Wednesday , July 12 2023
Home / Guide / 9 Biaya Yang Sering Dilupakan Ketika Membeli Apartemen
Membeli Apartemen
Membeli Apartemen

9 Biaya Yang Sering Dilupakan Ketika Membeli Apartemen

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, Anda harus memastikan bahwa uang yang ada sisihkan bukan hanya sekedar cukup untuk membeli unitnya saja. Ternyata ada banyak biaya-biaya lainnya yang biasa dilupakan!

Source: mresco.com

Situs pembanding produk keuangan HaloMoney.co.id mengatakan bahwa banyak orang tidak sadar bahwa faktor finansial membeli hunian satu ini bukan sekedar harga jual yang tercantum di brosur. Jika Anda melupakan ke sembilan biaya ini, saat itulah Anda beresiko mengacaukan kondisi keuangan Anda. Managing Director HaloMoney.co.id, Jay Broekman, mengatakan bahwa biaya perolehan apartemen maupun biaya sesudahnya tidak sesederhana biaya uang muka dan cicilan bulan apartemen. Ke-sembilan biaya tambahan ini harus dibayar, baik dengan uang muka (jika kredit) atau tunai.

Source: moneycrashers.com
  1. Biaya provisi
    Biaya ini hanya timbul jika menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Biaya provisi ini bervariasi, tergantung unit mana yang akan dibeli, namun biasanya berada di kisaran 1% dari harga apartemen.
  2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
    Seluruh properti dengan nilai perolehan di atas Rp 42 juta merupakan objek pajak PPN yang tarifnya sebesar 10%. Artinya, hampir semua apartemen di Indonesia dikenakan PPN saat perolehannya dan biasnya dibayarkan melalui pihak pengembang apartemen, termasuk pelaporannya.
  3. Biaya Perolehan Harga Tanah & Bangunan (BPHTB)
    BPHTB dikenakan pada semua transaksi perolehan apartemen, baik yang lama maupun baru. Besarnya adalah 5% dari harga apartemen setelah dikurangin Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP). Besar NJOPTKP berbeda-beda sesuai daerah.
  4. Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM)
    Pajak ini hanya dikenakan bagi Anda yang membeli apartemen dari pengembang dan apartemen yang dibeli termasuk dalam kategori apartemen mewah, yaitu bernilai di atas Rp 2 miliar. Tarif PPnBM adalah 20% dari harga jual apartemen.
  5. Biaya Akta Jual Beli (AJB), Biaya Pertelaan, Bea Balik Nama (BBN)
    Biaya ini dijadikan 1 paket dan besarnya sekitar 1% dari harga jual apartemen.

Membeli Apartemen

Baca juga: Inilah 3 Apartemen di Yogyakarta untuk Pelajar/Mahasiswa

Sebagai ilustrasi, berikut ini adalah jumlah yang yang perlu disiapkan jika ingin membeli apartemen dengan nilai Rp 100 juta di Jakarta.

Di luar biaya perolehan, ada biaya lain yang timbul setelah memiliki apartemen sendiri di luar cicilan bulanan (jika menggunakan fasilitas KPA).

Source: verde.co.id
  1. Biaya Pajak Bumi & Bangunan (PBB)
    PBB wajib dibayar setiap tahun bagi para pemilik tanah dan bangunan, tidak terkecuali bagi para pemilik apartemen. Yang menentukan jumlah yang harus dibayarkan adalah luas apartemen
  2. Biaya servis
    Biaya bulanan (atau tiga bulanan, atau tahunan) yang harus dikeluarkan untuk jasa pemeliharaan gedung yang terdiri dari biaya kebersihan, keamanan, perawatan gedung, dan fasilitas-fasilitas di dalamnya. Jumlahnya juga tergantung luas apartemen.
  3. Biaya utilitas
    Biaya ini terdiri dari biaya listrik, air, TV Kabel, dan internet (jika ada). Biaya listrik juga umumnya 20%-30% lebih mahal dibanding rumah tapak karena PLN mengubah pasokan listrik tegangan tinggi menjadi menengah untuk apartemen. Biaya ini dibayarkan setiap bulan.
  4. Biaya Parkir
    Tergantung dari kebijakan apartemen, biasanya Anda akan dikenakan biaya Rp 100ribu – Rp 200 ribu per bulan untuk mobil, atau Rp 25 ribu – Rp 100 ribu per bulan untuk motor. Tapi, ada beberapa gedung apartemen yang memberikan parkir gratis untuk 1 kendaraan pribadi penghuninya.
Source: 9pristav.org

Dengan mengetahui seluruh biaya yang dikeluarkan jika membeli apartemen, maka Anda bisa lebih bijak menghitung harga perolehan apartemen yang perlu dipersiapkan.

Untuk jual, beli, atau sewa apartemen, cari di Rukamen.com

Sumber: Tribun News

Baca juga: Apartemen dekat Central Park untuk Akses Gaya Hidup Urban

 

Itulah pembahasan mengenai 9 biaya yang sering dilupakan ketika membeli apartemen. Jika Anda saat ini sedang mencoba memasarkan salah satu unit apartemen di sana, tidak bosan-bosannya kami mengajak Anda untuk menggunakan jasa Saleshack! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Jual Beli Tanah

Ikuti Cara Jual Beli Tanah Berikut Agar Cepat Laku

Menjual rumah di pasar real estate yang terus berubah bisa menjadi tantangan. Banyak orang berharap dinamika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *