Tuesday , November 19 2019
Home / Guide / Panduan Cara Jual Rumah ke Bank yang Tepat
Cara Jual Rumah ke Bank
Cara Jual Rumah ke Bank

Panduan Cara Jual Rumah ke Bank yang Tepat

Lagi menjual rumah? Ada banyak metode yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan rumah Anda, seperti misalnya dari promosi offline atau online. Alternatif lain bisa melalui cara jual rumah ke bank yang dapat Anda pelajari lebih lanjut. Prosedur yang satu ini tidaklah terdengar serumit yang ada di dalam bayangan Anda. Bagi yang tidak familiar, tentunya akan merasa kesulitan dalam memiliki pegangan saat memulai prosedur ini, dan takutnya Anda malah mendapatkan masalah jika salah mengikuti prosedur. Simak prosedur dan cara yang telah kami rangkum dalam menjual rumah melalui bank berikut ini.

 

Tahap Menjual Rumah Melalui bank

Selain kelengkapan dokumen dari rumah yang akan dijual, cara jual rumah ke bank berikutnya adalah:

  1. Mengkomunikasikan Keperluan Anda dengan Calon Pembeli

Anda bisa menuliskan hal ini lebih lanjut di deskripsi pemasaran rumah Anda, atau memberitahukannya secara langsung kepada si pembeli saat mereka berkunjung. Anda tentu tidak akan menyangka bahwa sebenarnya ada sangat banyak orang yang ingin membeli rumah tetapi terbentur dalam masalah dana. Tidak semua orang memiliki jumlah uang besar sekaligus untuk membeli sebuah rumah impian.

Jika Anda ingin menarik perhatian pembeli, Anda dapat memberikan mereka opsi KPR. Bila si pembeli setuju dengan negosiasi mengenai opsi KPR tersebut, Anda kemudian bisa mengajukan permohonan ke pihak bank, di mana si penjual dan pembeli datang ke bank seraca bersama sama dan melakukan pembicaraan dengan pihak bank untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan perihal pembelian aset rumah.

Baca juga: Tips Jitu Menata Perpustakaan di Apartemen Kecil

 

Cara Jual Rumah ke Bank

 

  1. Memilih bank yang akan diajak kerjasama

Saat ini, hampir seluruh bank memiliki fasilitas pelayanan penjualan rumah. Lakukan survei pemilihan bank yang akan Anda percayai dalam penanganan proses penjualan rumah, dan teliti bagaimana prosedur, track record di bidang KPR dan profesionalisme staf-nya. Bila pertanyaan-pertanyaan Anda dijawab dengan baik oleh setiap consultant-nya, bisa jadi itu adalah bank yang terjamin kualitasnya. Tanyakan bagaimana cara jual rumah ke bank dan apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum menjualnya. Ingat bahwa meskipun prosedur demikian terlihat umum, pada dasarnya setiap bank memiliki prosedur serta ketentuan yang berbeda-beda.

 

  1. Ikuti instruksi dari pihak bank

Bank biasanya akan memerlukan kelengkapan dokumen rumah yang akan dijual untuk membuat bank maupun calon pembeli lebih percaya terhadap Anda. Selain itu, dokumen-dokumen ini juga berfungsi dijadikan sebagai jaminan kepada pembeli untuk melunasi dana pinjaman yang dibayar oleh bank terlebih dahulu kepada penjual. Ingatlah untuk selalu memeriksa kelengkapannya, dan jika Anda menemukan dokumen yang kurang atau sudah outdated, sudah saatnya Anda perbarui dan notarisasi.

Sebagai penjual, Anda akan mendapatkan dana tunai langsung dari bank. Pembeli hanya perlu menyiapkan Down Payment yang selanjutnya akan dibayar dengan sistem kredit atau penyicilan.

Baca juga: Jual Rumah Butuh Uang, Bagaimana agar Cepat Terjual?

 

Demikianlah cara jual rumah ke bank yang dapat menjadi panduan Anda seandainya memang tertarik untuk menggunakan metode demikian. Jika Anda ingin menyewakan atau menjual properti Anda tersebut, Anda dapat menaruh listing properti Anda dengan Saleshack yang telah jelas kredibilitas dan reputasinya. Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

Rumah Murah di Tangerang

Rumah Murah di Tangerang Masih Ada, Cari Tahu di Sini

Rumah adalah real estate paling umum yang ada di mana-mana. Saking banyaknya yang mencari rumah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *