Monday , June 26 2017
Home / Guide / 10 Kota di Dunia Dengan Harga Properti Termurah

10 Kota di Dunia Dengan Harga Properti Termurah

Pada bulan September 2016 lalu, perusahaan properti komersial CBRE mengeluarkan laporan Global Living Report 2016. Data tersebut didapat dari harga properti di samepl 31 kota besar di dunia.Data diambil berdasarkan harga rata-rata sewa bulanan apartemen dua kamar, termasuk dengan biaya hidup yang diperlukan. Berikut ini adalah ringkasan

10 Kota di Dunia Dengan Harga Properti Termurah :

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

10. Berlin

Sebagai ibukota negara Jerman, Berlin memiliki 3,5 juta penduduk dan masuk kedalam 10 kota di dunia dengan harga properti termurah. Walaupun masih belum pulih secara penuh karena runtuhnya tembok Berlin 25 tahun yang lalu, kota ini sudah mulai mengejar kota-kota besar di Eropa lainnya. Harga rata-rata properti Rp 3 juta per kaki persegi ini membuat Berlin masih menjadi salah satu kota paling terjangkau di Eropa. Harga rata-rata sebuah kondominium di Berlin adalah sekitar Rp 2,6 miliar.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

9. Bangkok

Di tengah-tengah keadaan ekonomi politik Bangkok, pasar properti di Bangkok naik dengan rata-rata properti Rp 2,8 per kaki persegi. Pasar apartemen mewah khususnya kondominium mengalami kenaikan sebanyak 30%, tapi pasar apartemen dan kondominium lama kalah saing dengan kondominium yang baru dibangun.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

8. Sydney

Walaupun nilai modal di Sydney merupakan tertinggi ke lima di survei ini, dengan rata-rata properti Rp 2,7 juta per kaki persegi, kota ini masih merupakan kota dengan harga properti terjangkau di dunia karena luas unit di Sydney relatif lebih besar daripada di kota-kota lain.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

7. Barcelona

Di posisi ke 7 dari 10 kota di dunia dengan harga properti termurah yaitu Barcelona dan disusul oleh kota Madrid memiliki harga rata-rata properti terjangkau di survei ini dengan Rp 2,64 juta per kaki persegi.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

6. Madrid

Harga rata-rata : Rp 2,61 juta per kaki persegi. Bahkan, kedua kota di Spanyol tersebut memiliki harga properti yang 40% lebih rendah daripada tahun 2007 ketika krisis dimulai. Dengan harga properti rata-rata Rp 2,7 miliar, properti di Madrid 60% lebih tinggi dari properti seluruh Spanyol di harga Rp 1,6 miliar.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

5. Chicago

Dengan rata-rata properti Rp 2,5 juta per kaki persegi, Chicago masih memiliki harga properti dan biaya hidup yang terjangkau di Amerika Serikat. Setelah resesi tahun 2008, harga properti di Chicago, sama seperti kota-kota lainnya di dunia jatuh dengan situasi terburuk pada tahun 2012. Tapi pada tahun 2015, harga properti membaik dengan kenaikan 1,2% di harga Rp 2 miliar.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

4. Lisbon

Setelah terkena resesi selama tiga tahun, pada tahun 2014 akhirnya Produk Domestik Bruto Portugal naik 0,9%. Dengan harga rata-rata properti di Lisbon Rp 2 juta per kaki persegi, atau Rp 2,4 miliar secara rata-rata. Harga properti di Lisbon 63% lebih tinggi dari harga properti di Portugal secara keseluruhan, dimana harga properti di Portugal adalah Rp 1,5 miliar.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

3. Cape Town

Karena resesi pada tahun 2008, pasar properti di Afrika Selatan mengalami penurunan. Tapi, Cape Town mengalami kenaikan 12,1% lebih tinggi dari harga properti nasional Afrika dengan rata-rata properti Rp 1,7 juta per kaki persegi.

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

2. Johannesburg

Harga rata-rata properti di Johannesburg lebih tinggi 6,5% dari harga rata-rata properti nasional Afrika di harga Rp 1,3 juta per kaki persegi, atau sekitar Rp 1,1 miliar per unit. Tapi, harga ini 25% lebih rendah dari harga rata-rata di Cape Town. Selain itu, di daerah-daerah yang lebih diminati seperti Hyde Park, Dunkeld, Houghton, Illovo, Inanda, Melrose, Sandhurst, Saxonwold, dan Westcliff, harganya bisa mencapai Rp 2,5 miliar hingga Rp 5 miliar

10 kota di dunia dengan harga properti termurah

1. Istanbul

Di kota dimana Timur bertemu dengan Barat ini masuk kedalam 10 kota di dunia dengan harga properti termurah, dengan harga rata-rata properti: Rp 1,2 juta per kaki persegi. Walaupun sudah naik 15% dari tahun sebelumnya, kota ini memiliki harga properti paling murah di antara kota sampel di survei Global Living Report 2016.

Baca juga: Lima Kota Dengan Harga Properti Termahal di Dunia

10 Kota di Dunia Dengan Harga Properti Termurah

Sumber: Situs CBRE Residential

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Lima Kota Dengan Harga Properti Termahal di Dunia

Karena hampir tidak mengalami penurunan harga, properti adalah salah satu instrumen investasi yang paling banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *