Friday , May 29 2020
Home / Inspiration / Tips / Tips Tinggal di Tempat Kecil Dari Arsitek dan Desainer Interior New York

Tips Tinggal di Tempat Kecil Dari Arsitek dan Desainer Interior New York

Mendekorasi ruang mungil memang memiliki tantangan sendiri, dan orang-orang yang tinggal di Manhattan, New York sudah terbiasa dengan kehidupan ini. Karena lahan terbatas dan penduduk yang semakin banyak, apartemen mungil pun sudah memiliki harga selangit di kota metropolitan tersebut.

Berikut ini adalah tips tinggal di apartemen mungil menurut arsitek-arsitek dan desainer interior di New York yang memiliki misi untuk membuat tempat tinggal di Manhattan menjadi lebih nyaman, sekecil apapun ruangan tersebut.

Buat penyimpanan ke atas

Desainer dari perusahaan Laurel & Wolf, James Tabb, jika Anda tidak bisa membangun ke samping, maka coba untuk membangun ke atas. Trik pintar yang bisa digunakan adalah menggunakan rak mengambang yang hampir menempel ke atap, dekorasi dengan buku-buku, aksesoris, atau koleks Anda lainnya akan memberi efek mirip dengan plafon motif sulur.

Gunakan barang-barang ukuran besar

Menggunakan furnitur ukuran kecil adalah kesalahan besar di dalam apartemen mungil karena akan membuat ruangan terasa semakin kecil. Menurut Sheena Murphy dari perusahaan desain interior Sheep + Stone, gunakan beberapa furnitur dan karya seni ukuran besar.

Biarkan ruangan terbuka

Cat semuanya warna putih dan ruangan-ruangan akan terasa lebih besar jika ruangan dipenuhi dengan satu warna yang berkelanjutan. Warna putih juga bisa memberikan refleksi pada cahaya dan membuat sebuah ruangan terasa lebih terang dan lega.

Gunakan gorden panjang

Untuk membuat tembok terasa lebih lebar, gunakan gorden yang panjang tetapi hanya di bagian ujung gorden. Pastikan gorden tersebut tidak menutupi cahaya matahari yang akan masuk dari jendela.

Gunakan barang-barang multifungsional

Untuk menghemat ruang, gunakan furnitur yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti tempat tidur dengan laci di bagian bawah dan meja samping yang menempel. Gunakan meja kopi yang bisa digunakan untuk meja kerja, dll. Jika Anda rajin mencari-cari, maka Anda akan menemukan banyak furnitur yang bisa digunakan untuk hal-hal lainnya.

Gantungkan lampu di tembok

Lampu yang ditempel di tembok adalah salah satu contoh untuk menggunakan tembok Anda semaksimal mungkin. Selain sebagai lampu, ini juga bisa menjadi fitur desain. Kurangi menggunakan lampu lantai karena dapat membuang tempat yang sudah terbatas.

Sisakan sedikit ruang kosong

Jika Anda hanya memiliki sedikit ruangan, maka Anda pasti akan tergoda untuk menempatkan furnitur di sudut-sudut ruangan untuk menghemat tempat. Padahal, hal ini justru membuat apartemen telihat dan terasa lebih kecil dari yang sebenarnya. Cara mudah adalah dengan menyisakan sedikir ruangan di antara furnitur dan tembok untuk membuka ruangan Anda secara visual.

Gunakan karpet dengan hati-hati

Menggunakan karpet untuk memisahkan ruangan-ruangan adalah ide bagus, tapi hindari menggunakan karpet ukuran besar adalah kesalahan beasr. Menggunakan karpet dengan salah bisa membuat ruangan terasa lebih sempit dan sesak.

image

Ikuti tips mendekorasi apartemen mungil lainnya di Blog Rukamen

Sumber: Mydomaine

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

2 comments

  1. walau tinggal ditempat yang kecil atau kurang luas, kalau desain interior didalamnya bagus dan tertata rapi, tetep terasa nyaman kan yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *