Saturday , May 30 2020
Home / Inspiration / Tips / Cara Mendekorasi Ruangan Monokrom Yang Elegan

Cara Mendekorasi Ruangan Monokrom Yang Elegan

Ada banyak tema yang bisa dipilih ketika ingin mendekorasi rumah. Mulai dari konsep desain modern, minimalis, monokrom, warna-warni, dll. Salah satu konsep desain yang banyak dipilih orang dalam mendekorasi rumah adalah dengan menggunakan skema warna monokrom.

Sumber: Pinterest

Tapi, jika tidak berhati-hati, menggunakan satu warna untuk sebuah ruangan justru bisa membuat ruangan terlihat berlebihan. Walaupun begitu, menggunakan satu warna untuk sebuah ruangan pastinya lebih mudah daripada harus menggabungkan dua warna atau lebih.

Berikut ini adalah tips dalam menggunakan warna monokrom di sebuah rumah

  1. Mulai dari karpet
    Sumber: overstock

    Ketika ingin mengaplikasikan satu warna pada sebuah ruangan, maka mulailah dari karpet lalu disebarkan ke seluruh isi ruangan. Jadi, dalam mendekorasi warna suatu ruangan, gunakan warna pada karpet tersebut sebagai panduan

  2. Bangun palet warna dari warna karpet tersebut
    Sumber: homedit

    Ketika Anda telah menentukan warna dasar pada ruangan, contohnya abu-abu, ungu, violet, pink, kuning, dll, maka gunakan warna tersebut di karpet, bantal, kursi duduk, sofa, dll di palet warna sejenis. Pertimbangkan mood yang ingin Anda ciptakan dari palet warna tersebut. Contohnya, jika Anda memilih warna ungu, maka agar tidak terkesan berlebihan, Anda bisa menggunakan warna yang lebih lembut di palet warna sejenis, misalnya lavender, abu-abu muda, putih. Ini agar ruangan tetap terasa tenang dan memberikan efek damai.

  3. Peletakkan adalah kuncinya
    Sumber: Pinterest

    Peletakkan warna yang pas adalah kunci agar ruangan monokrom tidak terasa berlebihan dan membuat Anda terasa pusing. Kuncinya adalah menggunakan warna yang lebih menenangkan, lebih halus, pada permukaan-permukaan yang luas, seperti tembok dan atap, dan menggunakan warna yang lebih terang dan berani di perabotan-perabotan dan aksesoris kecil yang ingin Anda pamerkan.

  4. Manfaatkan kaca
    Sumber: Pinterest

    Kaca bisa digunakan untuk memaksimalkan tone dalam sebuah warna. Contohnya dalam warna ungu, kaca bisa memantulkan cahaya sehingga memberikan efek seperti sinar bulan. Ketika Anda menggunakan furnitur dari kaca, maka semua warna yang sudah Anda pilih bisa menjadi satu dan memberikan kesan terang yang penuh kemewahan.

  5. Jangan sia-siakan tingkatan warna apapun
    Sumber: Pinterest

    Semua tingkatan warna memiliki tempatnya sendiri. Jangan sia-siakan satupun tone warna. Ketika Anda sedang ragu, cobalah lihat ke alam di sekeliling Anda dimana warna-warna berbeda bisa menjadi indah ketika dijadi satu.

Sumber: decoracion

Baca juga: Menggunakan Desain Interior Tema Monokrom di Apartemen

Tertarik untuk mulai mendekorasi rumah Anda dengan warna monokrom?

Sumber: Elle Decor

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *