masing-masing. Tetapi ada juga apartemen yang memberikan fasilitas parkir gratis untuk 1 mobil per unit apartemen (contoh: apartemen Casa Grande). Biaya parkir motor per bulan memiliki harga rata-rata mulai dari Rp 25.000 sampai Ro 100.000; sedangkan pengeluaran parkir mobil per bulan memiliki rata-rata sekitar Rp 70.000 – Rp 200.000.

Demikian sekilas gambaran biaya maintenance apartemen yang harus dikeluarkan setiap bulannya di Jakarta. Semoga bermanfaat untuk Anda!

 

rukamen saleshack

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Ide Hadiah Untuk Pemilik Rumah Baru

Apakah Anda sering diundang oleh teman-teman atau saudara untuk ikut memeriahkan rumah baru mereka? Bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *