Friday , May 29 2020
Home / Inspiration / Tips dan Cara Memaksimalkan Ruang Apartemen Studio
Memaksimalkan Ruang Apartemen Studio
Memaksimalkan Ruang Apartemen Studio

Tips dan Cara Memaksimalkan Ruang Apartemen Studio

Ada yang spesial dan menyegarkan dari ruang apartemen studio yang tertata rapi. Walau tidak semua orang sependapat, kehidupan di apartemen studio menawarkan beberapa kelebihan yang bisa menjadi pilihan huni yang cukup mengiurkan dan berbeda dari biasanya. Jika Anda sedang tinggal di apartemen studio atau berpikiran untuk memiliki unit ini, artikel ini mungkin bisa jadi sumber ide atau inspirasi Anda menata dan menghias apartemen studio Anda!

studio5

Sebelumnya, Apa Itu Apartemen Studio?

Definisi apartemen studio sangat sederhana: sebuah apartemen yang hanya memiliki satu ruang utama. Apartemen studio juga di kenal Studio Flats, Bachelor Apartments atau Effeciency Apartments. Biasanya kamar mandi berada di ruang terpisah, tetapi lainnya (dapur, ruang tamu, dan kamar) digabung menjadi satu ruang apartemen studio.

studio1

Baca juga: Tips Jual Rumah: “Staging” Efektif untuk Memikat Pembeli!

Kelebihan Apartemen Studio

  • Lebih Murah

Menyewa atau membeli apartemen studio dipastikan lebih murah jika dibandingkan dengan pilihan hunian lain. Alasannya sangat jelas: Anda membayar apartemen yang luasnya lebih kecil.

  • Lokasi yang di inginkan

Memilih untuk tinggal di apartemen studio biasanya memberikan Anda pilihan yang terbuka lebar untuk dapat memiliki apartemen di lokasi-lokasi yang lebih strategis (gedung-gedung perkantoran, perbankan, pusat perbelanjaan, dan lain-lain). Dengan target yang biasanya tertuju kepada mahasiswa atau karyawan kantoran lajang, apartemen studio dirancang secara efisien di dekat beragam fasilitas umum yang memang sering dikunjungi orang-orang. Keuntungan ini sangatlah berarti, karena selain dapat menghemat banyak uang transportasi, kualitas kehidupan penghuni dapat berubah jauh lebih baik.

  • Lebih mudah dan cepat untuk dibersihkan

Walaupun Anda hanya membersihkan meja counter dapur, Anda sebenarnya sudah membersihkan sekitar 40% ruang apartemen studio Anda. Oleh karena itu, Anda tidak akan butuh waktu sampai seharian penuh hanya untuk membersihkan seluruh unit.

studio3

Kekurangan Apartemen Studio

  • Ruang yang sempit

Tinggal di apartemen yang memiliki ruang yang sangat terbatas tidaklah mudah. Tinggal di tempat sempit bisa menjadi tantangan, akan tetapi, tantangan ini dapat diatasi dengan kreatifitas.

  • Mengabungkan beberapa fungsi ruangan atau perabot menjadi satu

Open concept’ atau konsep yang terbuka memang menjadi tema apartemen yang unik, tetapi bersiaplah untuk bangun dari tempat tidur dengan kepala menghadap kulkas atau lemari baju setiap harinya.

  • Tidak ada ruang untuk tamu

Anda mungkin tidak punya pilihan selain meminta si tamu duduk bersempitan di area dapur, atau malah duduk di tempat tidur.

studio4

 

Ruang Apartemen Studio

 

Tips Menata dan Menghias Apartemen

  • Kreatif dengan ‘pemisah’ ruangan

Pemisah tidak harus dengan dinding untuk memisahkan fungsi ruang yang berbeda. Pemisah bisa Anda akali dengan gorden atau sebuah furniture tinggi langsing seperti kabinet buku atau pakaian yang diposisikan dengan baik.

studio6

  • Mengurangi pengunaan furniture di apartemen

Memang kontradiktif dengan poin sebelumnya, tetapi perabotan di sini mengacu kepada yang tidak begitu fungsional atau yang hanya memenuh-menuhi ruangan saja. Walau terdengar kejam, apalagi jika Anda adalah pencinta furniture yang unik,  cara terbaik untuk menata ruang apartemen studio adalah meminimalkan pengunaan furniture. Pilih furniture yang dapat ‘multi-task’ untuk menghemat banyak ruang, seperti convertible sofa bed atau storage stepladder.

studio8

  • Memanfaatkan kaca

Kaca bisa Anda letakkan di salah satu dinding untuk menciptakan kesan ruang yang jauh lebih luas. Terkadang, ilusi seperti ini bisa menyegarkan pikiran Anda setelah kembali kerja dari kantor seharian, jika dibandingkan kembali ke kamar yang sempit dan sumpek.

studio7

Source: houzz.com

 

Lalu, apartemen apa saja yang bisa jadi pilihan untuk hunian Anda? Beberapa rekomendasi dan pilihan apartemen di lokasi yang terjangkau untuk Anda yang tinggal di Jakarta. Berikut adalah rekomendasi nya;

Apartemen studio di Jakarta Barat – http://blog.rukamen.com/inilah-5-rusunami-di-jakarta-barat

Apartemen studio di Jakarta Timur & Utara – http://blog.rukamen.com/inilah-daftar-rusunami-di-jakarta-timur-dan-jakarta-utara/

Apartemen studio untuk kelas menengah – http://blog.rukamen.com/5-apartemen-studio-kelas-menengah-terjangkau-di-jakarta-versi-rukamen/

Apartemen Studio di bawah 400jt – http://blog.rukamen.com/apartemen-di-bawah-rp-400-juta-untuk-kalangan-muda/

Sumber – Homedit

Baca juga: Mengenal Tren Gaya Hidup Minimalis Saat Ini

 

Demikianlah informasi mengenai tata cara menata ruang apartemen studio yang bisa Anda jadikan panduan. Sebagai salah satu pemilik apartemen yang ingin unit Anda diincar banyak pembeli ini, Anda dapat menggunakan jasa Saleshack yang telah terbukti efektif! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Makanan Ramadhan Sehat

Inilah Makanan Ramadhan Sehat yang Perlu Anda Terapkan

Makanan Ramadhan sehat – Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *