Monday , November 18 2019
Home / News / Infrastruktur / Enam Ruas Jalan Tol Baru Yang Akan Beroperasi Tahun Ini

Enam Ruas Jalan Tol Baru Yang Akan Beroperasi Tahun Ini

Akan ada enam ruas Jalan Tol baru yang dijadwalkan akan mulai beroperasi pada bulan Juli ini. Sebenarnya keenam ruas tol tersebut telah berfungsi selama arus mudik Lebaran kemarin. Target pengoperasian ini sebenarnya terlambat dari proyeksi awal tahun yang menyatakan ruas tol siap beroperasi pada bulan April.  Keterlambatan tersebut karena kendala pembebasan lahan dan cuaca yang menghambat pekerjaan di lapangan.

Keenam ruas Jalan Tol baru tersebut adalah:

  1. Seksi I Gempol-Pasuruan
    Ruas tol ini menyambungkan Gempol dan Rembang sepanjang 13,9 kilometer. Progres realisasi fisik per akhir Juni adalah mencapai 99,39%. Ruas ini telah melewati masa uji coba pada akhir Maret lalu
  2. Seksi III ruas Semarang-Solo
    Seksi III Semarang-Solo menyambungkan Bawen dan Salatiga sepanjang 17,57 kilometer dan saat ini sudah mencapai progress 99,23%. Realisasi fisik masih mencapai 96,11% karena masih ada pekerjaan galian timbunan tanah dan pekerjaan rigid. Sisanya dalam kondisi layak operasi. Ditargetkan ruas tol ini akan beroperasi pada Agustus 2017.
  3. Medan-Kualanamu-Tebingtinggi
    Ruas ini merupakan bagian dari ruas tol Trans Sumatera sepanjang 65 kilometer yang telah difungsikan pada arus mudik dan balik Lebaran kemarin. Ruas dengan panjang 41,6 kilometer dengan Segmen Kualamanu-Sei Rampah ini akan dioperasikan oleh PT Jasamarga Kualanamu Tol.
  4. Surabaya-Mojokerto
    Ruas tol dengan panjang 15,5 kilometer ini ditargetkan akan beroperasi pada September 2017 dan akan dikelola oleh PT Jasamarga Surabaya Mojokerto.
  5. Solo-Ngawi
    Tol Solo-Ngawi, terutama segmen Ngasem-Widodaren ditargetkan akan beroperasi pada September 2017. Segmen ini memiliki panjang 65 kilometer dan dioperasikan oleh PT Solo Ngawi Jaya
  6. Ngawi-Kertosono
    Ruas tol dengan segmen Ngawi-Madiun dan Caruban-Wilangan memiliki panjang 35,6 kilometer dan ditargetkan akan beroperasi pada bulan September.

Baca juga: Daftar Ruas Tol Mudik Lebaran 2017

 

 

 

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

15 Proyek Infrastruktur Layang Boleh Dilanjutkan Kembali

Setelah sebelumnya di artikel kami berjudul Pembangunan Proyek MRT dan LRT Dihentikan Sementara dikatakan bahwa proyek-proyek infrastruktur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *