Saturday , June 24 2017
Home / Inspiration / Tips / Tips Mengelola THR Dengan Cerdas

Tips Mengelola THR Dengan Cerdas

Setiap tahun, karyawan mendapatkan bonus satu bulan gaji pada saat bulan Ramadan yang dinamakan Tunjangan Hari Raya (THR). Tidak banyak orang yang bisa mengelola THR dengan baik karena biasanya uang tersebut digunakan untuk konsumsi, seperti beli baju Lebaran, perhiasan, aksesoris, atau kebutuhan-kebutuhan sekunder lainnya. Berikut ini adalah cara cerdas mengelola THR

  1. Jangan gunakan THR untuk pengeluaran rutin
    Pengeluaran rutin seperti tagihan-tagihan listrik, gas, internet, kartu kredit, ongkos transportasi, makan, dll sebaiknya tetap menggunakan gaji pokok. Ini untuk menghindari kebingunan karena biasanya THR akan Anda terima lebih dahulu dari gaji pokok. Dengan cara ini, THR tetap utuh setelah tanggal gajian tiba.
  2. Pisahkan rekening gaji pokok dan THR
    Jangan menyatukan rekening THR dan gaji karena Anda akan terjebak dalam ilusi bahwa Anda memiliki uang lebih banyak untuk dikonsumsi. Lebih baik Anda memisahkan THR agar bisa ditabung atau diinvestasikan. Catat juga semua pengeluaran dengan detil.
  3. Buat skala prioritas pengeluaran
    Buat skala prioritas pengeluaran yang harus dikeluarkan semasa Lebaran. Contohnya adalah seperti ini:
    Pertama untuk bayar Zakat dan Sedekah (sekitar 2,5% hingga 5% dari penghasilan), Kedua untuk kebutuhan hari raya (konsumsi makanan Lebaran, pakaian, memberikan gaji tambahan kepada pekerja, dll), Ketiga untuk keperluan mudik lebaran (tiket, akomodasi, dll). Prioritaskan hal ini jika Anda adalah keluarga yang membutuhkan mudik di atas pengeluaran pakaian, konsumsi, dll. Alokasi ideal adalah sekitar 20% hingga 30% dari jumlah THR.
  4. Gunakan untuk dana darurat
    THR boleh saja digunakan untuk membeli kebutuhan Lebaran mendesak, seperti baju Lebaran, tiket mudik, sisanya alokasikan untuk investasi dan dana darurat. Ini karena periode setelah Lebaran biasnaya adalah masa finansial yang berat.
  5. Gunakan untuk membayar utang
    Jika semua kebutuhan sudah terpenuhi, maka Anda bisa menggunakan dana THR untuk membayar utang-utang, seperti cicilan mobil, cicilan rumah, dll. Hal ini agar jumlah cicilan bisa berkurang untuk durasi pinjaman yang sama. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menyisakan dana THR untuk membayar utang kartu kredit atas pengeluaran Anda selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Sebelum Meninggalkan Apartemen Untuk Liburan

About Fely Tan

i paint with words

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *