Thursday , May 24 2018
Home / Guide / Kebijakan Ganjil-Genap di Tol Jakarta -Tangerang dan Jagorawi

Kebijakan Ganjil-Genap di Tol Jakarta -Tangerang dan Jagorawi

Mulai hari Senin, 16 April 2018 kemarin telah dilakukan uji coba paket kebijakan ganjil-genap di Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang. Terdapat dua kebijakan yang digunakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), yaitu penggunaan lajur khusus bus dan ganjil genap di gerbang tol Cibubur 2.

Kebijakan ganjil genap diberlakukan di gerbang tol Cibubur 2 arah Jakarta dan gerbang tol Tangerang 2 dan Kunciran setiap hari Senin-Jumat, kecuali hari libur pada pukul 6.00 WIB hingga 9.00 WIB. Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, mengatakan bahwa paket kebijakan ganjil-genap ini adalah upaya pemerintah mengurangi kepadatan lalu lintas di jam-jam sibuk dan agar arus lalu lintas lebih terdistribusi lebih baik di jalan tol dan jalan non tol.

Penerapan kebijakan ini adalah sinergi antar lembaga karena melibatkan BPTJ, Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, dan Dinas Perhubungan Tangerang.

Uji Coba di Tol Jakarta-Tangerang dan Tol Jagorawi

Kebijakan di Tol Jakarta-Tangerang yang akan sama seperti di Jakarta-Cikampek. Tiga kebijakan diterapkan sekaligus, yaitu pengaturan operasi angkutan barang, lajur khusus bus, dan ganjil-genap. Kebijakan ganjil-genap akan diterapkan di gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2.

Uji coba ganjil-genap dilakukan bagi pengendara yang hendak masuk Gerbang Tol (GT) Kunciran 2 (depan pusat perbelanjaan IKEA) menuju Jakarta. Di lokasi tersebut, kendaraan dengan plat nomor yang tidak sesuai dengan aturan akan dialihkan ke jalan arteri sebelum gerbang tol. Kendaraan dialihkan ke rute lain, seperti Tol BSD maupun jalan arteri Tangerang.

Uji coba dilakukan pada pukul 6.00 hingga 9.00 WIB. Ketika dilakukan uji coba, banyak yang masih kebingungan sehingga banyak yang bertanya kepada petugas tentang uji coba tersebut. Petugas telah menyediakan selembaran brosur yang berisi informasi terkait dengan kebijakan uji coba tersebut.

Selain di GT Kunciran 2, uji coba ganjil-genap juga dilakukan di GT Tangerang 2 dan GT Cibubur 2 yang menuju ke arah Jakarta. Uji coba ini akan dilakukan selama kurang lebih dua minggu lamanya. Pada masa uji coba, belum ada sanksi yang diberikan kepada pengendara, hanya dilakukan pengalihan saja.

Kebijakan ini akan diterapkan secara efektif pada Mei 2018 sambil menunggu disahkannya hukum Peraturan Menteri Perhubungan. Pantauan sejauh ini, arus lalu lintas di gerbang tol Cibubur, Tangerang 2, dan Kunciran lebih lancar.

BPTJ Menyediakan Bus Untuk Pengendara

Pihak BPTJ telah menyiapkan bus untuk para pengendara yang plat nomornya tidak sesuai dengan tanggal ganjil/genap. Di gerbang tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 telah disiapkan 14 bus yang bisa saja ditambahkan jika diperlukan. Nantinya akan ada tiga PO bus yang melayani pengendara di Kunciran 2 dan Tangerang 2 dari PPD, Royal Platinum, Sinar Jaya.

Selain itu, BPTJ juga menyediakan bus premium di sejumlah titik di Cibubur. Bus premium tersebut sebagai penunjang transportasi masyarakat dimana akan tersedia 61 unit bus. Bus tersebut akan dioperasikan oleh Sinar Jaya (14 bus), PPD (6 bus), Lorena (12 bus), Big Bird (5 bus), dan Cemerlang Sejahtera (24 bus).

Rute keberangkatan bus premium tersebut adalah dari: Harvest City, Kota Wisata, Kota Legenda, Metland Transyogi, Citra Grand, Cibubur Country, dan Cibubur Junction. Sedangkan lokasi tujuannya adalah: Blok M, Mangga Dua, Grogol, Thamrin City, Mega Kuningan, dan Sudirman. Bus premium juga melayani tujuan Kemang, Pasar Baru, Ratu Plaza, Gajah Mada, dan FX Senayan.  Tarif bus premium antara Rp 15 ribu sampai dengan Rp 20 ribu dengan waktu tempuh bus antara 1 hingga 1,5 jam.

Sumber: Detik Finance, Housing-Estate

Baca juga: Tiga Peraturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek Mulai Berlaku Hari Ini

 

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Kebijakan Ganjil-Genap Juga Akan Berlaku di Tol Karawaci

Setelah diberlakukan kebijakan ganjil-genap di Tol Jakarta-Tangerang, maka kebijakan tersebut juga akan diberlakukan di Tol …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *