Saturday , July 15 2023
Home / Guide / 5 Tips Jitu Ajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)
Kredit Pemilikan Apartemen
Kredit Pemilikan Apartemen

5 Tips Jitu Ajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Semakin terbatasnya lahan yang ada di kota besar seperti Jakarta, membuat harga tanah & properti semakin tinggi dan tidak mungkin lagi bisa di bayar dengan tunai. Kredit Pemilikan Apartemen atau Rumah menjadi pilihan yang sangat bersahabat. Lalu bingung ketika ingin mencoba cicil rumah atau apartemen, tetapi saat yang bersamaan sedang memiliki cicilan kendaraan dan cicilan kartu kredit? Anda bisa saja melakukannya asalkan Anda memperhitungkan semua cicilan Anda dengan baik!

Beberapa hal yang yang sangat penting ketika Anda ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau Apartemen adalah jumlah cicilan dan tenor. Ketika Anda salah memperhitungkan kemampuan bayar, maka semua kredit Anda akan berantakan.

loan2

Umumya, bank akan menilai kemampuan kredit seseorang dengan rasio 30% dari total penghasilan seorangan atau suami dan istri. Sehingga ketika total penghasilan Anda misalnya Rp 10 juta, batas cicilan perbulan yang di berikan bank adalah Rp 3 juta. Dengan perhitungan seperti ini, sisa penghasilan dapat di gunakan untuk memenuhi keperluan hidup lainnya. Besar atau kecil nya Kredit Pemilikan, tergantung dari besar atau kecil nya uang yang di setorkan sebagai uang muka. Jika Anda ingin mendapatkan kredit dengan cicilan rendah, maka uang muka yang di setor harus besar, karena ini mempengaruhi jumlah cicilan yang dilakukan.

'Your repayment period starts...Now!'
‘Your repayment period starts…Now!’

Lalu, apa saja yang perlu di ketahui agar sukses dalam pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)? Berikut beberapa Tips penting sebelum Anda melakukan proses pengajuan, agar pihak bank menyetujui kredit anda.

 

Buat Perbandingan

Langkah penting pertama yang bisa dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya dan melakukan perbandingan KPA. Jika Anda sudah menemukan apartemen idaman anda, cari tahu bank-bank apa saja yang melayani Kredit Pemilikan pada apartemen tersebut. Dimulai dari syarat-syarat kreditnya, jangka waktu yang bisa ditawarkan, bunga yang dipakai dan lainnya. Semakin banyak bank yang Anda bandingkan, semakin terlihat dan terbuka kesempatan Anda memiliki kredit yang terbaik.

Baca juga: Contoh Iklan Jual Apartemen yang Menarik Pembeli/Penyewa

Kredit Pemilikan Apartemen

 

Siapkan Uang Muka

Tingginya harga tanah, membuat juga semakin besar uang muka yang di butuhkan untuk mengajukan KPA. Uang muka sudah menjadi syarat terpenting dari Kredit Pemilikan. Pada umumnya, bank akan memberikan kredit sebesar 70% dari nilai properti yang ingin Anda beli. Peraturan Bank Indonesia sejak September 2013, Bank Indonesia mulai memperketat regulasi rasio pinjaman terhadap aset atau Loan To Value. Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan uang sebesar 30% dari harga Apartemen yang ingin Anda beli, untuk melakukan Kredit Pemilikan.

Source: thespruce.com

Perbaiki Catatan Tabungan

Sejarah catatan tabungan sangat penting dan pihak bank akan melihat arus kas atau Cash Flow dari rekening tabungan anda. Dengan arus kas ini dapat terlihat kondisi keuangan Anda dan dianalisa oleh pihak bank bahwa pemasukan kas Anda positif untuk membayaran cicilan setiap bulannya.

Source: naahq.org

Jauhi Kredit Buruk

Untuk memperlancar semua proses pengajuan, sangat penting untuk menjauhi kredit buruk dan ingat bahwa Bank Indonesia memiliki semua informasi debiturnya. Biasanya, Individu yang masuk dalam daftar Blacklist Bank Indonesia, ketika debitur telat membayar angsuran selama lebih dari dua bulan. Jadi pastikan untuk selalu membayar Kredit pada tempo nya agar Anda tidak masuk dalam Blacklist Bank Indonesia. Jaga nama baik Anda dengan bank Anda agar proses pengajuan kredit tidak ada masalah apapun. Anda dapat mendeteksi Catatan Kredit Pemilikan Apartemen Anda melalui BI Checking.

Source: thebulletin.be

Siapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Beberapa dokumen penting dibutuhkan sebagai proses verifikasi dan di perlukan bank sebagai salah satu syarat wajib pengajuan kredit; seperti fotokopi identitas, Kartu Tanda Penduduk, akta nikah dan kartu keluarga. Dokumen ini dapat Anda ajukan ke beberapa bank, agar kemungkinan pengajuan Anda diterima lebih besar. Detil dari dokumen yang perlu disiapkan untuk KPA disini.

Baca juga: Tips Jual Rumah: “Staging” Efektif untuk Memikat Pembeli!

 

Itulah 5 tips jitu ajukan kredit pemilikan apartemen (KPA) untuk informasi Anda jika seandainya masih bingung dengan fasilitas KPR. Jika Anda telah yakin untuk menjual atau menyewakan rumah tersebut, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Cara Jual Beli Tanah

Ikuti Cara Jual Beli Tanah Berikut Agar Cepat Laku

Menjual rumah di pasar real estate yang terus berubah bisa menjadi tantangan. Banyak orang berharap dinamika …

One comment

  1. kresimir previc

    Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mr kresimir previc, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah persyaratan dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (kresimirprevic4@gmail.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *