Wednesday , July 12 2023
Home / Inspiration / Gedung 35XV di New York Dilapisi Kaca Reflektif

Gedung 35XV di New York Dilapisi Kaca Reflektif

Gedung mixed use di area Chelsea, New York ini dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika bernama FXFOWLE, merupakan sebuah menara yang terlihat seperti beling. Dengan tinggi 106 meter, gedung hibrid yang dinamakan 35XV ini terdiri dari apartemen 18 lantai dengan 6 lantai dasar. Lantai-lantai lebih bawah merupakan tambahan dari sebuah sekolah menengah tinggi di area tersebut.

Gedung ini memiliki dua identitas berbeda, yang satu identitas sekolah yang mengalamatkan dunia jalanannya, dan satu lagi identitas menara residensial yang mengalamatkan langit.

Volum gedung yang menyerupai beling tersebut dilapisi dengan kaca-kaca reflektif. Fasad yang berada di sisi selatan dibuat menekuk agar sinar dan udara bisa turun ke bawah. Ini merupakan sebuah keharusan dari pemerintah kota untuk distrik yang padat.

Menara residensialnya terdiri dari apartemen dengan unit hingga empat kamar tidur dan area-area umumnya diletakkan di lantai tujuh. Fasilitas tersebut di antaranya adalah gym, area bermain anak-anak, ruang penyimpanan wine, dan sebuah teras outdoor.

FXFOWLE menggunakan sistem bangunan hibrid untuk gedung tersebut dimana menaranya ini dibangun menggunakan konkrit piring datar yang memungkinkan tingkat fleksibilitas tinggi dalam merencanakan layout interiornya.

Menara sekolah dan apartemennya memiliki sirkulasi vertikal dan sistem mekanical, elektrik, dan saluran pembuangan yang terpisah.

Baca juga: Menara Gran Mediterraneo, Gedung Mixed-Use di Tel Aviv Dibalut Dengan Pepohonan

Sumber: Dezeen

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Banyaknya batasan dalam mencuci baju di mesin cuci mungkin membuat Anda kebingungan saat membaca judul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *