Friday , December 13 2019
Home / Investasi / Bagaimana Melakukan Investasi Real Estate dengan Tepat?
Investasi Real Estate
Investasi Real Estate

Bagaimana Melakukan Investasi Real Estate dengan Tepat?

Mulailah rencana investasi di bidang real estate Anda dari saran-saran kami berikut ini!

 

#1 Identifikasi Tahap Keuangan Anda

Investasi real estate hanyalah sarana untuk meningkatkan keuangan Anda. Bila Anda merasa tahap ini tidak penting, Anda bisa langsung skip ke langkah selanjutnya. Tetapi jika Anda ingin tahu lebih lanjut, tahap ini mengharuskan Anda memikirkan gambaran keuangan Anda secara keseluruhan.

Ada beberapa strategi real estate khusus yang membantu tingkat tabungan Anda di bagian selanjutnya. Tetapi untuk sekarang, Anda perlu mengidentifikasi status keuangan Anda saat ini.

Source: CoachCarson.com

Anda perlu mengetahui posisi Anda saat ini karena tergantung di mana Anda berada, strategi real estate tertentu akan lebih masuk akal daripada yang lain. Anda juga lebih bisa mengalokasikan dana yang tersedia sesuai kemampuan finansial tanpa harus terbebani dengan kelebihan transaksi yang dapat merepotkan.

Dan untuk menentukan posisi mana yang paling cocok untuk Anda, Anda tidak perlu khawatir karena penilaian ini tidak harus sempurna. Tentukan berdasarkan riset ringan dan insting, kemudian pelajari strateginya.

 

#2 Pilih Strategi Investasi Real Estate Tertentu

Pemilihan strategi terbaik akan membantu Anda beralih dari tahap keuangan Anda saat ini ke tahap berikutnya (ingat diagram di Langkah # 1).

Dimulai dengan satu strategi spesifik tidak berarti Anda harus terus menjalani strategi itu ke depannya. Anda diberi keleluasaan untuk bersikap fleksibel tetapi tetap dalam lingkaran kemampuan finansial saat itu.

Bila Anda merasa Anda berada di tahap 1 dan 2 (Survival dan Stability), tujuan strategi Anda adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, belajar, dan menghindari kerugian.

  • Pertahankan pekerjaan harian Anda dan bekerjalah untuk mendapatkan kenaikan gaji
  • Anda dapat memulai investasi real estate secara sederhana melalui penyewaan kamar atau unit rumah/apartemen, alih-alih menuangkan seluruh dana untuk segera membeli properti baru
  • Bertemu investor real estate lain untuk menambah koneksi, mengetahui penawaran bagus dan mempelajari bisnis akuisisi investasi

Ini hanyalah contoh yang dapat disesuaikan dengan kapabilitas dan kemampuan finansial Anda saat ini. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan agensi real estate atau pebisnis properti untuk mendapatkan gambaran strategi terbaik dan sesuai untuk Anda.

Baca juga: Beli Rumah, Lebih Baik KPR atau Cash?

 

Investasi Real Estate

 

#3 Pilih Pasar Target

Dengan harga properti yang sangat tinggi, banyak yang bingung apakah mereka harus berinvestasi dekat dengan rumah atau memilih pasar baru. Ini pertanyaan yang bagus karena pasar yang Anda pilih dapat membuat perbedaan besar dalam hasil akhir nantinya.

Berinvestasi dekat dengan domisili Anda saat ini memberi Anda keuntungan dari pengetahuan yang mendalam tentang market dan kontrol penuh dalam memonitor ketertarikan pembeli/penyewa potensial terhadap properti Anda.

Anda bisa mengevaluasi kriteria lokasi melalui gambaran akan:

  • Pekerjaan dan ekonomi
  • Pertumbuhan populasi
  • Rasio sewa/harga
  • Kenyamanan
  • Tingkat Keamanan dan Kejahatan
  • Fasilitas Publik
  • Aksesibilitas Transportasi umum
  • Dan masih banyak lagi

Baca lebih lanjut: Inilah Cara Investasi Apartemen dengan Cerdas

 

#4 Memasarkan Investasi Real Estate Anda

Ketika tiba di pemasaran, Anda ingin setiap orang tahu properti Anda dengan rinci tanpa deskripsi yang terlalu panjang. Contohnya bisa seperti demikian:

“Rumah keluarga dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi di area Atlanta, Georgia. Target kisaran harga adalah antara $ 120.000 hingga $ 199.000. Properti yang ideal ini berada di jalan Cresthill yang tenang dan aman, nyaman untuk sekolah dan berbelanja. Properti ideal ini juga mencakup garasi atau penyimpanan lain dan halaman yang bisa digunakan. Fasilitas publik seperti dry cleaning atau ATM juga mudah dijangkau.”

Penjelasan ini dapat berubah seiring waktu, sehingga jika nanti Anda perlu menyesuaikannya, Anda selalu dapat merevisinya lagi. Usahakan untuk tidak menumpuk penjelasan dan membuatnya menjadi berantakan dan sulit dimengerti. Bila pembeli atau penyewa potensial ingin tahu lebih lanjut, mereka dapat menghubungi Anda, bukan begitu?

Untuk memaksimalkan marketing campaign Anda agar properti lebih cepat terjual, Anda bisa menggunakan jasa pengiklanan properti paling baik di Indonesia, Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan apartemen dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

 

Kesimpulan

Jika Anda memulai dan terus bergerak, Anda akan belajar dari pengalaman ini dan tidak mengulang kesalahan yang telah terjadi. Jadi, tetaplah fleksibel, terus belajar, dan pahami resiko akan investasi real estate agar Anda semakin yakin menjalaninya.

Source: CoachCarson.com

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

Keuntungan Investasi Apartemen

Jangan Ragu, Ini Keuntungan Investasi Apartemen bagi Anda Pemilik Properti

Mungkin Anda dan ribuan penggelut properti lainnya setuju bahwa keuntungan investasi apartemen kebanyakan menggiurkan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *