Saturday , July 14 2018
Home / Inspiration / Tips / Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Seken

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Seken

Harga properti semakin hari semakin mahal, terutama di tengah kota. Tapi, karena banyaknya cluster baru dibangun di daerah penyangga kota Jakarta tetapi kemacetan tidak membaik, banyak orang yang mulai mencari rumah seken di dalam kota.

Memang tidak ada salahnya membeli rumah seken, apalagi jika kondisi masih baik. Tapi, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membelinya agar tidak kecewa di kemudian hari setelah terlanjur membayar.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah seken:

  1. Teliti kondisi fisik rumah
    Perhatikan seluruh sudut rumah, baik di dalam maupun di luar. Banyak rumah yang terlihat bagus di luar, tetapi dinding, lantai, pintu, jendela, atau saluran airnya bermasalah. Jangan lupa untuk menanyakan usia bangunan. Bangunan di atas 40 tahun biasanya memerlukan renovasi besar-besaran.
  2. Sumber air bersih
    Air bersih adalah kebutuhan utama semua orang. Karena itu kondisi air perlu diperhatikan. Pastikan jarak sumur pompa ideal, yaitu tidak kurang dari 10 meter dari tanki septik. Jika kurang dari itu, air kurang layak dikonsumsi.
  3. Listrik
    Pastikan daya listrik yang disediakan bisa memenuhi semua kebutuhan elektronik Anda. Jangan lupa untuk memeriksa semua kabel-kabel dan instalasi listrik. Pastikan semuanya tidak memiliki potensi terjadinya korslet penyebab kebakaran
  4. Lingkungan sekitar
    Sebelum tinggal di rumah tersebut, pastikan area lingkungan sekitar sudah memenuhi standard Anda. Mulai dari kondisi jalan, penerangan, dll. Pastikan daerah tersebut bebas kejahatan, banjir, serta bencana-bencana lainnya yang ingin Anda hindari.
  5. Kelengkapan surat
    Sebelum membeli rumah bekas, pastikan semua surat-surat dan berkas-berkas sudah lengkap dan tidak bermasalah. Beberapa surat yang harus ada adalah: Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Hak Milik (SHM), sertifikat tanah. Pastikan semuanya sudah jelas dan legal. Mintalah bukti pembayaran PBB dan pastikan rumah tidak dalam kondisi sengketa untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Baca juga: Cara Mudah dan Murah Mengubah Suasana Rumah

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Tips Mengumpulkan Uang DP Bagi Pasangan Muda

Jika Anda adalah pasangan muda yang bermimpi ingin membeli hunian pertama, maka ada beberapa hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *