Friday , May 29 2020
Home / Inspiration / Tips / Tips Mengatur Keuangan Ketika Memiliki Utang

Tips Mengatur Keuangan Ketika Memiliki Utang

Ingin punya rumah tapi masih banyak utang yang harus dibayar? Bukan berarti Anda tidak bisa memiliki rumah sendiri. Anda hanya perlu mengatur keuangan lebih baik lagi. Utang bukan berarti hal buruk, karena dalam hidup ini utang tidak dapat dihindari, mulai dari biaya rumah sakit darurat, biaya pendidikan anak, dll.

Yang harus dihindari adalah utang karena sifat konsumtif, seperti utang membeli tas merk mahal dan utang-utang karena barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan lainnya. Jika Anda bertekad ingin membeli rumah, ikuti beberapa tips mengatur keuangan bagi orang yang memiliki utang di bawah ini.

  1. Bersifat optimis
    Yakini diri sendiri dan optimis bahwa Anda mampu melunasi semua utang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jangan meragukan kemampuan diri karena ini bisa memiliki imbas ke diri Anda. Lebih buruk lagi, Anda bisa mengalami depresi dan kuatir terhadap masa depan jika tidak memiliki sifat optimis.
  2. Kencangkan tali pinggang
    Prioritaskan semua pengeluaran berdasarkan dua kategori: keperluan dan keinginan. Hilangkan pelan-pelan biaya-biaya yang masuk ke dalam kategori ‘keinginan’, seperti makanan di restoran mewah, belanja online, jalan-jalan di mall, dll.
  3. Stop menciptakan utang yang bersifat konsumtif
    Barang-barang yang dipastikan akan mengalami depresiasi (penurunan nilai) di masa depan adalah pembelian yang sifatnya konsumtif. Contohnya adalah kendaraan bermotor, peralatan elektronik, gadget, dll. Batasi penggunaan kartu kredit untuk membayar makanan dan minuman di kafe.
  4. Buat skala prioritas
    Catat semua hutang yang Anda miliki sehingga Anda bisa memisahkan kategori utang, mulai dari yang suku bunganya paling tinggi, utang dengan nominal besar, dan utang yang sifatnya pinjaman lunak. Susun skala prioritas, misalnya utang dengan suku bunga paling tinggi serta yang nominalnya paling besar wajib segera dilunasi.
  5. Selalu bayar cicilan tepat waktu
    Semua niat dan usaha untuk melunasi utang akan menjadi sia-sia jika pembayarannya tidak tepat waktu. Ini sama saja seperti menambah utang karena ada denda yang harus dibayarkan jika telat bayar cicilan.
  6. Jangan gunakan metode ‘gali lubang tutup lubang’
    Jangan membayar utang dengan utang karena hanya akan membuat utang Anda semakin menggunung.
  7. Cari penghasilan tambahan
    Salah satu cara paling efektif untuk mencegah utang menumpuk adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya adalah mencari penghasilan sampingan atau membuat usaha kecil-kecilan sendiri. Penghasilan tambahan ini bisa digunakan untuk membayar utang, atau ditabung untuk membeli rumah.

Baca juga: Tips Agar Cicilan KPR Lancar

Sumber: Liputan6

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *