Wednesday , July 12 2023
Home / News / Yang Perlu Diketahui Tentang Real Estate Bubble
Real Estate Bubble
Real Estate Bubble

Yang Perlu Diketahui Tentang Real Estate Bubble

bubble

Istilah ‘Real Estate Bubble’ atau yang juga disebut ‘Property Bubble’ adalah pergerakan harga properti. Salah satu tipe dari ‘Economic Bubble’ yang sering kali muncul ketika dalam pasar properti lokal maupun global. Fase ini terjadi ketika harga dari properti melakukan menurunan dan biasanya diikuti ‘Land Boom.’  Land Boom adalah fase ketika harga properti mengalami kenaikan hingga nilai dan waktu yang tidak dapat ditentukan dan dilanjutkan lagi dengan fase bubble.
Pertanyaan bahwa apakah Real Estate Bubble dapat diketahui sebelumnya atau dapat dicegah telah menjadi bahan perbincangan dan banyak peneliti ekonomi berpendapatan berbeda-beda. Menurut analisa, Bubbles dalam pasar properti lebih kritis dari Stock Market Bubbles. Menurut sejarah, bubble bursa saham pecah setiap 13 tahun dan dampaknya terasa selama 2.5 tahun. Bubble properti lebih jarang terjadi tetapi akan berdampak lebih lama dan kerugian yang lebih banyak pula. Studi yang sama menunjukan bahwa pasar Real Estate akan mengalami jangka waktu Boom yang lebih lama juga.

Baca juga: Utang Luar Negeri Indonesia Semakin Meningkat

 

Real Estate Bubble di Indonesia

mrt

Salah satu alasan terjadinya Bubble adalah ketika investor terpaksa untuk menjual atau menawarkan harga sewa apartemen dengan sangat rendah. Akan tetapi, industri properti di Indonesia terlihat jauh dari bubble, menurut peneliti properti. Menurut salah satu pengembang properti di Jakarta, peningkatan harga hingga 70% masih berada dalam daya beli konsumen.

Beberapa direktur pengembang ternama berpendapat sama dan mengatakan bahwa nilai harga jual hunian mereka meningkat. Direktur PT Sinar Mas, Ishak Chandra mengatakan bahwa harga unit hunian meningkat sekitar 40 hingga 70 persen sejak awal tahun 2013. Ia menambahkan bahwa peningkatan dianggap alami karena banyaknya infrastruktur yang akan dibangun di Jakarta.

 

mrt banner

Harga Properti di Jakarta sudah menjadi dua kali lipat dibandingkan pada tahun 2009. Tetapi dengan adanya infrastruktur baru yang sedang dikerjakan, Boom properti Jakarta bisa jadi hanya permulaan, kata seorang analisis ekonomi. Dengan selesainya jalur MRT pertama di Jakarta pada tahun 2018, dipastikan akan terjadi peningkatan drastis di sektor properti, terutama di daerah yang dilintasi jalur MRT.

Kejadian seperti ini terjadi di Bangkok, di mana banyak pebisnis bahkan politisi ternama terlihat meninggalkan mobil mereka dan memilih kereta untuk sampai tujuan mereka tepat waktu. Daerah dekat stasiun MRT menambah nilai jual bahkan untuk Condominium yang mewah di Bangkok sekalipun. Banyak Pengembang di Jakarta pun terlihat setuju, dengan banyaknya apartemen baru yang dibangun di Jakarta. Sekitar 10.700 unit ditambahkan di Jakarta pada tahun 2014 dan akan ada 47.000 unit lagi pada tahun 2015-2016.

Baca juga: Perencanaan Pengembangan Kota Metropolitan Baru dari 10 Wilayah

 

Itulah informasi dari kami mengenai yang perlu diketahui tentang real estate bubble. Bila Anda masih berada dalam kompetisi memasarkan apartemen Anda kepada orang lain dan masih belum mendapat calon pembeli yang tertarik, Anda bisa menggunakan jasa pengiklanan properti paling baik di Indonesia, Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan apartemen dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Synthesis Residence Kemang

Pilihan Apartemen Mewah Baru di Kemang, Synthesis Residence Kemang

Bila Anda saat ini sedang mencari tahu soal hunian mewah di Kemang, apalagi yang termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *